Anime Baru Musim Panas 2015

Aku selalu mengeluh soal kerjaan di tiap postingan soal preview anime musim depan. Jadi untuk sekali ini aku berhenti deh. Aku akan ngebahas soal pernikahan saja.

…Oke. Enggak jadi.

Topik itu malah bisa bikin aku depresi.

Terlepas dari itu, summer sudah mau datang. Anime-anime baru buat musim depan lagi-lagi lumayan beragam. Agak susah bicara soal tren ke depan, tapi bukan karena trennya susah ditebak…

Kayak biasa, daftar ini enggak begitu bisa diandalkan.

Mungkin akan aku kabari kalau ada perkembangan lagi.

Kuusen Madoushi Kouhosei no Kyoukan (Diomedea)

Umat manusia tersingkir dari daratan dan kini tinggal di kota-kota udara terapung akibat ancaman dari serangga-serangga berzirah ajaib. Kaum wizard—penyihir tempur udara yang melawan para serangga dengan kekuatan sihir—kemudian terlahir. Kanata Age (Eiji) sebelumnya dikenal sebagai “Ahli Pedang Hitam” yang menjadi as elit dari tim khusus S128, sampai suatu insiden membuatnya dicap sebagai pengkhianat oleh rekan-rekan setimnya. Namun di kota akademi terapung Mistogan di mana kandidat wizard dilatih, Kanata kemudian ditugaskan sebagai instruktur tim E601, tim lemah beranggotakan tiga gadis berkepribadian sedikit aneh, yang telah mengalami 10 kekalahan berturut-turut dalam kompetisi intrasekolah.

Diangkat dari seri light novel buatan Moroboshi Yu yang diterbitkan Fujimi Shobo, Inagaki Takuya yang sebelumnya menangani Noucome berperan sebagai sutradara. Naskahnya akan ditangani Yamaguchi Hiroshi yang sebelumnya menangani Rosario + Vampire. Desain karakter aslinya yang dibuat Amami Mikihiro sebenarnya lumayan kusuka, tapi masih belum banyak yang bisa kukatakan tentang ceritanya. Ini bisa jadi tipikal seri aksi fantasi ringan dari LN seperti yang sering diangkat Diomedea. Tapi mungkin ada sesuatu tentang seri ini yang sebenarnya lebih menarik dari perkiraan.

Jitsu wa Watashi wa (TMS Entertainment)

Kuromine Asahi jatuh cinta pada teman sekelasnya yang cantik tapi penyendiri bernama Shiragami Youko. Tapi tanpa sengaja ia mengetahui ‘rahasia’ Youko yang selama ini dijaganya dengan ketat. Karena tak ingin Youko berhenti sekolah hanya karena rahasianya terungkap, Kuromine bersumpah kalau rahasia Youko setengah mati akan ia jaga. Cuma masalahnya, karena ekspresi mukanya yang terlalu ekspresif, Kuromine sebenarnya orang yang lumayan payah dalam berbohong dan menutupi kebenaran…

Diangkat dari manga komedi romantis penuh ‘rahasia’ karya Masuda Eiji yang belakangan terkenal, ini mungkin salah satu seri dengan perkembangan cerita paling kreatif yang pernah aku tahu. Yamamoto Yasutaka yang pernah terlibat dalam Ika Musume dan Hero Bank yang akan menyutradarainya, dengan skenario dibuat oleh Yamashita Kenichi. Kelihatannya ini akan jadi seri yang menarik untuk yang suka visual penuh warna dan perkembangan cerita kocak. Juga dikenal dengan judul My Monster Secret.

Ushio & Tora (MAPPA, Studio Voln)

Aotsuki Ushio , remaja keturunan keluarga penjaga kuil, menemukan tombak pusaka di rumahnya yang selama ratusan tahun telah menyegel sesosok youkai buas yang kemudian dikenalinya sebagai Tora. Mulai bisa melihat hal-hal gaib semenjak menemukan tombak itu, Ushio harus bekerjasama dengan Tora dalam menghadapi berbagai insiden supernatural di sekelilingnya, sekalipun Tora berusaha memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk bisa memakan Ushio.

Seri ini diangkat dari seri manga aksi supernatural karya Fujita Kazuhiro yang sempat populer di Jepang di paruh awal dekade 90an (dan sempat juga diterbitkan di sini). Agak kayak kasus Parasyte, ini satu lagi seri manga lawas yang akhirnya dianimasikan belasan tahun sesudah penerbitannya usai. Nishimura Satoshi yang pernah terlibat dalam Trigun dan Hajime no Ippo yang akan menyutradarainya, dengan Fujita-sensei sendiri terlibat untuk pembuatan naskahnya. Aku terkesan dengan gimana gaya desain karakter aslinya kayaknya bakal dipertahankan. Ceritanya lumayan menarik buat mereka yang suka tema-tema youkai dan mitologi Jepang kuno. Aku pribadi lumayan berharap hasilnya bakal bagus.

Joukamachi no Dandelion (Production IMS)

Keseharian sembilan bersaudara dari keluarga kerajaan diliput lewat 200 kamera pengawas dan disiarkan ke seantero negeri. Setiap anak yang menjadi calon penerus tahta memiliki kekuatan super mereka masing-masing. Lalu rakyat yang menonton akan berhak memilih siapa di antara sembilan bersaudara itu yang paling mereka inginkan menjadi penguasa. Tapi Akane, anak perempuan ketiga tertua, yang berkemampuan memanipulasi gravitasi, bersifat sangat pemalu dan sangat tidak ingin disorot kamera.

Diangkat dari seri manga 4-kotak karangan Kasuga Ayumu, yang sebelumnya membuat desain karakter untuk Ore, Twintail ni Narimasu!!, Akitaya Noriaki yang menangani Bakuman yang akan menyutradarainya, dengan naskah dibuat oleh Yoshida Reiko yang sebelumnya menangani naskah Non Non Biyori. Aku agak lupa apa persisnya, tapi ada alasan tersendiri kenapa seri ini kuanggap lumayan menarik. Maaf, untuk selebihnya mending dilihat sendiri.

Gatchaman Crowds insight (Tatsunoko Production)

Setahun sesudah Insiden Tachikawa, Ichinose Hajime dan kawan-kawan Gatchaman-nya yang lain masih terlibat dalam melindungi perdamaian dunia. Sesosok alien bernama Gelsadora melakukan pendaratan darurat di Bumi, dan sifatnya yang pecinta damai membuatnya dilindungi para Gatchaman. Misudachi Tsubasa, gadis remaja yang rumahnya kedatangan alien tersebut, juga kini bergabung bersama para Gatchaman sebagai partner baru Hajime. Tapi di tengah itu semua, suatu organisasi misterius tertentu mulai bergerak karena mempertanyakan kebijakan pemerintah terkait keberadaan Crowds yang terkuak setahun sebelumnya.

Gatchaman Crowds menarik perhatian yang tak disangka dengan tema-tema kemasyarakatan yang diangkatnya. Nakamura Kenji dan para staf dari season pertama kembali untuk menangani season ini. Seri ini mungkin kurang menarik dengan aksinya yang tak banyak. Apalagi dengan dialog-dialognya yang lumayan mengharuskan penonton untuk berpikir. Tapi tema yang diangkatnya langka, dan seri ini kurasa sudah memperoleh basis penggemarnya tersendiri.

Rokka no Yuusha (Passione)

Adlet Meyer, pemuda yang menyatakan diri sebagai pria terkuat di dunia, terpilih sebagai salah satu dari enam pahlawan yang telah ditakdirkan menyegel ulang Majin jahat yang akan bangkit—ditandai dengan munculnya lambang bunga di tubuh Adlet. Tapi di perbatasan menuju negeri kegelapan di mana Majin disegel, Adlet dan enam orang lain mendapati ada tujuh orang dengan lambang bunga yang berkumpul. Salah satu dari mereka pasti gadungan dan merupakan musuh yang menyamar. Tapi karena perkembangan keadaan, kecurigaan pertama mereka semua langsung jatuh pada Adlet…

Juga dikenal dengan judul Rokka – Brave of the Six Flowers, ini diangkat dari seri ranobe buatan Yamagata Ishio yang sebelumnya menulis Book of Bantorra. Seri ini sempat menarik perhatian karena temanya yang tak biasa, cuma mungkin lingkup penggemarnya memang agak terbatas. Takahashi Takeo yang pernah menyutradarai MAOYU yang akan menjadi sutradara, dengan naskah ditangani Urahata Tatsuhiko. Menilai dari komposisi stafnya yang veteran, secara teknis seri ini seharusnya tak ada masalah. Tapi sesudah kasus aneh Rail Wars! beberapa waktu lalu, ada beberapa penggemar tertentu yang kelihatannya waswas. Tapi ini seri menarik buat yang suka cerita dengan perkembangan di luar dugaan. Di samping itu, gaya desain karakternya juga mencolok.

Monster Musume no Iru Nichijou (Lerche x Seva)

Tiga tahun sebelumnya, dunia mengetahui bahwa monster-monster seperti centaur dan harpy ternyata benar-benar ada di dunia. Lewat Undang-undang Pertukaran Budaya Antar Spesies, makhluk-makhluk mitologis ini akhirnya mulai bergabung dalam masyarakat. Kimihito Kurusu adalah remaja yang entah bagaimana terdaftar sebagai salah satu ‘sukarelawan’ dalam program pertukaran budaya yang dicanangkan pemerintah. Seorang (seekor?) lamia bernama Miia kemudian mulai hidup serumah dengannya. Hanya saja, Miia luar biasa seksi, dan undang-undang saat ini masih dengan sangat ketat melarang perkawinan antar spesies.

Diangkat dari manga komedi bertema harem buatan Okayado yang… memulai semua tren monmusu (ehm, gadis monster) dalam beberapa tahun belakangan, Yoshihara Tatsuya yang menangani Yatterman Night yang akan menyutradarainya, dengan naskah oleh Fudeyasu Kazuyuki yang pernah terlibat dalam Milky Holmes dan Miss Monochrome. Belum banyak yang bisa diperkirakan dari aspek teknisnya. Tapi terlepas dari itu, ini salah satu seri baru yang paling diperhatikan hasil akhirnya musim ini. Terutama kalau mengingat ketenaran dari seri manganya. Karena itu, ini sangat—seriusan sangat—diharapkan bakal bagus.

Aoharu x Kikanjuu (Brains Base)

Tachibana Hotaru, seorang gadis remaja yang menyamar sebagai laki-laki, karena serangkaian kejadian aneh, diseret ke dalam dunia survival game oleh seorang host bernama Matsuoka Masamune. Bersama seorang ero-mangaka bernama Yukimura Tohru, ketiganya kemudian membentuk tim yang membidik untuk menjadi tim survival game terbaik di Jepang.

Kalau kalian membatin “Apa?!” maka syukurlah, itu berarti yang kaget dengan deskripsinya bukan cuma aku. Seri ini diangkat dari manga karya NAOE yang diserialisasikan di majalah GFantasy Square Enix, jadi mungkin ada di antara kalian yang punya bayangan ceritanya kayak apa. Nakano Hideaki yang pernah terlibat dalam Baccano! dan Oregairu tampil sebagai sutradara di seri ini. Naskahnya akan ditangani oleh Konuta Kenji, yang pernah mengerjakan naskah untuk Library War dan Daiya no Ace. …Mereka yang suka desain karakter yang tampan dan cantik kurasa akan menjadi yang pertama tertarik pada seri ini.

Himouto Umaru-chan (Dogakobo)

Doma Umaru, seorang siswi SMA yang di sekolahnya dikenal sebagai sosok cantik dan cerdas yang seakan sempurna, sebenarnya adalah seorang pemalas di rumah yang sukanya pada game, anime, dan manga. Selama ini tak ada yang tahu soal rahasianya ini selain kakak laki-lakinya, Taihei. Tapi…

Ini seri komedi keseharian yang lumayan ringan yang diangkat dari seri manga karya Sankaku Head. Ohta Masahiko dan Aoshima Takashi, yang sebelumnya sama-sama terlibat dalam Yuruyuri dan Kotoura-san, masing-masing akan menjadi sutradara dan pembuat naskahnya. Seri manganya setahuku lumayan gampang dinikmati. Ada sesuatu yang membuatku penasaran soal kemungkinan penggarapan cerita yang bakal diambil. Tapi mending aku enggak mikir terlalu jauh soal itu.

Gangsta. (Manglobe)

Di kota Ergastulum, sebuah kota busuk yang dipenuhi mafia, berandalan, pelacur, dan polisi korup; Nicolas Brown dan Worick Arcangelo adalah pekerja serbaguna yang menerima segala pekerjaan, baik dari mafia maupun polisi, yang lazimnya takkan sanggup ditangani orang-orang lain. Di kota tersebut, terdapat orang-orang berbahaya dengan kekuatan istimewa, yang nampaknya memiliki kaitan dengan identitas Nicolas dan Worick yang sesungguhnya.

Diangkat dari seri manga buatan Kohske, sejauh yang aku tahu, ini seri penuh aksi dengan lumayan banyak elemen drama. Studio Manglobe muncul kembali setelah sekian lama, dengan Murase Shukou(?!) yang akan menjadi sutradara beserta Inotsume Shinichi (dari The Pilot’s Love Song) yang menangani naskah. Seri ini menarik untuk mereka yang suka latar dunia kejahatan seperti ini. Lalu secara teknis, kualitasnya kelihatannya benar-benar meyakinkan.

Aquarion Logos (Satelight, C2C)

Kaibuki Akira, seorang remaja berdarah panas, berkenalan dengan Tsukigane Maia dan kawan-kawan barunya yang tergabung di Klub Sousei (sousei: ‘suara penciptaan’, berbeda dari ‘sousei’ yang sebelumnya digunakan di judul Sousei no Aquarion). Mereka dikumpulkan oleh organisasi DEVA karena bakat kekuatan Sousei yang mereka miliki, yang harus mereka gunakan untuk menghadapi insiden-insiden abnormal yang konon ditimbulkan oleh ‘semakin terkekangnya dunia oleh batasan-batasan kata.’

Ini seri TV ketiga dari waralaba super robot Aquarion yang kembali mengangkat sesuatu yang rumit dan abstrak sebagai temanya. Tapi nuansanya kelihatannya akan benar-benar baru dan tak terlalu terkait dengan seri-seri sebelumnya. Sato Eiichi, yang belum lama ini menangani Nobunaga The Fool dan terlibat dalam penulisan naskah seri-seri sebelumnya, yang kali ini akan tampil sebagai sutradara. Nuansa remaja dan romansanya kelihatannya masih akan kuat. Lalu mechanya sepertinya kali ini merupakan kombinasi dari dua pesawat, dan bukan tiga. …Mungkin karena banyaknya elemen baru di dalamnya, dan berhubung aku pemerhati seri-seri sebelumnya, buatku pribadi ini salah satu seri baru paling menarik di musim ini.

Chaos Dragon: Sekiryuu Sen’eki (SILVERLINK/CONNECT)

Di era kemilau tahun 3015, dua negara besar Donatia dan Kouran berhadapan dalam perang dingin yang membagi dunia. Negara kepulauan kecil Nil Kamui, yang terletak di antara keduanya, kehilangan kemerdekaannya akibat serangan yang dilakukan Kouran. Sementara Donatia yang seharusnya merupakan sekutu Nil Kamui hanya berdiam diri. Maka dimulai cerita tentang lima karakter yang terlibat dalam konflik dari latar belakang yang berbeda-beda: Ibuki, keturunan keluarga kerajaan Nil Kamui, bersama Eiha, pengawalnya yang tersatukan dengan demon; Soirot Clasbari, ksatria naga hitam Donatia; Rou Chenfa, agen pembunuh dari organisasi keagamaan di Kouran; serta Kagraba, pedagang misterius dengan kehidupan abadi yang bukan manusia, yang berasal dari kota merdeka Haiga.

Proyek ini didasarkan pada Red Dragon, cerita yang terbentuk dari sesi-sesi table talk role-playing game selama enam malam antara lima pencipta menonjol: Urobuchi Gen (Madoka Magica, Fate/Zero) yang menciptakan Rou Chenfa; Nasu Kinoko (Tsukihime, Fate/stay night); yang menciptakan Soirot; Kougyoku Izuki (Mimizuku to Yoru no Ou) yang menciptakan Eiha; Simadoriru (sang ilustrator yang mendesain karakter) yang menciptakan Ibuki; dan Narita Ryohgo (Durarara!!) yang menciptakan Kagraba. Sanda Makoto (Rental Magica) yang menjadi pembimbing dalam ceritanya, sebelumnya merupakan bagian dari Group SNE, kelompok kreatif legendaris yang mencetuskan Record of Lodoss War, dan juga menjadi pendesain dunia Chaos Dragon. Dari segi teknis, Matsune Masato yang pernah terlibat dalam animasi CG Fate/Prototype tampil sebagai sutradara. Sementara Kodachi Ukyou yang sebelumnya menulis naskah Neppu Kairiku Bushi Road yang akan menangani naskahnya. Ini seri yang hasil akhirnya masih lumayan jadi tanda tanya, dan lebih disarankan buat kalian yang benar-benar tertarik pada konsepnya.

Akagami no Shirayukihime (BONES)

Shirayuki, tabib perempuan yang mempunyai rambut merah indah yang langka, melarikan diri dari negara asalnya sesudah dipaksa sang pangeran untuk menikah. Tapi pangeran negera tetangga, Zen Wisteria Clarines, kemudian menolongnya. Lalu setelah melihat penghargaan yang Zen berikan terhadap kemampuan pengobatannya, Shirayuki memutuskan untuk bekerja di sisinya sebagai penyembuh utama di istana.

Diangkat dari manga shoujo berjudul sama karangan Akiduki Sorata, juga dikenal dengan judul Snow White with the Red Hair, ini seri bernuansa fantasi yang secara perlahan tapi pasti menarik perhatian dalam tahun-tahun belakangan. Ceritanya lumayan berkutat pada keseharian Shirayuki bersama kenalan-kenalan barunya di tempat tinggalnya yang baru, dan lumayan mengesankan buat mereka yang suka cerita-cerita manis yang tak terlalu banyak drama. Ando Masahiro yang sebelumnya menangani Zetsuen no Tempest yang akan menjadi sutradara. Lalu naskahnya akan ditangani Akao Deko yang menangani Noragami.

Classroom Crisis (Lay-duce)

Sera Kaito, seorang guru muda berdarah panas, adalah insinyur berbakat alami yang menjadi wali kelas yang bekerja untuk A-TEC. Bersama murid-muridnya—yang di antaranya termasuk Sera Mizuki, adik perempuannya sendiri yang juga mengejar cita-cita sebagai insinyur; dan Shirasaki Iris, pilot uji yang handal tapi kurang sadar akan faktor-faktor keselamatan diri—Kaito bercita-cita untuk mendukung murid-muridnya membangun mesinnya sendiri, terlepas dari berbagai tantangan dan kesulitan dalam keseharian mereka.

Kanzaki Hiro, yang dikenal sebagai ilustrator Oreimo (dan kelihatannya semakin jago), yang akan membuat desain karakter-karakter utamanya. Naskahnya dibuat oleh Maruto Fumiaki yang menulis Saekano dan White Album 2. Lalu penyutradaraannya akan dilakukan oleh Nagasaki Kenji, yang belum lama ini menyutradarai Gundam Build Fighters. Ini seri anime orisinil pertama keluaran Lay-duce yang sebelumnya menangani Magi: Adventure of Sinbad dan Go! Go! 575. Dideskripsikan sebagai komedi romantis sekolah dan kerja, yang mengetengahkan berbagai kesulitan anak-anak SMA yang juga bekerja untuk digaji, dengan latar tak jauh di masa depan, ini seri baru yang mungkin agak susah dibayangkan hasil akhirnya. Tapi dari gelagatnya sejauh ini, kelihatannya hasilnya bakal bagus.

Over Lord (Madhouse)

Di tahun 2138, gaming virtual reality yang dikenal sebagai DMMO-RPG mulai terkenal. Tapi Yggdrasil, salah satu game online paling populer karena luasnya lingkup kustomisasinya, malah diberhentikan layanannya, dan seorang pemuda bernama Momonga memutuskan untuk membiarkan dirinya tak log out sampai detik terakhir karena suatu alasan pribadi. Tapi tiba-tiba saja, Momonga mendapati dunia virtual(?) Yggdrasil ternyata terus berlanjut, menjadi benar-benar nyata, dan wujudnya yang berupa tengkorak di dunia tersebut menjadi wujudnya yang sesungguhnya saat ia dinyatakan sebagai ‘penyihir paling kuat.’ Momonga kemudian dihadapkan pada berbagai pengikut baru (yang sebelumnya NPC) yang bersedia menemaninya dalam kampanye untuk menguasai dunia.

Diangkat dari seri novel karya Maruyama Kugane dengan ilustrasi menonjol buatan so-bin, sutradara episode veteran Itou Naoyuki (Iriya no Sora, UFO no Natsu) akan tampil sebagai sutradaranya. Sugawara Yukie, yang pernah terlibat dalam Sword Art Online dan Mahouka, yang akan menangani naskahnya. Ini satu lagi seri yang menarik buat kalian para penyuka tema dunia virtual yang sedang tren belakangan (apalagi sudut pandangnya dari pihak monster lumayan memukau). Ada beberapa kekhawatiran. Tapi secara teknis seri ini kelihatannya bakal solid.

Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri (A-1 Pictures)

Suatu gerbang ajaib tiba-tiba muncul di distrik Ginza, Tokyo, dan dari dalamnya keluar berbagai monster, ksatria berzirah, dan bermacam makhluk-makhluk dunia fantasi lainnya, yang kemudian memakan korban para penduduk sipil Tokyo. Pemerintah Jepang kemudian mengirimkan peleton kecil dari JSDF untuk memeriksa dunia lain yang terletak di balik gerbang itu. Dipimpin oleh Itami Youji, perwira muda yang notabene seorang otaku, mereka menjelajahi dunia baru berbahaya dan berinteraksi dengan para penduduknya.

Ini seri fantasi militer yang sebenarnya sudah agak lama dikenal, diangkat dari novel karya Yanai Takumi, yang sebelumnya pernah berpengalaman tergabung dalam JSDF. Sutradara Love Live!, Kyougoku Takahiko, yang akan berperan untuk menyutradarainya. Sedangkan komposisi seri akan dibuat oleh Urahata Tatsuhiko. Mungkin ini bisa dipandang sebagai versi lebih serius dari Outbreak Company. Ini termasuk seri baru yang lumayan diperhatikan di musim ini.

God Eater (ufotable)

Di tahun 2071, sebagian besar dunia berada dalam kondisi hancur akibat hadirnya monster-monster misterius berukuran besar yang dikenal sebagai Aragami. Suatu organisasi bernama Fenrir dibentuk untuk membasmi Aragami, dengan mengandalkan senjata-senjata bernama God Arcs yang tercipta dari sel-sel Aragami. Utsugi Renka, seorang rekrutan baru di markas Fenrir cabang Timur Jauh, menjadi andalan baru timnya setelah diketahui dirinya merupakan seorang God Eater—pengguna God Arcs—jenis baru, karena mampu mengubah God Arcs miliknya dari bentuk ‘pedang’ ke bentuk ‘pistol’ dan sebaliknya.

Diangkat dari game PSP hit keluaran Bandai Namco, ini satu lagi seri yang sangat diperhatikan musim ini mengingat tingkat ketenaran gamenya. Sesudah menangani OVA yang menjadi prolognya, Hirao Takayuki kembali tampil sebagai sutradara. Untuk selebihnya, berhubung ufotable yang akan mengadaptasinya, banyak kalangan yang agak bertanya-tanya hasilnya bakal sebagus apa. Sejauh yang aku tahu soal gamenya, kelihatannya seri ini akan lumayan padat oleh aksi sekaligus intrik. Sekali lagi, ini salah satu seri baru yang dipandang paling menonjol di musim ini.

Shimoneta to Iu Gainen ga Sonzai Shinai Taikutsu na Sekai (J. C. Staff)

Enam belas tahun sesudah ‘Undang-undang Ketertiban dan Moral Publik Untuk Kesehatan Mendidik Anak’ dibuat, Okuma Tanukichi menjadi murid di sebuah sekolah yang dikenal karena keunggulan disiplin moral publiknya di seantero negeri. Tapi oleh seorang siswi bernama Kajou Ayame, Okuma kemudian dijebak untuk bergabung bersama SOX, suatu ‘organisasi teroris’ buatan Ayame yang bermaksud melawan undang-undang ini agar lelucon-lelucon berkonotasi seksual diperbolehkan lagi. Lalu ini berujung pada bagaimana Okuma dipaksa melakukan tindakan-tindakan memalukan terhadap Ninomiya Anna, pemimpin dewan siswa yang diam-diam ditaksirnya sendiri.

Juga dikenal sebagai A Boring World Where the Concept of Dirty Jokes Doesn’t Exist, ini diangkat dari seri ranobe ‘berbahaya’ karangan Akagi Hirotaka dengan ilustrasi buatan Eight Shimotsuki yang… yah… terlepas dari segalanya, disutradarai oleh Suzuki Youhei yang sebelumnya menangani Hentai Ouji to Warawanai Neko, dengan naskah oleh Yokotani Masahiro yang terlibat di Free! Eternal Summer. Walau temanya memang parah, ada kemungkinan ceritanya sebenarnya lebih bagus dari yang disangka.

Gakkou Gurashi! (Lerche)

Empat orang perempuan pada suatu ketika memutuskan menginap di sekolah: Takeya Yuki yang enerjik, Rumi yang suka membawa sekop, Rurii yang menyatukan mereka semua, serta penasihat sekolah Megu-nee. Tapi entah bagaimana mereka kemudian mendapati diri mereka sebagai orang-orang terakhir yang masih tersisa dalam suatu serangan zombie, dan karenanya memutuskan untuk terus bertahan di sekolah.

Juga dikenal dengan judul School-Live, seri ini diangkat dari manga buatan Kaihou Norimitsu dan Chiba Sadoru yang diserialisasikan di Manga Time Kirara Forward. Ando Masaomi yang akan menyutradarainya, dengan Norimitsu-sensei sendiri (yang dari Nitroplus) yang akan menangani naskah. …Kalau kalian menilai hanya dari desain karakternya yang imut, mungkin kalian takkan menyadari kalau ini seri tentang zombie.

Million Doll (Asahi Production)

Suuko, seorang gadis hikkikomori penyuka idol, memiliki keahlian khusus dalam membuat bintang idola manapun populer dengan kekuatan blog buatannya. Bintang idola muda dari Fukuoka, Itorio, menarik perhatian Suuko. Tapi upayanya untuk mempopulerkan Itorio mendapat hambatan dari bintang idola karismatik Ryuusan, serta dari underground idol Mariko.

Diangkat dari manga karangan Ai yang diserialisasikan di website Ganma buatan Comic Smart, Kawaguchi Keiichiro yang menangani Sket Dance yang akan menyutradarainya. Naskahnya sendiri akan ditangani oleh Murakami Momoko (pernah terlibat dalam Mahou Sensou dan Pretty Rhythm Aurora Dream). Belum banyak aku tahu tentang seri ini, tapi berhubung aku punya sepupu yang otaku idol, aku lumayan terkesan dengan premisnya.

High School Star Musical (C-Station)

Perguruan Ayana merupakan sekolah yang berfokus pada kegiatan-kegiatan di bisnis hiburan, khususnya musik. Ada tiga orang yang disebut Kao Kai, yang dipandang sebagai tiga orang paling elit dan paling mendekati status bintang di sekolah tersebut. Cara termudah untuk bisa tergabung dalam departmen musik adalah dengan lulus ujian masuk ke kelas Star Frame, yang dilatih langsung oleh para anggota Kao Kai. Tapi Hoshiya Yuuta, beserta empat murid lain, sayangnya termasuk mereka yang bahkan belum tentu bisa bertahan sebagai kandidat department itu. Sampai salah satu anggota Kao Kai, Outori, mulai menaruh minat terhadap mereka…

Seri komedi slapstick yang kelihatannya akan dipenuhi bishonen ini dibuat berdasarkan ide orisinil yang dicetuskan Hinata Rin. Tada Shunsuke yang akan menyutradarainya, dan melihat pengalaman beliau dalam KuroBas dan TeniPuri, mungkin beliau takkan kesulitan dalam menangani seri ini. Harada Sayaka yang akan menangani naskahnya. Selain persaingan antar grup-grup (yang berkilau bagai bintang), akan ada lumayan banyak adegan koreografi dansa. Kelihatannya seri ini bisa benar-benar menarik bagi tipe orang yang suka.

Kangoku Gakuen (J.C. Staff)

Perguruan Swasta Hachimitsu sebelumnya merupakan sekolah putri elit berasrama yang belum lama ini membuka pendaftaran untuk siswa laki-laki. Fujino Kiyoshi, bersama empat murid lelaki lain, mendaftar ke sana dengan harapan bisa merasakan kehidupan harem di tengah siswi-siswi ‘murni’ yang belum pernah mengenal cowok. Tapi sesudah urusan dengan ‘pihak berkuasa’ di sekolah itu membuat mereka jadi tahanan di penjara, apa yang mereka temui di sana sama sekali tak seperti yang mereka duga…

Diangkat dari manga komedi seinen karya Hiramoto Akira (yang teramat, sangat mesum dan absurd, tapi memang lambat laun jadi semakin kocak), ini… mungkin menjadi seri komedi yang akan paling kurekomendasikan musim ini, asal kalian cowok dan tak keberatan dengan temanya. Ceritanya bisa berkembang ke arah sangat konyol sekaligus tak terduga. Lalu secara teknis hasilnya kayak bakal solid. Mizushima Tsutomu dan Yokote Michiko yang belum lama ini terlibat dalam Shirobako yang akan menyutradarai dan membuat naskahnya. Lalu setelah sekian lama, akhirnya ada juga lagu anime yang liriknya dibuat Ohtsuki Kenji lagi. Juga dikenal sebagai Prison School. (Wow, J.C. Staff juga yang akan memproduksinya? Umm…)

Charlotte (P.A. Works)

Ada kemampuan-kemampuan istimewa yang dapat muncul pada persentase kecil anak lelaki dan perempuan yang mengalami pubertas. Otosaka Yuu selalu memakai kemampuan istimewanya tanpa sepengetahuan orang-orang, dan karenanya menjalani hidup yang relatif normal. Tapi pada saat ia bertemu seorang gadis bernama Tomori Nao, nasib para pemilik kemampuan istimewa ini akan terungkap.

Ini seri baru yang konsepnya digagas oleh Maeda Jun, yang sebelumnya dikenal sebagai pencetus cerita Clannad. Dibuat sebagai bentuk perayaan Key yang kelima belas (dan keluar lebih awal dari yang kuduga), ini akan menjadi karya anime orisinil kedua beliau sesudah Angel Beats!. Asai Yoshiyuki yang akan menanganinya sebagai sutradara, dengan naskah yang dibuat oleh Maeda sendiri. Buat mereka yang suka tema-tema magic realism, ini satu seri yang benar-benar sudah lama ditunggu.

Anime fanservice (enggak mungkin enggak fanservice) Bikini Warriors juga telah diumumkan buat musim ini. Diangkat dari lini figur model bertema fantasi keluaran Hobby Japan dan Megahouse, keunikannya adalah masing-masing karakter didesain oleh ilustrator yang berbeda-beda. (Karakter Valkyrie misalnya, didesain oleh Tony, tapi mending kita enggak bahas sampai sana.) Formatnya, agak di luar dugaan, ternyata berupa anime pendek.

Fate/kaleid liner Prisma lllya 2wei Herz! juga sudah diumumkan oleh studio Silver Link. Season sebelumnya enggak sepanjang yang aku kira. Tapi season ketiga ini akan menampilkan paruh berikutnya dari cerita di manganya, dengan momen mendekati musim panas yang lumayan pas. Salah satu faktornya mungkin karena manga Prisma Illya 3rei! yang masih belum tuntas? Perkembangan ceritanya setahuku bakal semakin dramatis dan mengejutkan.

Lalu Dragon Ball Super/Dragon Ball Chou menjadi kejutan menyusul tayangnya film layar lebar terbaru Fukatsu no F. Seri baru ini akan mengetengahkan kelanjutan cerita Dragon Ball sesudah arc Buu, dengan Toriyama Akira-sensei sendiri(!) terlibat dalam pembuatan ceritanya, sehingga pemerhatinya sudah pasti bakal lumayan banyak.

Sisanya, ada lumayan banyak season baru untuk beberapa seri lama, meliputi: petualangan supernatural Noragami Aragato (season kedua) keluaran BONES yang akan mengangkat arc Bishamon yang terkenal; hubungan sangat akrab antara dua orang cowok yang terlibat di dunia penerbitan di Junjou Romantica Season 3; tentang vampir-vampir bishonen dan seorang gadis yang terjebak di tengah mereka dalam Diabolik Lovers More, Blood keluaran studio ZEXCS (sekalipun aku cowok, dari dulu aku suka gaya artworknya); musim tayang kedua untuk IDOLM@STER Cinderella Girls, di mana kita bisa melihat sang manajer favorit kita lagi; bagian kedua dari trilogi baru dari Shuka tentang berbagai hal aneh di Ikebukuro, Durarara!! x2 Ten; lalu yang mungkin paling banyak dinanti: drama keseharian pedesaan Renge dan kawan-kawannya dalam Non Non Biyori Repeat yang kembali dibuat SILVER LINK.

Oya, dan juga To-Love-Ru -Trouble- Darkness 2nd, yang merupakan season 2 dari upaya Momo membangun harem bagi Yuuki Rito.

Dari segi anime-anime pendek, Wooser akan tampil kembali dalam season ketiganya, Wooser no Sono Higurashi: Mugen-hen, yang mungkin akan membeberkan apa yang terjadi sesudah ia berhasil menyelamatkan(?) dunia di akhir season sebelumnya. …Mungkin. Lalu ada kelanjutan kehidupan karakter android yang disuarakan khusus oleh Horie Yui, dalam musim tayang kedua Miss Monochrome. Kurasa aku bakal tertarik juga kalau ada koregorafi dansa baru lagi di dalamnya.

Ditayangkan bersama dengan dua yang di atas dalam blok tayang anime baru, ada satu judul baru: Wakaba Girl keluaran studio Nexus. Diangkat dari seri manga lain buatan Hara Yui (pengarang Kinmoza), ini berkisah tentang Kohashi Wakaba, anak perempuan elegan dari sebuah keluarga kaya (yang diam-diam suka budaya pakaian gyaru) yang sedikit tak ‘nyambung’ dengan lingkungannya, beserta teman-temannya, yang sedikit banyak juga menyembunyikan suatu sisi lain dalam diri mereka.

Seri anime pendek Nar Doma tentang kenarsisan seorang cowok, juga akan tayang.

Venus Project, yang mengetengahkan soal perkembangan dunia idola di masa depan, juga sudah diumumkan. Ini diangkat dari game PS Vita buatan studio Galat. Sori, tentang ini aku masih belum banyak tahu.

Lalu ada Danchigai yang mengisahkan tentang kehidupan lima bersaudara—empat cewek, satu cowok—yang tinggal bersama dalam sebuah apartemen multi unit. Ceritanya diangkat dari manga komedi keseharian karya Yoneda Kazusa.

Terakhir, ada Okusama ga Seitokaicho yang dibuat studio Seven, yang merupakan seri komedi agak erotis yang diangkat dari manga karya Nakata Yumi. Berkisah tentang seorang cowok SMA yang dengan enggan menjabat sebagai wakil ketua Dewan Siswa, sesudah kalah secara enggak disangka oleh Wakana Ui, perempuan yang semula dipandangnya sebelah mata. Tapi kemudian ia pulang suatu hari dan mendapati kalau dirinya telah dinikahkan dengan Ui.

… …

Oya. …Juga ada Makura no Danshi, yang merupakan suatu anime pendek yang akan menampilkan posisi tidur sejumlah cowok tampan. (Enggak, aku enggak bercanda.)

Dari segi OVA, dua yang menonjol salah satunya adalah Sousei no Aquarion Love, yang dengan karakter-karakter orisinilnya akan sedikit mengangkat tema pembukaan dimensi. Aku dengar ceritanya akan menampilkan karakter-karakter dari dua seri Sousei no Aquarion dan Aquarion Evol. Judul menonjol satunya lagi adalah episode 4 dari Code Geass: Akito the Exiled yang telah lumayan lama dinanti, dan dikonfirmasi telah diperpanjang jumlah episode totalnya.

Dari segi film layar lebar, cerita orisinil tentang Itsuka Shidou dan para Seirei yang tak ada di seri novelnya, Gekijouban Date A Live: Mayuri Judgment akan tayang. Aku benar-benar berharap sesudah ini masih akan ada season ketiga untuk seri Date A Live.

Lalu ada seri sains fiksi Vitreous Flower Destroy[s] the World (Glass no Hana to Kawasu Sekai), yang disutradarai Ishihama dari Shin Sekai Yori dengan desain karakter buatan Kantoku, yang mengangkat tema soal… dunia buatan, dan bug, dan para karakter software. Ceritanya mungkin bakal agak filosofis.

Typhoon Noruda keluaran Studio Colorido juga tampil sebagai salah satu judul menonjol karena menandai debut sutradara mantan animator Ghibli, Arai Youjirou. Ceritanya tentang pertengkaran dua orang sahabat usia SMP sesudah salah satunya berhenti dari klub bisbol, pada malam sebelum festival budaya dilakukan. Lalu saat ada gadis bermata merah bernama Noruda tampil di hadapan mereka, suatu badai taifun misterius menyerang SMP tersebut. Ishida Hiroyasu, yang dulu memenangkan penghargaan dengan Fumiko’s Confession buatannya, juga terlibat sebagai sutradara animasi. Lalu Hamauzu Masashi yang akan menangani musiknya.

Terakhir, yang kabarnya telah agak mengecewakan banyak orang, adalah film pertama dari rangkaian film layar lebar Digimon Adventure Tri, yang akan menampilkan kelanjutan kehidupan Taichi dan anak-anak terpilih lainnya dari seri Digimon Adventure paling pertama. Terlepas dari desain karakternya yang menuai kontroversi, yang paling tak disangka adalah soal bagaimana ini ternyata bukan merupakan seri TV.

(Oh, dan film-film yang diadaptasi dari novel-novel pengarang sains fiksi Project Itoh juga!)

(…Kayaknya aku lupa menyinggung soal film layar lebar GITS AAA dan Love Live!)

Satu yang agak aku lupa (karena pengumuman soal konfirmasinya aku lewatin) adalah seri TV Ranpo Kitan: Game of Laplace. Agak kayak UN-GO beberapa tahun lalu, ini anime yang diproduksi sebagai bentuk peringatan atas 50 tahun meninggalnya penulis misteri Jepang Edogawa Ranpo, dengan mengangkat konsep dari cerita-cerita karangan beliau. Produksinya akan dilakukan oleh studio Lerche, dengan Kishi Seiji sebagai sutradara. Belum banyak yang diketahui tentang ceritanya. Tapi Uezu Makoto (yang sangat bisa diandalkan) yang menangani naskahnya. Mereka yang suka misteri bernuansa agak gelap dan mendekati horor mungkin akan tertarik dengan yang satu ini. (Oh, kalau kalian enggak tahu kayak gimana cerita-cerita Edogawa Ranpo, coba bayangkan cerita-cerita Edgar Allan Poe.)

Tambahan lain, adalah Sore ga Seiyuu! keluaran studio Gonzo, yang diangkat dari seri manga empat kotak buatan Hata Kenjirou (ya, pembuat Hayate the Combat Butler) dan pengisi suara Asano Masumi. Ceritanya mengangkat soal pengalaman-pengalaman kerja yang menarik tentang industri pengisi suara, dilihat dari sudut pandang tiga pengisi suara baru. Yaps, desain karakternya manis.

Selain itu ada juga komedi kerja sambilan di restoran Working!!! (season ketiga), seri anak-anak populer Youkai Watch season kedua, Senki Zesshou Symphogear GX (season ketiga juga), serta, yang enggak kusangka, seri komedi sejarah dunia Hetalia The World Twinkle.

Wakako-zake, seri anime pendek tentang perempuan berusia 26 tahun yang mencicipi bermacam sake di berbagai bar tiap malam demi mencari tempat untuk berada, juga akan tayang.

Tambahan lain: tiga episode Aria the Avvenire yang merupakan adaptasi anime baru dari seri manga lawas karya Amano Kozue. Seri baru ini dibuat untuk memperingati 10 tahun semenjak seri ini pertama dianimasikan, dengan Sato Junichi akan kembali sebagai sutradara. Studio TYO Animations yang akan menganimasikannya.

Kalau ada kabar-kabar lainnya akan kusampaikan nanti.

Kalau aku bisa.

(Masih belum ada pengumuman soal tayangnya Chou Jikuu Robo Meguru ataupun Ao no Kanata no Four Rhythm.)

(Di musim ini juga keluar anime spesial Yuruyuri Nachu Yachumi!+ serta SuzakiNishi THE ANIMATION.)

(Sumber dari ANN dan lainnya)


About this entry