Anime Baru Musim Gugur 2015

Entah siapa yang mulai. Tapi pada beberapa bulan terakhir beredar rumor yang menyebut kalau Kiyora Milk Tea adalah minuman pilihan para otaku. Jadi seseorang bisa dinilai tingkat fanatismenya dengan melihat apa yang mereka minum di acara-acara event gitu.

Eniwei, Oktober sudah hampir tiba. Musim sudah mau berganti, dan belakangan aku sering kepikiran apa aku sudah meluangkan waktu secara baik.

Sejujurnya, lumayan berat membuat daftar kali ini. Ada lumayan banyak judul klasik yang dibuat baru. Lalu ada banyak anime adaptasi light novel yang lumayan ingin kutonton. Membayangkan kalau aku mungkin takkan bisa mengikuti semuanya lumayan menyakitkan.

Kayak biasa, daftar ini enggak terlalu bisa diandalkan.

Mungkin akan aku kabari kalau ada perkembangan lagi.

Ore ga Ojou-sama Gakkou ni “Shomin Sample” Toshite Gets-rareta Ken (SILVER LINK)

Seorang pelajar SMA bernama Kagurazaka Kimito pada suatu hari diculik sekelompok pria berotot ke Perguruan Seika, suatu sekolah khusus putri terpencil dan rahasia, yang membesarkan anak-anak perempuan dari keluarga-keluarga kaya dan terpandang. Kimito rupanya hendak ditempatkan di sekolah tersebut sebagai ‘sampel orang kebanyakan’ menyusul serangkaian insiden di mana para lulusan Seika justru mengalami syok terhadap dunia nyata selepas sekolah, dan akhirnya menjadi hikkikomori.

Diangkat dari seri ranobe berjudul hampir sama karangan Nanatsuki Takafumi, dengan ilustrasi buatan Uruu Gekka (yang juga membuat ilustrasi berciri khas di seri OniAi), Jinbo Masato yang sebelumnya menangani Nozo x Kimi dan Prisma Illya 2wei! yang akan menyutradarainya. …Ini jenis seri komedi harem yang justru bisa membuatmu terdiam antara geli dan kasihan. Tapi aku pribadi mungkin akan lumayan merekomendasikannya, terutama untuk kalian yang menyukai fanservice dan hal-hal yang agak absurd. Kualitas teknisnya sejauh ini kelihatannya bakal cukup tinggi.

Dance With Devils (Brains Base)

Tachibana Ritsuka, seorang siswi kelas dua SMA di Perguruan Shiko, selama ini menjalani kehidupan sekolah yang sangat biasa bersama ibunya yang tinggal bersamanya. Namun kedamaiannya hancur tatkala ia mulai terlibat dengan keberadaan grimoire terlarang yang berhubungan dengan iblis, vampir, dan para pengusirnya; serta menarik perhatian para lelaki rupawan di Dewan Siswa yang sebenarnya adalah iblis.

Anime ini diangkat dari otome game buatan Rejet yang tentu saja dipenuhi bishonen. Tapi yang menarik adalah bagaimana penyutradaraannya ditangani oleh Yoshimura Ai, yang belakangan dikenal berkat kehandalan beliau dalam season pertama Oregairu serta Ao Haru Ride. Konparu Tomoko, yang sebelumnya terlibat dalam Ao Haru Rde serta Uta no Prince-sama, yang akan menangani naskahnya. Walau ini jelas bukan jenis seri yang biasanya aku minati, aku lumayan penasaran dengan hasilnya.

Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru (TROYCA)

Berlatar di kota Asahikawa, Hokkaido, seorang remaja SMA berpembawaan serius bernama Tatewaki Shoutarou mempunyai seorang kekasih bernama Kujyou Sakurako. Namun Sakurako, yang terkadang Shoutarou pamerkan, adalah seorang perempuan sangat cantik di pertengahan usia 20an, yang berasal dari suatu keluarga kaya raya yang punya kecintaan terhadap ‘tulang-tulang indah.’ Kenyataan tersebut yang kelihatannya kemudian melibatkan keduanya dalam berbagai insiden yang berkaitan dengan tulang belulang.

Juga dikenal dengan judul A Corpse is Buried Under Sakurako’s Feet, atau Beautiful Bones – Sakurako’s Investigation, dan diangkat dari seri novel misteri karangan Outa Shiori dengan ilustrasi buatan Tetsuo, kualitas visualnya yang menjanjikan cukup setara dengan kualitas TROYCA yang biasa. Katou Makoto akan memulai debutnya sebagai sutradara lewat seri ini, dengan dibantu Bessho Makoto sebagai asistennya, Ikami Takayo untuk naskah, dan Satou Michio untuk desain karakter dan animasi. Nuansanya kelihatannya jelas bakal agak shota. Tapi tak bisa disangkal kalau premisnya lumayan bikin penasaran. Secara teknis, seri ini kayaknya enggak akan jelek.

Heavy Object (J.C. Staff)

Berlatar jauh di masa depan, ketika paradigma peperangan mulai beralih ke ‘perang hijau’ berkat penemuan senjata-senjata pemusnah massal berupa kendaraan raksasa yang disebut Object (yang kebal terhadap leadakan nuklir, radiasi, dan sebagainya), Quenser dan Heivia bergabung dengan kemiliteran di bawah kepemimpinan Mayor Floretia Capistrano, dan dengan pasrah mengira akan menjalani keseharian yang santai dan membosankan, berhubung urusan perang di zaman ini telah sepenuhnya ditangani lewat Object. Namun saat Object mereka kalah, dan Milinda, gadis elit yang menjadi pilotnya, tertawan musuh; dua orang bodoh ini dengan nekat membangkangi perintah dan memulai upaya penyelamatan, sekalipun harus menghadapi Object musuh dengan persenjataan seadanya.

Seri yang ‘akhirnya dianimasikan juga’ ini diangkat dari seri ranobe karangan Kamachi Kazuma, yang telah sangat dikenal sebagai pengarang seri To Aru Majutsu no Index. Mungkin ada nuansa-nuansa yang enggak disangka di seri ini (mulai dari MacGyver sampai Metal Gear Solid). Tapi pada dasarnya ini kembali mengangkat tema khas Kamachi-sensei soal yang lemah mengalahkan yang kuat. Staf veteran Watanabe Takashi yang akan menyutradarainya dengan dibantu Yoshino Hiroyuki untuk naskah. Sejauh ini, kualitas seri ini kelihatannya bakal sangat solid. Kusarankan agar jangan berharap banyak pada perkembangan karakternya, tapi berharaplah lebih banyak pada aksinya.

Lance N’Masques (Studio Gokumi)

Hanafusa Youtarou adalah bagian dari orde ksatria terakhir yang masih tersisa di abad ke-21, “Knights of the World.” Di balik identitas bertopengnya sebagai Knight Lancer yang misterius, Youtarou berjuang untuk melindungi mereka yang lemah. Suatu ketika, ia menjumpai seorang gadis bernama Kidouin Makio, dan begitu mengetahui bahwa Makio hidup sendiri, Youtarou memutuskan untuk menjaga dan mengawasinya.

Ini seri aksi fantasi tarung yang diangkat dari seri novel karangan Koyasu Hideaki. Penerbitan novelnya juga ditangani Studio Gokumi sebelum produksi animasinya dimulai. Sutradaranya adalah Ishiguro Kyouhei yang telah menangani Shigatsu wa Kimi no Uso, dan Koyasu-sensei sendiri juga terlibat dalam penanganan naskahnya (beliau sebenarnya lebih berpengalaman dalam menangani skenario anime sih). Ada sesuatu tentang proses produksinya yang membuatku tertarik. Aku masih belum yakin soal hasilnya, tapi kualitas visual Studio Gokumi selama ini terbilang lumayan konsisten.

Valkyrie Drive –Mermaid(ARMS)

Seorang gadis polos bernama Tokonome Mamori baru saja dipindahkan ke Mermaid, satu dari lima pulau buatan, yang diperuntukkan sebagai karantina bagi orang-orang berkekuatan khusus. Saat Mamori diserang, seorang gadis lain bernama Shikishima Mirei, yang juga baru dipindahkan, tiba-tiba menolongnya. Namun lawan mereka tangguh dan keduanya semakin terdesak. Sampai Mirei kemudian mencium Mamori, yang membuat Mamori berubah menjadi sebilah pedang, yang kemudian digunakan Mirei untuk balas menyerang.

…Ini salah satu keluaran proyek multimedia baru Valkyrie Drive (di samping Valkyrie Drive –Siren yang merupakan game sosial serta Valkyrie Drive –Bhikkhuni yang dibuat untuk PlayStation Vita) yang gampangnya, menghadirkan aksi tempur seksi bishoujo. Pencetus Senran Kagura, Takaki Kenichirou, bekerjasama dengan Kaneko Hiraku, yang pernah menangani Seikon no Qwaser dan Manyuu Hiken-chou, dalam menangani proyek ini. Jadi kalian kurang lebih bisa punya bayangan tentang bagaimana hasilnya. Selebihnya, Kuroda Yousuke, yang dulu menangani naskah Gundam 00 serta Jormungand, yang akan menangani komposisi serinya. Dari segi teknis menurutku seri ini kelihatannya takkan buruk. Terlepas dari semuanya, mungkin ceritanya juga akan lumayan. …Oh, dan ya, desain karakter-karakter ceweknya menarik. Dan enggak, sejauh ini enggak ada karakter cowok sama sekali.

AntiMagic Academy “The 35th Test Platoon” (SILVER LINK)

Di dunia di mana orang-orang berkekuatan sihir hampir dipunahkan, akibat pergeseran kekuatan dari sihir ke senjata api, Kusanagi Takeru adalah salah satu murid di AntiMagic Academy, fasilitas pelatihan untuk mendidik para Inquisitor of Heretics dalam menghadapi ancaman para pengguna sihir. Namun Takeru tak berbakat menggunakan pistol atau senapan sama sekali, meski dirinya sangat ahli kalau soal ilmu pedang. Sehingga Takeru dialihkan ke Peleton Uji ke-35 yang penuh masalah, yang di luar dugaan pada suatu hari kedatangan ahli pistol elit Outori Ouka, yang seharusnya sudah memenuhi kualifikasi untuk menyelesaikan pelatihan.

Ini seri aksi fantasi sekolahan yang diangkat dari seri light novel karangan Yanagimi Touki. Ilustrasi aslinya dibuat oleh Kippu, yang juga menangani ilustrasi di No-Rin. Terlepas dari tampilannya, daripada komedi, perkembangan ceritanya setahuku bisa ke arah yang lumayan berat dan gelap. Dari sisi staf, Kawamura Tomoyuki, yang sebelumnya menangani Kamigami no Asobi, yang akan menjadi sutradaranya. Sedangkan Shimoyama Kento, yang dulu terlibat di Bleach dan Servant X Service, yang akan menangani komposisi serinya.

Subete ga F ni Naru – The Perfect Insider (A-1 Pictures)

Saikawa Souhei, anggota Lab Penelitian Saikawa, bertemu dengan Nishinosono Moe, putri mentornya, dalam acara liburan yang diselenggarakan Lab. Namun di sana keduanya menemukan sesosok jenazah yang menandai awal keterlibatan mereka dalam suatu misteri pembunuhan berantai.

Diangkat dari seri novel karangan Mori Hiroshi, yang desain karakter aslinya dibuat oleh Asano Inio (Oyasumi Punpun dan Solanin), ini seri misteri dari tahun 1996 yang mengawali seri novel S&M buatan Mori-sensei, dan pembuatan animenya menyusul adaptasi dorama live action yang baru mengudara tahun lalu. Kanbe Mamoru yang sebelumnya menangani Elfen Lied dan I”s Pure yang akan menyutradarainya, dengan Ono Toshiya (tsuritama dan Gatchaman Crowds) yang akan menangani naskah. Mungkin ini bakal jadi jenis seri kurang begitu menonjol yang akan kuminati karena sebab yang tak disangka.

One Punch Man (Madhouse)

Di dunia di mana para pahlawan super melindungi dunia dari berbagai marabahaya, muncul seorang pahlawan tak dikenal yang dapat mengalahkan apapun lawannya hanya dengan satu pukulan. Tapi Saitama, si pahlawan yang dimaksud, ternyata adalah orang bertampang sangat biasa yang bahkan tak dikenal dalam basis data Asosiasi Pahlawan. Mulai merana karena merasa dirinya terlalu kuat, sehingga semua tantangan yang dihadapinya jadi terlalu gampang, Saitama tanpa sadar malah jadi mengundang perhatian dan pertanyaan para pahlawan lain terhadap aksi-aksinya.

Diangkat dari manga aksi komedi populer karya Murata Yuusuke, yang menangani artwork di Eyeshield 21, yang juga diangkat dari web manga karangan ONE, ini seri yang dikenal karena pembangunan suasananya yang serius. Seri ini baiknya dinilai sendiri karena perkembangannya kadang tak benar-benar sesuai pengharapanmu, walau bukan dalam artian buruk. Berhubung Natsume Shingo, yang sebelumnya menangani Space Dandy, yang akan menyutradarainya, kayaknya visualisasi adegan yang memukau bisa diharapkan di dalamnya.

Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans (Sunrise)

Tiga abad sesudah peperangan besar yang terjadi antara Mars dan Bumi, Mikazuki Augus dan kawan-kawannya dari kesatuan pengamanan CGS ditugaskan untuk mengawal Kudelia Aina Bernstein yang akan menegosiasikan kemerdekaan kota Chryse di Mars dengan Pemerintahan Bumi. Namun mereka kemudian diserang pasukan elit Gjallarhorn, yang bermaksud memadamkan segala bentuk api pemberontakan atas pemerintah. Lalu untuk melindungi teman-temannya, Mika ditugasi Orga Itsuka, pemimpin sekaligus kawan lamanya, untuk menggunakan mobile suit yang mereka gunakan sebagai reaktor tenaga dari zaman perang tiga abad lampau: Gundam Barbatos.

Ini seri Gundam baru yang telah sangat diantisipasi sesudah akhir GBF Try dan Reconguista in G di perempat awal tahun ini. Pengumumannya pada bulan Juli lalu menjadi kejutan karena melibatkan Nagai Takayuki sebagai sutradara dan Okada Mari sebagai penulis naskah, dua orang yang sebelumnya lebih dikenal karena kerjasama mereka di seri drama remaja AnoHana. Meski demikian, Nagai-san juga dikenal sebagai sutradara To Aru Kagaku no Railgun yang koreografi adegan-adegan aksinya keren. Lalu Okada-san juga dikenal produktif dengan penulisan naskah yang konsisten. Meski bahasan tentang konflik ideologi dan pemikirannya mungkin takkan terlalu menonjol, daya tarik konflik antar karakternya kelihatannya sudah terjamin. Jadi ini tetap bakal jadi salah satu seri baru yang paling diperhatikan di musim ini. …Berhubung mecha utamanya akan perlu mengambil komponen-komponen lawan untuk bertambah kuat, aku lumayan penasaran dengan seperti apa wujud terakhirnya.

High School Star Musical (C-Station)

Perguruan Ayana berfokus pada kegiatan-kegiatan di bisnis hiburan. Cara termudah untuk bisa tergabung dalam departmen musik Ayana yang prestisus adalah dengan lulus ujian ke kelas Star Frame, yang dilatih oleh Kao Kai, tiga siswa elit yang paling mendekati status bintang di sekolah tersebut. Hoshiya Yuuta, beserta empat murid lain, dinilai bahkan belum tentu bisa bertahan sebagai kandidat di sana. Sampai salah satu anggota Kao Kai, Outori, mulai menaruh minat terhadap mereka…

Seri komedi slapstick yang kelihatannya akan dipenuhi bishonen ini dibuat berdasarkan ide orisinil yang dicetuskan Hinata Rin. Tada Shunsuke yang akan menyutradarainya, dan melihat pengalaman beliau dalam KuroBas dan TeniPuri, mungkin beliau takkan kesulitan dalam menangani seri ini. Harada Sayaka yang akan menangani naskahnya. Selain persaingan antar grup-grup (yang berkilau bagai bintang), akan ada lumayan banyak adegan koreografi dansa. Kelihatannya seri ini bisa menarik bagi mereka yang suka.

Rakudai Kishi no Cavalry (SILVER LINK)

Magic Knights adalah para ksatria penyihir modern yang menggunakan persenjataan yang ditenagai kekuatan jiwa. Kurogane Ikki adalah salah satu siswa Magic Knight yang tinggal kelas karena tak mempunyai kemampuan sihir. Namun di awal tahun ajaran baru, menyusul perubahan susunan administrasi pengajar, Ikki dipasangkan dengan Stella Vermillion, seorang murid dari luar negeri yang dikenal sebagai salah satu murid nomor satu. Pertemuan mereka berujung pada hasil di luar dugaan.

Diangkat dari seri light novel buatan Misora Riku dengan ilustrasi buatan Won, seri ini menjadi adaptasi anime pertama yang dibuat untuk memperingati ulang tahun kesepuluh GA Bunko, yang nanti disusul oleh Saijaku Muhai Bahamut dan Hundred. Terlepas dari aksinya, kesan pertamaku terhadapku seri ini ada pada heroine-nya, yang secara licik mempunyai trait-trait: tuan putri, maid, tsundere, twin-tailed, ksatria, dan dorei sekaligus. Tapi terlepas dari itu juga, ini seri dengan interaksi antar karakter yang lumayan. Oonuma Shin yang menangani BakaTesto dan WATAMOTE akan menyutradarainya dengan dibantu Tamamura Jin. Sedangkan Yasukawa Shogo, yang terlibat dalam Shokugeki no Souma, yang akan menangani naskahnya. Studio SILVER LINK kelihatannya sedang habis-habisan di musim ini. Jadi aku juga menaruh harapan kalau fanservice-nya juga bakal bagus. (…Sori, aku benar-benar merasa mesti mengatakannya.) Secara mengejutkan, Ali Project yang akan menangani lagu penutupnya.

Comet Lucifer (8-Bit)

Di planet Gift, di mana kristal-kristal berharga yang disebut Giftjium terkubur dalam tanah, seorang pemuda yatim piatu bernama Sougo, yang memiliki hobi mengumpulkan kristal-kristal langka, terseret dalam kerusuhan yang dipicu oleh teman-teman sekelasnya. Sougo kemudian menemukan sebuah danau yang berada jauh di bawah reruntuhan pertambangan kota Garden Indigo, di mana ia menemukan sesosok gadis misterius dengan rambut biru dan mata merah memancar bernama Felia, dan terlibat petualangan dengannya…

Ini seri sains fiksi orisinil baru yang disutradarai Kikuchi Yasuhito, yang pernah menangani Infnite Stratos dan Macross Frontier. Nomura Yuuichi, yang terlibat dalam Rinne no Lagrange dan Eureka Seven, yang akan menangani naskahnya. Secara visual, kelihatannya seri ini cukup menarik. …Ada sesuatu tentangnya yang mengingatkanku akan Fractale, jadi mungkin ini jenis seri yang hasil akhirnya lumayan susah ditebak. Tapi ceritanya sendiri kelihatannya takkan terlalu berat.

K: Return of Kings (GoHands)

Sepeninggal Raja Merah, Suoh Mikoto, di tangan sang Raja Biru, Munakata Reisi, anggota klan merah Homra, sang gadis kecil Kushina Anna, bangkit kekuatannya sebagai Raja Merah baru. Ketika ia mempersatukan lagi ikatan di antara anggota-anggota klannya, Anna juga menjadi sasaran klan hijau, Jungle. Lalu Hisui Nagare, pemimpin Jungle, di luar dugaan juga berkepentingan menemukan Raja Putih Isana Yashiro, yang diyakini masih hidup oleh kedua pengikut setianya, Neko dan Yatogami Kuroh, yang masih terus mengejar jejaknya.

Melanjutkan cerita dari movie-nya, season kedua dari seri orisinil K Project, di mana sejarah seakan menyatu dengan dunia modern sekarang, akhirnya berlanjut juga. Suzuki Shingo kembali sebagai sutradara untuk seri ini, dengan visual dan desain karakter yang kelihatannya masih bakal keren seperti sebelumnya. Berhubung ceritanya lumayan terhubung dengan season terdahulu dan movie di antara keduanya, apalagi jumlah tokohnya banyak, mungkin seri ini bakal agak susah dimasuki oleh para penggemar baru. Tapi ini tetap kabar baik buat para penggemarnya.

Concrete Revolutio: Choujin Gensou (BONES)

Berlatar di ‘Jepang’ yang lain, di suatu zaman dewata yang berlangsung sekitar 20 tahun pasca perang, Jepang telah berkembang jauh dibanding sebelumnya, salah satunya berkat keberadaan manusia-manusia super yang hadir ke dunia karena berbagai keadaan. Di bawah Kementrian Kesehatan dan Kesejahteraan, suatu lembaga yang disebut Lab Penelitian Overpopulasi, atau yang juga dikenal sebagai Biro Manusia Super, bertugas untuk mengidentifikasi, mendekati, mengawasi, dan melindungi manusia-manusia super ini. Lalu yang menjadi anggota dari biro ini adalah Hitoyoshi Jirou dan rekan-rekannya.

Sutradara Mizushima Seiji, penulis naskah Aikawa Shou, serta para staf lain dari anime Fullmetal Alchemist yang pertama, akan bertemu lagi melalui seri ini. Cakupan ceritanya masih belum jelas, walau durasi seri ini akan dua cour. Tapi nuansanya sejauh ini kelihatannya akan penuh warna dan aksi. Nuansa karakternya beragam, dengan konsep yang diberikan dari banyak orang. Lalu dunianya mungkin lebih menarik dari dugaan. Mungkin ini seri yang akan menjadi kejutan di musim ini.

The Asterisk War: The Academy City of Water (A-1 Pictures)

Seabad sesudah dunia nyaris hancur dalam bencana alam luar angkasa Invertia, lahir jenis manusia baru yang mewarisi kekuatan bintang yang disebut Genestella. Setelah bertahun-tahun menyatakan penolakan, pewaris ilmu pedang aliran Amagiri, Amagiri Ayato, akhirnya memenuhi undangan untuk datang ke Rikka, kota terapung buatan yang dibuat khusus untuk membesarkan para Genestella, dengan maksud untuk menelusuri jejak kakak perempuannya yang hilang. Namun di sana, Ayato terlibat intrik antara keenam akademi yang ada, yang saling berebut pengaruh dalam kompetisi antar mereka untuk memungkinkan terwujudnya suatu permohonan.

Anime ini diangkat dari seri light novel aksi tempur Gakusen Toushi Asterisk karangan Miyazaki Yuu dengan desain karakter buatan okiura (Infinite Stratos, Plastic Memories). Secara pribadi, aku sudah lumayan menantikan adaptasi ini. Tokoh-tokohnya beragam, aksinya konsisten, nuansa futuristis dunianya berkesan, desain-desain senjatanya keren, dan ada misteri berkelanjutan yang lumayan dijaga. Namun kelihatannya tetap ada sedikit kekhawatiran soal bagaimana hasil akhirnya. Ono Manabu dengan dibantu Seto Kenji (keduanya pernah bekerjasama dalam Saki dan A Channel) yang akan menyutradarainya, dengan desain karakter anime yang agak tak disangka dari Kawakami Tetsuya. Rasmus Faber juga yang akan menangani musiknya. Jadi mudah-mudahan hasilnya bagus.

Untuk selebihnya, satu judul lain yang menonjol adalah Utawarerumono – Itsuwari no Kamen yang akan dikerjakan WHITE FOX. Anime ini akan diangkat dari game berjudul sama keluaran AQUAPLUS yang juga baru akan keluar pada September ini. Berlatar di dunia alami di mana manusia-manusia bertelinga dan berekor hewan hidup, dengan motif khas yang dipengaruhi oleh kebudayaan Ainu, ceritanya berawal dari bagaimana Kuon, seorang dokter perempuan yang sedang mengembara dari tanah kelahirannya, menyelamatkan seorang pemuda pengelana yang kemudian dinamai Haku, karena belakangan diketahui kehilangan ingatannya. Itsuwari no Kamen merupakan sekuel yang sudah sangat lama dinanti dari game Utawarerumono yang lumayan menarik perhatian di sekitar tahun 2002 dulu (dan juga diangkat jadi anime pada tahun 2006). Buat yang belum tahu, selain soal pengembaraan dan interaksi serta romansa, ceritanya setahuku lambat laun juga berkembang ke soal perang dan misteri. Motonaga Keitarou (Date A Live, School Days) yang akan menyutradarainya, dengan durasi sepanjang dua cour. Jadi walau ada beberapa tantangan, hasilnya kurasa takkan sampai benar-benar jelek.

Lalu ada beberapa kabar untuk penggemar seri-seri klasik.

Adaptasi anime baru Lupin III juga akan tayang musim ini, dengan mengetengahkan sosok pencuri legendaris Lupin di pertengahan usia 20annya, terikat pernikahan dengan karakter baru Rebecca, seorang perempuan muda yang tak kalah berbahayanya, dengan profesinya sebagai model, aktris, serta pemimpin muda suatu perusahaan konglomerasi besar di Republik San Marino. Produser musik Tsunku terlibat dalam pembuatan musiknya. Lalu Tomonaga Kazuhide, sutradara veteran khusus untuk seri ini, yang akan menanganinya dengan dibantu Yano Yuichiro melalui Telecom Animation Film.

Young Black Jack keluaran Tezuka Productions akan mengangkat manga buatan Tabata Yoshiaki dan Oukuma Yuu-Go tentang masa muda Hazama Kuro, dokter jenius liar yang beroperasi tanpa izin, dari seri manga lawas ciptaan Osamu Tezuka. Kase Mitsuko (Ristorante Paradiso) yang akan menyutradarai, dengan pengawasan dan naskah dari sutradara veteran Takahashi Ryousuke sendiri.

Lalu ada Osomatsu-san, yang merupakan anime yang menjadi sekuel dari seri manga komedi sangat lawas Osomatsu-kun, yang menampilkan bagaimana enam saudara kembar (yang semuanya suka pada Totoko, gadis yang sama) kini telah dewasa. Studio Pierrot yang akan kembali menangani adaptasinya, dengan berbagai karakter lama juga akan dihadirkan kembali.

Untuk seri-seri sekuel, ada Noragami Aragoto, season kedua Noragami yang akan mengetengahkan arc Bishamon; Diabolik Lovers More, Blood, season kedua Diabolik Lovers dari game Rejet tentang Yui yang diincar oleh para vampir bersaudara yang menginginkan dirinya (sekali lagi, dari dulu aku sering terpikat pada artwork-nya); season kedua tentang gadis-gadis manis yang suka berkumpul di kafe, Gochuumon wa Usagi Desu ka??; aksi bola voli remaja cowok berjulukan raksasa kecil di Haikyuu!! Season 2; Shinmai Maou no Testament BURST, season kedua seri aksi fantasi yang lumayan menarik perhatian karena fanservice dan aksinya; Yuruyuri San Hai!, musim ketiga dari seri tentang para gadis di Goraku-bu yang menyukai segala kegiatan menyenangkan; Ameiro Cocoa – Rainy color e Youkoso!, musim kedua dari para cowok yang bekerja di kafe, dan rasa ketertarikan aneh di antara mereka; kelanjutan perjuangan melawan kuasa para vampir dalam season kedua Owari no Seraph; serta kelanjutan perjuangan umat manusia di pulau Tatsumiya menghadapi Festum di musim kedua Fafner: Exodus.

…Kelihatannya kelanjutan seri detektif remaja Kindaichi Shounen no Jikenbo R juga akan tayang.

Dua tambahan yang agak lupa: seri spin off komedi Attack on Titan: Junior High, yang menampilkan Eren dan para anggota scouting legion lainnya sebagai murid-murid SMP. Kabarnya, bahkan untuk sesuatu seperti ini, grup musik Linked Horizon tetap yang akan menyajikan lagu pembukanya. Kemudian ada Aria the Scarlet Ammo Double A, atau Hidan no Aria AA, yang berlawanan dengan sangkaan sebagian orang, bukanlah season baru dari seri Aria the Scarlet Ammo. Ini diangkat dari manga spin off yang dikerjakan bersama oleh Akamatsu Chuugaku dan Kobuichi. Ceritanya tentang Mamiya Akari, murid baru berperingkat E di Tokyo Butei High School, yang mengidolakan Aria H. Kanzaki yang berperingkat S, dan berupaya menjadikan Aria sebagai partner Amica dalam pelatihannya.

Satu tambahan lain, anime kedua dari seri Garo, yaitu Garo: Guren no Tsuki (Garo: Crimson Moon), yang kali ini akan berlatar di zaman Heian dan mengetengahkan karakter utama wanita. Mangaka Masakazu Katsura yang secara mencolok menangani desain karakternya, dengan musik yang melibatkan monaca. Produksinya masih ditangani studio MAPPA.

Satu tambahan penting yang agak telat, adalah Owarimonogatari, babak terbaru drama supernatural yang melibatkan Araragi Koyomi dan kawan-kawannya sesudah Tsukimonogatari di awal tahun ini. Ceritanya akan memaparkan lebih banyak tentang Oshino Ougi dan sekaligus memperkenalkan karakter baru Oikura Sodachi. Ada info kalau baru dua buku awalnya dulu yang akan dianimasikan sih. Jadi mungkin ada kabar lain yang menyusul tentang itu.

Selebihnya, anime World Trigger masih akan berlanjut, tapi season ini akan memulai memasuki bab filler. …Aku jadi agak mengkhawatirkan bagaimana dampaknya pada perkembangan para karakternya.

Lalu dari seri anime pendek: Tantei Team KZ Jiken Note, tentang gadis kelas enam Tachibana Aya yang tahu-tahu bergabung bersama empat anak lelaki (yang nama mereka mengandung huruf K dan Z semua) yang dikenalnya di bimbel dalam suatu grup detektif; Hacka Doll the Animation, yang diangkat dari game buatan DeNa; seri horor Kagewani; serta yang mungkin paling menonjol, Komori-san Kotowarenai, yang diangkat dari manga karya Cool Kyou Sinnjya (pengarang Danna ga Nani…), tentang seorang gadis yang tak pernah sanggup menolak permintaan orang lain, tapi jadi memperoleh berbagai keterampilan luar biasa sebagai hasilnya.

Tambahan lain: Onsen Yousei Hakone-chan, yang mengetengahkan seiyuu Ono Saki yang belakangan ini populer. Lalu Miss Monochrome The Animation 3 yang akan langsung melanjutkan penayangan musim yang sekarang.

Tambahan lain lagi: JK Meshi! yang mengetengahkan tema siswi-siswi SMA dan makanan. Lalu Fushigi na Somera-chan, yang diangkat dari seri manga karya Choboraunyopomi yang membuat Ai Mai Mi, tentang, uh, keseharian seorang gadis yang mempunyai suatu kekuatan ajaib yang misterius.

(Tiba-tiba aku merasa perlu berkomentar, tapi aku tak tahu harus berkomentar apa.)

Dari segi film layar lebar, drama The Anthem of the Heart atau Kokoro ga Sakebitagatterun Da dari tim yang membuat AnoHana dan Toradora! akhirnya akan tayang. Ceritanya tentang bagaimana seorang gadis bernama Naruse Jun, yang suaranya telah tersegel karena suatu hal menyakitkan yang pernah terjadi sewaktu ia kecil, tahu-tahu mendapati dirinya terpilih sebagai salah satu anggota eksekutif dari community outreach council sekaligus tokoh utama dalam pentas musikal di sekolahnya.

Selain itu, film layar lebar Tamayura ketiga juga ada.

Tambahan yang sempat terlewat, film pertama dari trilogi anime Ajin yang diangkat dari seri manga peraih penghargaan karya Sakurai Gamon. Ceritanya tentang Nagai Kei, seorang remaja SMA yang harusnya sudah meninggal dunia dalam suatu kecelakaan lalu lintas, tapi kemudian mendapati dirinya bangkit kembali sebagai Ajin, semacam manusia abadi yang pertama kali diketahui keberadaannya di medan perang Afrika 17 tahun sebelumnya. Kenyataan ini membuat dirinya diasingkan oleh keluarganya sendiri, sekaligus dikejar berbagai pihak yang kemudian memburunya. Berita yang agak mengejutkan adalah bagaimana anime versi seri TV untuk Ajin juga telah disetujui, dan dikabarkan bakal tayang Januari depan. POLYGON PICTURES yang akan memproduksinya, dengan Seshita Hiroyuki yang pernah menangani Knights of Sidonia sebagai sutradara.

Film pertama Digimon Adventure tri juga kelihatannya akhirnya akan tayang.

Lalu film layar lebar High Speed! -Free! Starting Days- yang mengetengahkan masa awal Haruka dan kawan-kawannya di klub renang saat baru masuk SMP Iwatobi kudengar juga akan tayang.

Lalu dua film layar lebar terbaru Wake Up, Girls! keluaran Ordet.

Untuk sisanya, seperti biasa, mungkin akan kukabari lagi.

(Sumber dari ANN dan lain-lain.)


About this entry