Anime Baru Musim Dingin 2016-2017

…Ada banyak anime bagus yang tayang musim gugur lalu. Tapi untuk suatu alasan, hanya sedikit sekali seri yang akhirnya aku ikuti. Dari sana, aku mengerti. Orang bisa kehilangan minat karena terlanjur melewatkan momentum awal untuk memulai.

Jadi guys, jagalah momentum untuk hal-hal yang kalian anggap berarti.

Soal winter kali ini, musim kali ini agak… sibuk? Saking banyak judul baru yang diumumkan (sebagian untuk musim-musim yang lebih ke sana), lumayan susah menyusun daftar judul baru kali ini. Aku khawatir ini pertanda kondisi industri yang sudah tak lagi sehat.

Kayak biasa, daftar ini enggak terlalu bisa diandalkan.

Akan ditambahkan secara teratur kalau ada perkembangan lagi. Biasanya nanti menjelang pergantian tahun.

Akiba’s Trip: The Animation (Gonzo)

Akihabara adalah lingkungan berpikiran terbuka di mana semua orang, mulai dari para pemula sampai para ahli, akan disambut. Bahkan bila kau sendirian, apabila kau datang ke Akiba, besar kemungkinan kau akan menjumpai seseorang yang akan mengerti dirimu. Itu lingkungan di mana segalanya bisa terjadi; di mana siapapun seakan bisa melakukan apapun; sebuah lingkungan di mana kau bisa menelanjangi jiwa dan ragamu di hadapan orang lain. Lalu di lingkungan Akiba ini, yang menyediakan segalanya termasuk anime, game, maid, idola, barang-barang bekas, dan makanan murah, sebuah pertempuran antara kaum “Bagurimono” dan sebuah cerita “cewek bertemu cowok” yang teguh, akan dimulai!

Seri ini dibuat untuk memperingati ulang tahun ke-25 studio Gonzo, dan juga diangkat dari game PSP terkenal buatan Acquire, yang berlatar di Akihabara secara tepat. Dalam gamenya, kita sebagai pemain harus berhadapan dengan vampir-vampir yang kita kalahkan dengan merobek pakaiannya agar kulit mereka terekspos ke cahaya matahari. Cerita animenya sendiri kelihatannya akan berfokus ke tokoh Denkigai Tamotsu dan orang-orang yang ditemuinya dalam… yah, lebih baik nanti periksa sendiri. Ikehata Hiroshi yang sebelumnya menangani Robot Girls Z yang akan menyutradarainya. Hyodo Kazuho yang sebelumnya terlibat dalam anime ReLIFE akan menangani komposisi seri. Adik perempuanku sempat menyukai gamenya. Jadi memang ada daya tarik tertentu tentang seri ini yang sekilas tak terlihat.

Idol Incidents (MAPPA, VOLN)

Bintang-bintang idola bangkit untuk menentang pemerintahan yang korup sebagai “anggota-anggota Dewan idola” dan bekerja keras untuk megembalikan senyum rakyat Jepang melalui nyanyian dan tari. Para anggota Dewan idola tersebut tergabung dalam tujuh partai politik berbeda. Di antara mereka termasuk Hoshina Natsuki dari perfektur Niigata, Onimaru Shizuka dari perfektur Fukuoka, serta Kondou Sachie dari perfektur Toyama.

Dikenal juga dengan judul Idol Jihen, seri ini berawal dari proyek multimedia yang dicanangkan perusahaan pengembang MAGES dan 5pb. Games yang populer. Ada banyak desainer karakter ternama yang terlibat. Lalu produser musik terkenal Tsunku juga menyumbangkan lagu untuk pembuka dan penutup. Ini kasus agak aneh karena proyek game ponsel yang melandasinya telah diumumkan sejak tahun 2014, namun nyatanya masih dalam tahap pengembangan sampai sekarang. Premisnya juga agak berubah dari awal, dengan bagaimana para karakter idola sebelumnya saling bersaing memperebutkan posisi perdana menteri, sesudah suatu administrasi baru berbasis idola menyelamatkan ekonomi dan politik Jepang dari kehancuran. Mungkin sempat ada partai politik tertentu yang merasa tersindir? Animenya sendiri ditangani Yoshida Daisuke (F-Zero Falcon Densetsu, Souten Kouro). Naskahnya akan ditangani bersama oleh Takayama Naoya (Chihayafuru, Supernatural), Kawashima Sumino (Chihayafuru, Kurenai), dan Hayashi Soutarou (Photo Kano, Kurenai). Adaptasi manganya juga belum lama ini baru dirilis. Seperti yang bisa diharapkan dari MAGES, ini lagi-lagi konsep cetusan mereka yang aneh.

Urara Meirochou (J.C. Staff)

Di kota Meiro-chou, para perempuan peramal yang dikenal sebagai uranaishi hidup dan saling bersaing untuk menjadi peramal terhebat yang bergelar “Urara.” Di masa kini, seorang gadis penyendiri bernama Chiya tiba di gerbang kota. Namun kedatangan Chiya ternyata memiliki maksud selain untuk menjadi Urara. Di sana, Chiya lalu berjumpa tiga sahabat: Kon yang baik hati, Koume yang menggemari budaya barat, dan Nono yang pemalu.

Diangkat dari seri manga karya Harikamo yang diserialisasikan di majalah Manga Time Kirara, Suzuki Youhei yang sebelumnya menyutradarai Shimoneta dan Henneko yang akan menyutradarainya. Naskahnya akan dikerjakan Akao Deko yang belakangan menangani Akagami no Shirayukihime. Kalau tak salah, ini kali pertama J.C. Staff mengadaptasi suatu seri dari Manga Time Kirara. Potensi buat melihat karakter imut khas majalah tersebut dalam standar animasi J.C. Staff lumayan menarik. Maaf aku masih belum tahu banyak tentang seri ini.

Masamune-kun no Revenge (SILVER LINK)

Menjalani masa kecil sebagai anak yang sangat gendut, Makabe Masamune dendam terhadap Adagaki Aki, teman masa kecilnya yang meski sangat cantik, dengan jahat dulu menjahilinya. Kini menjadi remaja yang kurus dan tampan dengan nilai-nilai sekolah yang sempurna berkat latihan gila-gilaan yang ia jalani, Masamune pindah sekolah ke sekolah Aki dengan tekad untuk membalas Aki atas semua perbuatannya. Namun demikian, rencananya tak berjalan semulus yang ia kira.

Dibuat berdasarkan seri manga buatan Takeoka Hazuki yang digambar oleh ilustrator Korea Tiv, seri komedi romantis ini lumayan menarik perhatian semenjak diserialisasikan di Monthly Comic Rex milik Ichijinsha dari tahun 2012 lalu. Cerita manganya sudah memasuki bab-bab akhirnya, jadi nanti bisa kau harapkan cerita yang tuntas dari animenya juga. Minato Mirai yang sebelumnya menangani Fate/kaleid liner Prisma Illya akan menyutradarai. Sedangkan naskahnya akan dikerjakan Yokote Michiko (ReLife, Dagashi Kashi) bersama Shimoyama Kento (Shomin Sample, Servant x Service). Musiknya akan ditangani oleh Lantis. Meski terkadang tetap terjadi hal-hal absurd di dalamnya, cerita seri ini termasuk menarik untuk ukuran seri-seri sejenisnya karena banyaknya perkembangan tak terduga.

School Girl Strikers Animation Channel (J.C. Staff)

Akademi Goryoukan, sekolah swasta baru khusus perempuan yang populer dengan kampusnya luas, memiliki sisi tersembunyi yang bertujuan melatih kesatuan khusus Fifth Foce untuk melindungi dunia dari makhluk-makhluk supernatural tak terlihat yang disebut Oburi. Untuk melawan Oburi yang hendak memakan dunia, sebuah tim baru dibentuk dengan lima orang yang dipilih dari badan kesiswaan. Lima siswi tersebut mencakup Miyama Tsubame dan kawan-kawannya.

Diangkat dari aplikasi game smart phone bernuansa light novel kembangan Square Enix, penyutradaraannya akan ditangani Nishikiori Hiroshi yang sebelumnya menangani adaptasi anime To Aru Majutsu no Index dan Azumanga Daioh. Naskahnya akan ditangani oleh Yoshioka Takao (Sekirei, Shinmai Maou no Testament, dan High School DxD). Musiknya ditangani oleh Suzuki Mizuto dan Tokusashi Kengo, yang juga menangani musik dalam game. Mungkin masih terlalu awal buat menilai, apalagi mengingat gamenya baru keluar April lalu. Tapi kalau ditanya pendapatku pribadi, setidaknya kualitas presentasi seri ini bisa lumayan mengingat ini keluaran J.C. Staff. Meski ini mungkin bukan seri yang berbobot, ini mungkin akan jadi seri aksi fanservice yang relatif lumayan seru.

Hand Shakers (GoHands)

Di Osaka, tahun AD 20XX, sejumlah orang terpilih menerima Revelation of Babel dan memperoleh kekuatan dahsyat dalam wujud senjata-senjata Nimrode, yang terlahir dari dalam jiwa mereka. Senjata-senjata itu akan terwujud bila mereka berpegangan tangan dengan partner mereka. Mereka dikenal sebagai Hand Shakers, dan terlibat persaingan untuk menantang ‘tuhan.’

Ini merupakan proyek anime orisinil yang GoHands gagas bersama perusahaan produksi Frontier Works dan penerbit Kadokawa. Seri ini dipandang sebagian orang sebagai penerus spiritual dari waralaba K mereka, karena juga akan menampilkan karakter-karakter berjumlah banyak dan beragam dengan desain visual yang mencolok. Pasangan-pasangan yang sudah dikonfirmasi mencakup pasangan utama Tazuna bersama Koyori, lalu Riri bersama Masaru, Chizuru bersama Hayate, Kodama bersama Hibiki, dan dua sosok misterius Break bersama Bind. Musiknya akan ditangani oleh GOON TRAX. Soal rincian stafnya, masih belum ada pengumuman lanjut saat ini kutulis.

ēlDLIVE (Pierrot)

Kokonose Chuta tak punya banyak teman karena kelakuan anehnya yang sering menggumam. Ini semua dikarenakan Chuta kerap kali mendengar suara-suara di dalam kepalanya sendiri. Suara-suara itu sering mengajaknya berbicara. Sehingga semula, Chuta mengira kalau mungkin itu tanda kalau ia telah menjadi gila. Namun nyatanya, itu ternyata karena ada alien yang hidup di dalam tubuhnya, yang kemudian melibatkannya dalam berbagai urusan menyangkut polisi-polisi luar angkasa.

Seri ini diangkat dari seri manga berjudul sama karangan Amano Akira (pengarang seri manga Katekyo Hitman Reborn!) yang diserialisasikan di aplikasi Shonen Jump+ sejak tahun 2013. Aku belum tahu banyak tentang seri ini, tapi kudengar fansnya cukup antusias dan adegan-adegan aksinya terbilang seru. Furuta Takeshi (Saint Seiya: Soul of Gold, Uta no Prince-sama Legend Star) akan menyutradarai dengan dibantu Tanaka Tomoya (Blood Lad). Sedangkan naskahnya akan ditangani Takeuchi Toshimitsu (Shonen Ashibe GO! GO! Goma-chan). Musiknya akan ditangani oleh Takanashi Yasuharu dari Team-MAX. Sudah lama Pierrot tak mengeluarkan proyek baru. Kuharap hasilnya bagus.

Demi-chan wa Kataritai (A-1 Pictures)

Semenjak beberapa tahun sebelumnya, beragam monster legenda seperti vampir dan dullahan mulai bermunculan kembali di muka bumi. Mereka hadir sebagai semacam bentuk mutasi supernatural atas manusia, dan secara kolektif mulai dikenal dengan istilah ‘demi-human.’ Takahashi Tetsuo, seorang guru biologi di sebuah SMA, sebenarnya telah lama punya minat akademis terhadap fenomena ini. Tapi karena kelangkaan kasus-kasus tersebut, ia belum pernah berkesempatan mendalaminya. Sampai ketika datangnya tahun ajaran baru, sekolahnya kedatangan bukan hanya satu, tapi tiga murid baru yang merupakan demi. Takahashi memandang  ini sebagai kesempatan, dan mencoba mengadakan wawancara konseling berkala dengan murid-murid barunya yang istimewa ini. Ternyata masalah-masalah yang mereka hadapi berhubungan dengan hal-hal yang lebih lumrah dari yang ia kira.

Seri drama komedi ini diangkat dari seri manga karya Petosu yang sempat memenangkan penghargaan. Di tengah tren seri gadis monster yang belakangan melanda dunia manga, seri ini termasuk salah satu yang sebenarnya lebih ‘cerdas’ dari yang terlihat. Ando Ryo yang pernah terlibat dalam kedua musim tayang GATE akan memulai debutnya sebagai sutradara dengan seri ini. Staf veteran Yoshioka Takao yang pernah terlibat dalam Elfen Lied dan Zero no Tsukaima akan mengawasi dan menangani naskah. Musiknya akan ditangani oleh Yokoyama Masaru yang belakangan makin dikenal sesudah BBK/BRNK dan Gundam: IBO. Seri ini juga dikenal dengan judul Interviews with Monster Girls.

ACCA 13-Ku Kansatsu-Ka (MADHOUSE)

Di dunia yang terbagi ke dalam 13 bangsal, masing-masing bangsal memiliki suatu divisi pengamatan yang dikendalikan oleh sebuah organisasi besar bernama ACCA. Masing-masing divisi pengamatan bertugas untuk mencatat setiap kejadian yang terjadi di dalam ketiga belas bangsal untuk mencegah berbagai ketidakadilan dan konspirasi. Jean Otus adalah wakil kepala dari departemen inspeksi di kantor utama ACCA. Dirinya, yang dijuluki sebagai ‘penerima puntung rokok’, juga dikenal sebagai anggota paling lihai dari organisasi ini.

Diangkat dari seri manga seinen buatan Ono Natsume, seri ini terutama mencolok karena akan disutradarai oleh sutradara One-Punch Man, Natsume Shingo, dengan naskah yang ditangani oleh Suzuki Tomohiro (One-Punch Man, Tiger & Bunny). Musiknya akan ditangani Takahashi Ryou yang sebelumnya terlibat dalam Regalia: The Three Sacred Stars dan Oshiete! Galko-chan. Karena satu dan lain hal, seri ini merupakan salah satu judul paling mencolok di musim ini.

Kuzu no Honkai (Lerche)

Hanabi dan Mugi adalah sepasang remaja yang dipandang sebagai pasangan idaman. Mereka memiliki daya tarik menawan dan perilaku yang membuat mereka disegani. Namun demikian, keduanya sama-sama menyimpan rahasia: hubungan mereka nyatanya palsu. Keduanya sebenarnya saling menjalin hubungan dalam upaya melupakan rasa suka mereka yang sesungguhnya terhadap orang-orang lain. Lalu kepalsuan mereka lambat laun juga menjadi sesuatu yang semakin sulit mereka jaga.

Dikenal juga dengan judul Scum’s Wish, ini seri romansa psikologis yang diangkat dari seri manga agak kontroversial karangan Yokoyari Mengo. Ando Masaomi yang dikenal berkat arahannya di School-Live! akan menyutradarai seri ini. Naskahnya akan ditangani Uezu Makoto (Konosuba, Akame ga KILL!). Musiknya akan ditangani oleh Yokoyama Masaru (BBK/BRNK, Mayoiga). Kudengar manganya adalah jenis yang memikatmu dengan konsepnya di awal, tapi semakin menguji kesabaranmu seiring berkembangnya cerita. Terlepas dari itu, visualnya memiliki nuansa memikat. Ini seri yang akan tayang di Noitamina untuk musim ini.

Youjou Senki: Saga of Tanya the Evil (Studio NuT)

Seorang gadis muda ikut berjuang di garis depan medan pertempuran. Rambutnya pirang, matanya biru, dan kulitnya putih nyaris transparan. Ia terbang di udara dan menghabisi musuh-musuhnya tanpa ampun. Namanya adalah Tanya Degurechov. Dengan suara anak perempuan, ia memimpin sepasukan tentara. Tanya dalam kehidupannya yang lalu adalah salah satu eksekutif kantoran paling elit di Jepang. Namun kemarahan sosok dewa misterius X atasnya membuatnya terlahir kembali sebagai anak perempuan. Meski begitu, mengutamakan efisiensi di atas segalanya, ia kemudian menjadi penyihir paling berbahaya di kalangan penyihir kekaisaran.

Diangkat dari seri novel Carlo Zen yang diilustrasikan oleh Shinotsuki Shinobu, ini salah satu seri bergenre isekai yang belum sempat aku bahas. Penyutradaraannya akan dilakukan oleh Uemura Yutaka (Dantalian no Shoka). Ihara Kenta (Ajin) akan menangani naskahnya. Sedangkan musiknya akan ditangani oleh Katayama Shuuji (Overlord, Popin Q). Berhubung yang memproduksinya adalah studio relatif baru, ada banyak hal yang kayaknya dipertaruhkan. Tapi sejauh ini, gelagatnya terbilang baik, dengan banyak perhatian yang diberikan terhadap detail. Ceritanya sendiri punya nuansa militer yang kuat dengan latarnya di dunia alternatif yang mirip awal abad 20. Buat sebagian orang, adanya band MYTH&ROID yang membawakan lagu pembuka sudah menjadi cukup alasan untuk memeriksa seri ini.

Piacevole! My Italian Cooking (Zero-G)

Trattoria Festa adalah restoran masakan Italia yang dikelola oleh beragam orang yang tak biasa. Seorang siswi SMA bernama Nanase Morina mulai bekerja di sana. Lalu melalui hidangan-hidangannya yang tak biasa, Nanase juga mulai semakin dewasa sebagai pribadi.

Juga dikenal dengan judul Piace: Watashi no Italian, seri ini diangkat dari seri manga karya Watanabe Atsuko yang diserialisasikan di aplikasi manga Comico. Staf veteran Sakurai Hiroaki (Kodocha, Di Gi Charat) yang akan menyutradarainya, dengan Watanabe-sensei sendiri (yang pernah bekerja sebagai animator) terlibat dalam produksinya. Nuansa visualnya benar-benar manis. Mudah-mudahan hasilnya bagus.

Little Witch Academia (Studio Trigger)

Kagari “Akko” Atsuko terkesima oleh penampilan penyihir Shiny Chariot dalam pertunjukan sihir yang dilihatnya sewaktu kecil. Kekagumannya membawa gadis biasa tersebut untuk bergabung dalam Akademi Luna Nova, akademi penyihir perempuan yang ternama. Berbekal keyakinan bahwa “Hati yang percaya adalah kekuatan sihirmu.” Akko dan kawan-kawannya terlibat berbagai hal di sekolah tersebut.

Setelah pertama terwujud lewat bantuan dana Anime Mirai pada tahun 2013, dan kemudian dibuat film sekuelnya melalui crowdfunding, akhirnya proyek ini terwujud juga versi seri TV-nya. Yoshinari Yoh akan kembali sebagai sutradara dan desainer karakter asli proyek ini. Sedangkan Shimada Michiru, yang sebelumnya menangani naskah versi film layar lebar, akan kembali untuk menangani komposisi seri. Mudah-mudahan hasilnya tetap bagus. Ini salah satu seri baru paling mencolok di musim ini.

Chaos;Child (SILVER LINK)

Pada tanggal 9 November 2009, wilayah Shibuya di Tokyo diterpa gempa dahsyat berskala 7,8. Api hitam menyebar dan kepanikan massal terjadi, menelan korban tewas sebanyak 3.851 jiwa dan melukai 30.927 orang. Enam tahun sesudahnya, pada bulan Oktober 2015, di wilayah Shibuya yang tengah direkonstruksi, serangkaian kejadian kematian yang tak terjelaskan terjadi kembali. Kejadian ini menyerupai insiden-insiden kematian New Generation yang sempat berlangsung sebelum gempa Shibuya. Rangkaian kejadian ini mulai dikenal sebagai “Kembalinya kegilaan New Generation” dan menjadi pertanda akan kembali terjadinya bencana baru.

Seri psycho suspense Chaos;Child merupakan sekuel langsung Chaos;Head yang sebelumnya juga sempat diangkat jadi anime, yang merupakan judul pertama dalam seri game science adventure yang dikembangkan bersama oleh MAGES dan 5pb. Ceritanya kembali berlatar di Shibuya, namun akan mengangkat karakter-karakter baru sama sekali. Jinbo Masato akan mengarahkan anime ini dan sekalian menangani komposisi seri. Abo Takeshi (Steins;Gate, Robotics;Notes) dan onoken (Accel World) akan menangani musiknya. Kuakui, ini salah satu judul baru yang paling kuminati musim ini.

Fuuka (Diomedea)

Haruna Yuu adalah seorang remaja pemalu yang baru pindah sekolah. Karena pemalu, ia memiliki kebiasaan untuk membuka smart phone-nya untuk memeriksa Twitter. Yuu kemudian berkenalan dengan Akitsuki Fuuka, seorang gadis riang yang memikat namun tak punya ponsel. Di sisi lain, Yuu belakangan mulai terhubung lagi dengan teman masa kecilnya, Hinashi Koyuki, yang kini telah menjadi penyanyi ternama. Yuu lalu mengundang Fuuka untuk menghadiri salah satu konser Koyuki. Lalu di sanalah, ketiganya untuk pertama kalinya bertemu. Mulailah terjalin cinta segitiga antara cinta yang bermula dari media elektronik, dengan cinta yang tidak bermula dari media elektronik.

Diangkat dari manga drama romansa bernuansa dunia musik karya Seo Kouji, Fuuka semacam sekuel dari seri manga Seo-sensei terdahulu, Suzuka, dengan bagaimana Fuuka merupakan putri dari dua tokoh utama di Suzuka. Ceritanya benar-benar khas Seo-sensei, yang sifatnya agak hit or miss karena jenis konflik dan karakter yang diangkatnya. (Apa semua manga romansa di Weekly Shonen Magazine seperti ini?) Tapi adaptasinya sejauh ini terlihat benar-benar meyakinkan, dengan gaya visual memikat serta musik yang terdengar menjanjikan. Kusakawa Keizou (Kan Colle) yang akan menyutradarai, dengan naskah ditangani oleh Akashiro Aoi (Endride, Konosuba). Iga Takurou (Aria the Scarlet Ammo Double A) bersama WEST GROUND akan menangani musiknya. Oh iya, kau tak perlu sudah mengikuti Suzuka untuk bisa menikmati Fuuka. Adaptasi anime Suzuka sebelumnya juga tak mencakup keseluruhan cerita di manganya. (Pengisi suara Suzuka dan Yamato dari anime Suzuka juga menyuarakan peran mereka kembali di Fuuka.)

Minami Kamakura Koukou Joshi Jitensha-Bu (A.C.G.T., J.C. Staff)

Maiharu Hiromi adalah seorang gadis SMA yang baru pindah dari Nagasaki ke Kamakura. Menggunakan sepeda ke sekolah, Hiromi menyadari betapa lamanya ia sudah tak bersepeda. Saat itulah, Hiromi berjumpa dengan Akitsuki Tomoe, yang kemudian membantunya untuk lebih pandai dalam bersepeda.

Diangkat dari seri manga karya Matsumoto Noriyuki, penyutradaraannya akan ditangani oleh Kudo Susumu (Mardock Scramble: The First Compression) dengan naskah ditangani Sunayama Kurasumi (Bakuon!!). Kurasa ini jenis seri tentang gadis-gadis yang tergabung dalam suatu ekskul, namun ceritanya kudengar akan memaparkan soal kompetisi turnamen juga. Maaf aku masih belum tahu banyak tentangnya. Terlepas dari itu, pemandangan Kamakura yang menjadi latarnya kelihatannya akan benar-benar berkesan.

Kemono Friends (Yaoyorozu)

Di Japari Park, sebuah kebun binatang raksasa terintegrasi, ada zat misterius yang disebut ‘pasir bintang’ yang menyebabkan banyak binatang berubah wujud menjadi makhluk-makhluk serupa manusia yang disebut Animal Girls. Japari Park adalah tempat yang ramai dan banyak pengunjung. Namun suatu hari, ada seorang anak hilang yang tersesat di taman itu. Anak hilang tersebut melakukan perjalanan untuk bisa pulang. Tapi berhubung ada banyak Animal Girls yang kemudian ikut menemaninya, perjalanannya berubah menjadi petualangan besar.

Diangkat dari game ponsel buatan Nexon (yang justru akan berhenti layanannya sebulan sebelum seri ini tayang!), konsep karakter aslinya dibuat oleh Yoshizaki Mine, pembuat manga Keroro Gunsou dengan penyutradaraan dilakukan oleh TATSUKI (Tesagure! Bekatsu-mono). Naskahnya sendiri akan ditangani oleh Tanabe Shigenori (Danchi Tomoo). Nuansanya sendiri terkesan riang dan sederhana (dengan daya tarik lebih bagi kalian penyuka kemonomimi). Studio Yaoyorozu sudah lama tak terdengar kabarnya, jadi aku pribadi berharap hasilnya bagus. Oh iya, latarnya lebih cocok disebut taman safari raksasa ketimbang kebun binatang raksasa.

Gabriel Dropout (Doga Kobo)

Gabriel White Tenma, yang menjadi murid teladan di sekolah malaikat dan kemudian belajar di sekolah manusia di bumi dalam upaya mengejar pengetahuan, tahu-tahu mulai keranjingan bermain sebuah webgame dan akhirnya berubah menjadi orang yang terlalu malas pergi ke mana-mana. Jadilah dari seorang malaikat teladan, dirinya menjadi malaikat tak berguna. Seorang “datenshi.”

Diangkat dari seri manga karya Ukami, seri komedi ini menyatukan kembali para staf yang sebelumnya bekerja sama dalam Himouto! Umaru-chan. Ohta Masahiko akan menangani penyutradaraannya, dengan naskah ditangani oleh Aoshima Takashi. Seperti yang bisa diharapkan dari keluaran studionya, visualnya cerah, manis, dan penuh warna.

Kobayashi-san Chi no Maid Dragon (Kyoto Animation)

Kobayashi adalah wanita pekerja kantoran biasa yang menjalani hidup membosankan, tinggal sendirian di apartemennya yang kecil, sampai suatu hari, ia menyelamatkan seekor naga betina yang sedang kesusahan. Naga tersebut, yang dinamai Tohru, mampu berubah wujud menjadi anak perempuan yang manis. Lalu Tohru mulai bersikeras untuk membalas budi dengan mulai tinggal bersama Kobayashi.

Juga dikenal dengan judul Miss Kobayashi’s Dragon Maid, ini satu lagi seri komedi yang diangkat dari seri manga sederhana karya Coolkyoushinja (pengarang I Can’t Understand What My Husband Is Saying dan Komori-san wa Kotowarenai!). Berhubung KyoAni yang menganimasikannya, kita bisa harapkan tampilan visual yang mencolok. Penyutradaraannya akan dilakukan oleh Takemoto Yasuhiro (Amagi Brilliant Park, Hyouka) dengan naskah yang akan ditangani Yamada Yuka (Neo Angelique Abyss, Umi Monogatari). Musiknya akan ditangani oleh Itou Masumi di Lantis. Meski tak pernah terlalu menonjol, dari dulu karya-karya Cool-sensei selalu digagas dari ide yang sederhana, tapi menarik.

Selebihnya, akan ada proyek anime orisinil Seiren yang dicetus oleh Takayama Kisai, perancang karakter dari seri game romansa KimiKiss dan Amagami, yang produksinya ditangani oleh studio Gokumi dan AXsiZ. Jadi buat kalian para cowok yang sempat menyukai KimiKiss: Pure Rouge dan Amagami SS (dan sekalian saja aku sebut, meski Takayama-san tak terlibat di dalamnya, Photo Kano), mungkin ini seri yang akan kalian minati. Masih belum banyak yang diketahui tentang ceritanya, selain dari bagaimana tokoh utama bernama Masakazu(?) Shouichi menjalin hubungan dengan gadis-gadis kenalannya di SMA Teruhi Higashi. Pola ceritanya kabarnya akan seperti Amagami SS, dengan pendekatan per bab ke tiga heroine. Temanya kelihatannya akan seputar tumbuh dewasa dan menentukan masa depan.  Desain dan konsep karakternya menarik, dengan cakupan cerita yang kelihatannya tak hanya satu sekolah. Kobayashi Tomoki yang sebelumnya menangani Akame ga KILL! akan menyutradarainya. Sedangkan naskahnya akan dibuat oleh Takayama-san sendiri. Musiknya akan ditangani Nobusawa Nobuaki.

Untuk para fans cewek, Marginal#4 Kiss Kara Tsukuru Big Bang akan dianimasikan J.C. Staff. Seri ini diadaptasi dari waralaba idola milik Rejet dan Idea Factory. Marginal#4 ceritanya adalah grup idola cowok yang berada di bawah label Pythagoras Production milik Rejet, seperti halnya Unicorn Jr. dan Lagrange Point. Visualnya termasuk meyakinkan untuk anime sejenis ini, dengan Suzuki Kentaro (Little Busters!) sebagai sutradara. Naskahnya akan ditangani Yokotani Masahiro (Free!, Re:ZERO).

Studio XEBEC juga akan memproduksi BanG Dream!, suatu seri bertema girl band yang dibuat berdasarkan proyek multimedia Bushiroad dan OLM.  Ceritanya mengetengahkan Toyama Kasumi dan teman-temannya yang tergabung dalam band Poppin’Party. Novelis Nakamura Kou yang menggagas cerita aslinya dengan desain karakter asli buatan Hitowa. Ootsuki Atsushi (Argevollen, Wagnaria!!2) yang akan menyutradarai dan Ayana Yuniko (Locodol, Hello!! KINMOZA) yang akan menangani komposisi seri. Para seiyuu karakter utama juga akan menampilkan pertunjukan live terkait ini juga.

Masih menyusul tamatnya seri manga ninja Naruto, novel-novel epilog Naruto Hiden/Shinden juga akan mendapatkan adaptasi anime TV-nya di musim ini. Mungkin lagi-lagi jadi bagian seri Shippuden yang masih tayang? Ceritanya akan mencakup bagian-bagian cerita Shikamaru Hiden, Konoha Hiden dan Sasuke Shinden. Kudengar novel-novel lainnya masih terbit, jadi mungkin seri ini juga masih akan berlanjut.

Granblue Fantasy the Animation yang diangkat dari game ponsel keluaran Cygames juga akan dianimasikan oleh A-1 Pictures. Mungkin di antara kalian ada yang sudah kenal waralaba ini berkat visualnya yang menggugah serta musiknya yang megah (yang ditangani oleh Uematsu Nobuo dan Narita Tsutomu, dua komposer yang terlibat dalam waralaba Final Fantasy). Penyutradaraannya akan dilakukan oleh Itoh Yuuki (Magical Girl Lyrical Nanoha ViVid). Mudah-mudahan ceritanya berbobot.

Kudengar Onihei Crime Reports in Edo, atau Onihei Hankachou yang diproduksi Studio M2 juga akan tayang di musim ini. Seri ini diangkat dari seri novel karangan Ikenami Shoutarou yang berlatar di zaman Edo (1603-1868), dan mengisahkan tentang sepak terjang penyelidik Hasegawa Heizou dalam menghukum penjahat dan melindungi masyarakat dari perampokan dan pembakaran. Miya Shigeyuki (Buzzer Beater, Blood Lad) akan menyutradarai dan sekalian merancang karakter. Untuk yang belum tahu, Studio M2 merupakan studio baru yang didirikan oleh Maruyama Masao, pendiri studio Madhouse dan MAPPA. Kualitas animasinya kemungkinan besar akan mencolok. Ini menarik untuk kalian yang suka protagonis-protagonis yang sudah agak berusia.

Ada proyek 6HP – Six Hearts Princess cetusan Murakami Takashi, yang dianimasikan oleh Studio Poncotan. Seniman mebae terlibat di dalamnya sebagai desainer karakter dan sutradara animasi. Ini patut dilihat untuk visualnya yang mencolok. Mungkin ini akan jadi seri anime pendek.

Chiruran: Nibun no Ichi juga akan tampil. Ini sebenarnya merupakan seri komedi lepasan resmi bergaya SD dari seri utamanya, Chiruran: Shinsengumi Chinkon-ka yang dibuat oleh Umemura Shinya dan Hashimoto Eiji. Berita ini sempat membingungkan, karena justru seri utamanya yang disangka akan dianimasikan. (Ini juga mengecewakan sebagian fans, berhubung seri utama Chiruran penuh bishonen dengan latar belakang sejarah yang menarik.)

Sebagai tambahan, Nyanko Days yang diproduksi EMT Squared juga akan tayang. Ceritanya tentang seorang gadis pemalu yang menjalani kesehariannya dengan kucing-kucing peliharaannya (yang divisualisasikan seperti manusia). Ceritanya diangkat dari seri manga karya Tarabagani, dengan Hiraike Yoshimasa (Wagnaria!!, Kaleido Star) berperan sebagai sutradara.

Beberapa seri lama yang kabarnya akan lanjut dengan season baru di musim ini antara lain:

  • Anime bersepeda Yowamushi Pedal NEW GENERATION (season 3), yang berlatar di tahun ajaran baru sesudah lulusnya para sempai. Ceritanya akan ditandai dengan masuknya anggota-anggota baru? Sebagian besar staf produksinya masih sama. Produksinya masih dilakukan TMS Entertainment.
  • Musim tayang baru dari seri komedi fantasi hit Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku o! (season 2). Ceritanya kelihatannya akan langsung meneruskan tamat sedikit menggantung season pertamanya sesudah Kazuma ditahan pihak kerajaan. Ini kabar baik yang sudah ditunggu para fans.
  • Kelanjutan seri drama bersejarah tentang kesenian raku-go dan hubungan kuat antar para karakternya yang diangkat dari seri manga karya Kumota Haruko, Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu: Sukeroku Futatabi-hen (season 2). Kudengar musim pertamanya lumayan mengguncang hati. Ini akan tayang di blok waktu Animeism.
  • Ao no Exorcist: Kyoto Fujou Ou-hen atau Blue Exorcist: Kyoto Impure King Arc (season 2), yang merupakan kelanjutan tak disangka dari anime aksi fantasi Ao no Exorcist. Masih diangkat dari manga karya Kato Kazue, produksinya akan dilakukan A-1 Pictures. Namun demikian, Hatsumi Koichi (Deadman Wonderland) yang kini akan menangani sebagai sutradara beserta pergantian sejumlah staf lainnya.
  • Seri fantasi Reikenzan: Eichi e no Shikaku (season 2) yang diangkat dari novel online Guo Wang Bi Xia juga akan tayang. Produksinya masih dilakukan Studio DEEN.
  • Seri boys love bernuansa kekeluargaan Super Lovers (season 2) juga akan tayang lagi.
  • Seri drama berbau supernatural sekaligus lingkungan hidup Rewrite: Moon-hen/Terra-hen (season 2) yang diangkat dari game buatan Key juga akan tayang. Sesudah rute umum (common) diangkat dalam season lalu, kudengar season kali ini akan mencakup rute Moon dan Terra dari gamenya, yang nantinya akan berujung ke akhir cerita yang sesungguhnya.
  • Seri komedi Ai Mai Mi (season 3) tentang tiga sahabat perempuan di satu sekolah kudengar juga akan lanjut.
  • Tambahan, Tales of Zestiria the X (season 2) juga akan lanjut, meneruskan cerita yang menggantung dari musim sebelumnya.
  • Aku lupa. Gintama juga. (Apa? Season berapa? Apa penting aku menyebut ini?)

Perlu disebut kalau Nanbaka (season 2) juga akan langsung berlanjut dari musim lalu, namun bukan lewat siaran TV, melainkan lewat layanan siaran digital.

Dari segi seri-seri pendek, sejauh yang kudengar, baru antara lain:

  • Sandwhale and Me, sebuah proyek orisinil dari Production I.G. yang juga dibuat untuk merayakan ulang tahun keduapuluh saluran Toonami milik Cartoon Network. Kabarnya tentang seorang prajurit wanita yang terdampar di gurun dan harus menangkap paus pasir untuk bertahan hidup?
  • One Room, sebuah proyek orisinil buatan Typhoon Graphic dengan karakter desain buatan Kantoku, desainer karakter buat Henneko.
  • Chou Shounen Tantei-dan NEO keluaran DLE. Inc. Kelihatannya lagi-lagi intepretasi dari karya-karya Edogawa Ranpo?
  • Tambahan, Sentai Heroes Sukiyaki Force yang dikeluarkan oleh Studio 4°C. Ini akan jadi komedi sureal yang akan fokus ke produksi pangan perfektur Gunma.
  • Tambahan, seri cerita seram Yamishibai yang cukup populer akan berlanjut dengan musim keempatnya.

Ada banyak film layar lebar yang mencolok di musim ini. Sejauh ini termasuk:

  • Popin Q yang dikeluarkan oleh Toei Animation, yang berkisah tentang lima gadis yang dipanggil ke dunia lain namun mendapati konflik mereka sendiri?
  • Film layar lebar Monster Strike yang kudengar akan bersifat prekuel
  • Film romansa Suki ni Naru Sono Shunkan o: Kokuhaku Jikko Iinkai yang meneruskan tema waralabanya soal pernyataan cinta.
  • Cyborg 009: Call of Justice yang memaparkan kembalinya Joe Shimamura dan kawan-kawannya untuk melawan kejahatan akibat bayang-bayang musuh baru. Kudengar gaya desain karakternya kembali berubah secara mencolok.
  • Kuroshitsuji: Book of the Atlantic yang sudah lama ditunggu oleh para fans. Ceritanya, tentu saja, berlatar di atas kapal.
  • Adaptasi layar lebar novel sains fiksi Genocidal Organ karangan Project Itoh yang akhirnya beres, sesudah kasus bubarnya studio Manglobe tempo hari.
  • Film layar lebar yang sudah lama ditunggu, Sword Art Online the Movie: Ordinal Scale yang mengangkat tema soal augmented reality, juga akan tayang. Konon penayangan ini juga akan mengiringi tampilnya arc baru di seri novel SAO yang sebelumnya tak ada di versi webnovelnya. (Iya, yang kumaksud adalah kelanjutan dari bab Alicization.)
  • Trilogi film Chain Chronicle: Haeccietas no Hikari keluaran Telecom Animation Film dan Graphinica yang diangkat dari game ponsel berjudul sama kembangan Sega. Ini seri bertema fantasi, dan kudengar cerita animenya memaparkan berlanjutnya perjuangan sesudah kegagalan sang pahlawan menyelamatkan dunia. Ceritanya tahun depan akan diadaptasi dalam format seri TV juga kok.
  • Kuroko no Basketball the movie: Last Game yang berlatar sesudah kedua tokoh utamanya naik kelas. Aku tak tahu apa film ini akan menutup cerita dari serinya. Tapi sejauh yang aku dengar, mereka akan berhadapan dengan lawan tanding tim bola basket jalanan dari Amerika. Ceritanya diangkat dari episode manga Extra Game?

Hmm? Kalau tak salah mau ada film layar lebar untuk Prince of Tennis dan Trinity Seven juga? Lalu kompilasi Kabaneri of the Iron Fortress juga ada?

Beralih ke soal OVA dan episode lepas. Menjelang pergantian tahun, kudengar akan ada episode spesial untuk Osomatsu-san dan Fate/Grand Order. Kudengar ada anime spesial dari studio Khara, studio yang mengerjakan film layar lebar Rebuild of Evangelion, berjudul Dragon Dentist. Kudengar ada episode spesial untuk Milky Holmes, serta akan ada episode penutup dalam bentuk DVD yang sudah lama ditunggu untuk Kamisama Kiss. Ada juga OVA untuk Danmachi (adaptasi anime dari spin off-nya Sword Oratoria, masih belum ada kabar). Kalau tak salah, seri horor Higanjima juga akan dirilis ONA-nya.

Tambahan, seri lepasan dari Assassination Classroom, Koro Teacher Quest, akan mulai tayang Desember ini. Ceritanya mengetengahkan Koro-sensei sebagai raja iblis jahat di sebuah dunia fantasi yang harus dikalahkan oleh Nagisa dan kawan-kawan sekelasnya. Menyusul tamat seri utamanya, ini diadaptasi dari seri manga berjudul sama yang bisa jadi semacam pengobat bagi para fans yang berharap lebih.

Kalau ada kabar lainnya, mungkin akan aku tambahkan lagi.

(Dari ANN, ANIME NOW!, dan sumber-sumber lain.)


About this entry