Anime Baru Musim Semi 2013

Here we go again.

Sudah Maret, dan musim tayang baru sudah di depan mata. Berikut, kayak biasa, adalah daftar enggak pasti dan enggak bisa diandalkan dari seri-seri anime baru yang akan tayang pada musim kali ini.

Semenjak musim gugur tahun lalu, kayaknya ada peningkatan kualitas secara berkala dari anime-anime yang ditayangkan. Hal ini paling kelihatan pada seri-seri komedi berdurasi pendek sih. Tapi kalau diteliti, ini lumayan kentara pada anime-anime lain secara umum juga.

Musim ini, terus terang, kayaknya bakal jadi satu musim lain yang benar-benar seru.

Jadi mudah-mudahan tren baik tersebut berlanjut juga pada musim mendatang.

———

RDG Red Data Girl (P.A. Works)

Suzuhara Izumiko adalah gadis remaja rendah diri yang secara misterius punya kecendrungan untuk menghancurkan setiap peralatan elektronik yang disentuhnya. Setelah sekian lama dibesarkan di Kuil Tamakura, salah satu kuil warisan budaya dunia di Kumano, dalam kesempatannya untuk menjalani hidup di kota, Izumiko berhadapan dengan makhluk misterius bernama Himegami. Suatu kejadian kemudian terjadi, yang menjadi awal pembeberan bahwa dirinya seorang yorishiro, yang menyimpan roh kami di dalam tubuhnya; dan sahabat masa kecil sekaligus putra orangtua asuhnya, Sagara Miyuki, merupakan yamabushi yang ditugaskan untuk melindunginya.

Diangkat dari novel fantasi karya Ogiwara Noriko (yang menulis The Good Witch of the West), dengan desain karakter buatan Mel Kishida, ini bisa jadi seri serius dengan muatan drama agak berat. Aku penasaran akan seperti apa hasil akhirnya sesudah ditangani P.A. Works. Sejak Hana-saku Iroha keluar, mereka telah menjadi studio yang yang punya ciri khas konsisten. Kurasa tema ceritanya juga benar-benar sesuai dengan ciri khas mereka. Bicara soal Ogiwara-sensei, nuansa cerita beliau sepertinya agak lebih berat ke shoujo, jadi mungkin itu sesuatu yang perlu kau pertimbangin sebelum menontonnya.

Hataraku Maou-sama! (White Fox)

Raja Iblis Sadao dikalahkan oleh sang pahlawan, Emilia, pada saat dirinya hanya tinggal selangkah lagi untuk menguasai dunia. Sadao kemudian diasingkan ke suatu dimensi lain, yakni Tokyo zaman modern, di mana ia tanpa punya pilihan, dari statusnya sebagai raja, akhirnya dipaksa hidup berpindah dari satu kerja sambilan ke kerja sambilan lain, semata-mata untuk bertahan hidup…

Diangkat dari ranobe karya Wagahara Satoshi dengan desain karakter buatan 029, ini… mungkin anime tentang pelajaran hidup yang menyampaikan pesan bahwa dari manapun kau berasal, di dunia nyata yang dipandang itu tetap kesanggupanmu bekerja dengan orang lain. Ini seri komedi dengan premis menarik. Iya, maaf, ini kayaknya jadinya ditayangkannya pada musim kali ini.

Date A Live (AIC PLUS+)

Berkisah tentang pengalaman-pengalaman Itsuka Shidou, tatkala ia diharuskan untuk berkencan dengan serangkaian gadis dari dimensi lain—yang ternyata merupakan makhluk-makhluk spirtual dari dimensi lain yang menjadi penyebab dari rangkaian bencana ‘gempa angkasa’ yang terjadi di Bumi—demi mengajarkan arti kemanusiaan dan kehidupan kepada mereka.

Diangkat dari seri ranobe karya Tachibana Koushi, ini salah satu seri yang bagiku ternyata menarik terlepas dari segala keabsurdan premisnya. Ada aksi-aksi pertarungan yang sangat berlebihan dengan berbagai mecha dan kapal-kapal besar. Kalau kalian suka aksi tempur yang seru (atau mecha musume) dan tak keberatan dengan karakter-karakter yang aneh dan kekuatan-kekuatan ajaib yang enggak benar-benar jelas munculnya dari mana, mungkin kalian bisa suka ini. Aku tak terlalu yakin soal perkembangan ceritanya. Tapi kurasa ada sebagian orang yang akan terpikat dengan arahan visualnya. Ada gelagat aneh kalau arahan dunianya bakal menarik.

Devil Survivor 2 The Animation (Bridge)

Pada suatu waktu, muncullah situs web bernama Nicaea yang mampu meramalkan waktu kematian masing-masing orang. Website tersebut akan memberitakan melalui e-mail kapan penerima e-mail bersangkutan tersebut akan mati. Sesudah berhasil lolos dari kematian berkat peringatan dari website misterius ini, ketiga tokoh utama kemudian mendapati bahwa dunia tengah terancam oleh kemunculan kaum demon dari dimensi lain. Kemudian yang bisa menolong mereka hanya peringatan-peringatan lanjutan dari Nicaea, serta sebuah aplikasi ponsel ajaib yang memungkinkan mereka untuk memanggil demon milik mereka sendiri.

Diangkat dari game NDS populer keluaran Atlus, seri ini juga akan disutradarai oleh Kishi Seiji yang lumayan tenar belakangan ini. Aku agak terkejut studio Bridge yang akan menanganinya. Tapi bagi mereka yang menyukai Persona 4 The Animation yang keluar beberapa waktu lalu—dan segala elemen khas seperti okultisme, mitos-mitos, kiamat, yang bisa ditemukan dalam seri-seri Shin Megami Tensei—meski mungkin lebih gelap dari P4A, kayaknya aku tetap akan sangat merekomendasikan seri yang satu ini.

Uta no Prince-sama – Maji Love 2000%  (A-1 Pictures)

Sekuel dari Uta no Prince-sama—Maji Love 1000%, seri ini melanjutkan kisah Haruka Nanami di SMA pelatihan idola dan penulis lagu Saotome, dan segala pengalamannya dalam berjuang sebagai penulis lagu.

Diangkat dari otome game buatan Broccoli, ini seri yang meski bagi sebagian orang berasa kacangan, sebenarnya cukup populer dan menarik lumayan banyak perhatian lho. …Seenggaknya dari segi penonton cewek. Eksekusi karakter-karakter cowoknya, meski dari segi cerita mereka enggak terlalu berkembang, terbilang benar-benar baik. Ceritanya memang ‘keju’ dan berlebihan. Tapi kelihatannya ini jenis ‘keju’ dan berlebihan yang bisa bikin orang penasaran untuk terus menonton. Sori belum tahu detil lebih jauh soal ceritanya.

To Aru Kagaku no Railgun S (J.C. Staff)

Musim tayang kedua dari seri A Certain Scientific Railgun yang mengetengahkan Misaka Mikoto sebagai karakter utama. Seri ini sekaligus merupakan ekspansi lebih jauh dari ‘Sisters Arc’ yang sebelumnya diketengahkan dalam episode 10-14 To Aru Majutsu no Index.

Aku masih belum terlalu mengikuti seri ini. Tapi kini aku sudah paham bahwa seri yang diangkat dari novel-novel Kamachi Kazuma ini nampaknya terlalu keren untuk bisa ku-spoiler detil-detilnya begitu saja. Bobot ceritanya sepertinya akan bertambah dibandingkan seri sebelumnya.

Valvrave the Liberator (Sunrise)

Pada masa ketika sebagian besar populasi manusia hidup di kota-kota di luar angkasa, remaja SMA bernama Tokishima Haruto terlibat dalam konflik milter antara dua negara besar, Dorushia Military Pact Federation dan Atlantic Ring United States, tatkala dirinya menemukan senjata humanoid terlarang, Valvrave.

Bagi para pengunjung blog ini yang selama berbulan-bulan mengharapkan info tentang seri Gundam baru, aku sarankan untuk mulai memperhatikan seri ini.  Aku masih belum terlalu yakin tentang arah perkembangannya, tapi ada beking staf yang lumayan menjanjikan. Okouchi Ichiro yang terlibat dalam penyusunan cerita di Code Geass dan Guilty Crown menangani komposisi serinya (bila orang ini terlibat, aku hampir pasti dijamin bakal dibikin penasaran ceritanya bakal dibawa ke mana). Hoshino Katsura yang membuat D.Gray-man yang menangani desain karakter orisinilnya. Lalu desain mecha ditangani oleh Washio Naohiro (yang terlibat di Fafner dan Gundam 00) dan desainer Gundam veteran Okawara Kunio. Mungkin plotnya tak akan istimewa, tapi setidaknya ada pengarahan adegan-adegan mecha yang menarik di dalamnya.

Arata Kangatari (Satelight)

Arata dan Hinohara Arata berasal dari dua dunia berbeda. Tapi karena suatu insiden pengkhianatan dan perebutan kekuasaan di dunia ajaib Arata, dirinya dan Hinohara Arata bertukar tubuh sekaligus dunia. Arata kemudian terjebak di dunia Tokyo zaman modern. Sementara Hinohara Arata kini terlibat dalam petualangan di dunia asal Arata, di mana dirinya terjebak dalam berbagai intrik antara para Shinshou serta perebutan pusaka-pusaka Hayagami.

Diangkat dari manga terkini Watase Yuu yang diserialisasikan di Shonen Sunday, ini sebuah seri shounen yang agak unik karena cukup kental dengan elemen-elemen komik shoujo, sesuai dengan latar belakang kepenulisan Watase-sensei. Aku termasuk penggemar seri ini, tapi aku tak tahu apakah kebanyakan orang juga akan menyukainya atau tidak. Konflik-konfliknya lebih berfokus ke karakterisasi dan hubungan antara karakter (ya, cinta), dengan adegan-adegan pertarungannya terbilang ringkas. Di samping itu, ada banyak elemen klise yang sebenarnya ada, tapi masih tetap jadi menarik semata-mata karena cara peramuannya. Satelight yang menganimasikannya, jadi kurasa hasilnya tetap patut dilihat.

Photo Kano (Madhouse)

Maeda Kazuya adalah seorang siswa kelas dua SMA yang memperoleh sebuah kamera reflex berlensa tunggal pada akhir liburan musim panasnya. Tanpa ia ketahui, kamera baru yang dimilikinya tersebut mungkin akan membawanya menemukan cinta.

Diangkat dari game dating sim keluaran Kadokawa Games, Enterbrain, sekaligus Dingo, aku terus terang masih belum punya bayangan akan seperti apa hasil ceritanya. Desain karakter buatan Shimada Mae terbilang menarik. Lalu sutradara dan pengatur komposisi seri, Yokoyama Akitoshi, juga punya latar belakang yang mengesankan juga. Ini akan menjadi debut pertama beliau sebagai sutradara, jadi mudah-mudahan hasilnya bagus. Pastinya akan ada banyak adegan pemotretan di dalamnya.

Karneval (Manglobe)

Mengisahkan rangkaian peristiwa yang yang dialami seorang bocah polos bernama Nai, yang berkenalan dengan pencopet dingin bernama Gareki, serta bagaimana keduanya dipaksa bergabung sebagai bagian dari Circus, organisasi pertahanan militer terkuat yang dimiliki negara.

Seri ini diangkat dari manga karya Mikanagi Touya. Aku belum tahu banyak tentang seri ini. Tapi kau bisa bayangkan tokoh-tokoh cantik, adegan-adegan aksi, serta berbagai makhluk dan kejadian aneh yang merintangi perjalanan mereka berdua. Oya, dan mungkin beberapa adegan yang agak menjurus ke shounen ai (tapi mungkin enggak akan terlalu gitu juga). Satu hal yang menarik adalah dunianya yang penuh warna serta bagaimana kelompok Circus benar-benar mengadakan sirkus untuk menutupi kerusakan-kerusakan yang mereka ciptakan.

Hentai Ouji to Warawanai Neko (J.C. Staff)

Yokodera Youto memiliki otak yang mesum. Tapi karena punya kesulitan dalam mengekspresikan perasaannya, tak ada seorangpun yang mau mengakui kemesumannya. Suatu waktu, ia mendengar tentang sebuah patung kucing yang konon bisa mengabulkan permohonan untuk memodifikasi kepribadian. Berharap untuk bisa lebih terbuka, di sana, Youto kemudian bertemu Tsutsukakushi Tsukiko, yang sebaliknya, berharap untuk bisa tak terlalu gamblang dalam menunjukkan perasaannya. Saat mereka menyadari bahwa kekuatan patung kucing itu nyata—tapi tak persis seperti yang mereka kira—serangkaian masalah kemudian terjadi.

Diangkat dari seri ranobe buatan Sagara Sou dengan ilustrasi buatan Kantoku, ini lagi-lagi sebuah seri yang aku tak terlalu tahu  tapi kelihatannya lumayan terkenal. Pada dasarnya, ini seri komedi romantis yang mengetengahkan kisah cinta segitiga. Tapi detilnya lebih baik tak kubeberkan di sini. Mereka yang suka karakter-karakter kuudere mungkin akan tertarik dengan karakter Tsukiko.

DD Hokuto no Ken (Asia-Do)

Seri plesetan Hokuto no Ken yang mengetengahkan Kenshiro dan kawan-kawannya(?) dalam latar zaman modern sekaligus rupa SD.

Ini adalah adaptasi anime kedua dari seri ini, setelah yang sebelumnya keluar di tahun 2011. Mengingat segahar apa seri aslinya, seri ini menurutku terbilang lucu…

Yuyushiki (Kinema Citrus)

Mengetengahkan kehidupan sehari-hari tiga orang gadis, Yuzuko, Yukari, dan Yui, yang tergabung dalam klub pemrosesan data di sekolah mereka.

Ini adaptasi manga empat kotak karya Mikami Komata di majalah komik Manga Time Kirara. Aku enggak akan membeberkan persisnya apa, tapi ada sesuatu yang benar-benar menarik perhatianku di deretan stafnya. Sori belum tahu lebih banyak.

Attack on Titan (Wit Studio)

Mengetengahkan perjuangan kehidupan tiga sekawan sejak kecil, Eren, Mikasa, dan Armin, di dunia di mana manusia telah terisolir dari dunia luar dalam kota-kota bertembok tinggi akibat kemunculan raksasa-raksasa Titan pemangsa manusia.

Diangkat dari manga sleeper hit Shingeki no Kyojin karya Isayama Hajime, ini salah satu seri yang nampaknya paling ditunggu di musim ini. Berhubung sutradara Death Note dan Guilty Crown, Araki Tetsuo, yang menanganinya, aku percaya setidaknya secara teknis hasil adaptasinya bisa benar-benar bagus.  Buat mereka yang belum tahu tentang seri ini sebelumnya, ini seri aksi petualangan penuh intrik dan drama (dan darah) yang benar-benar patut direkomendasikan. Ceritanya adalah jenis yang penuh kejutan dan terus berkembang secara berkelanjutan, dengan skala yang secara perlahan terus membesar.

Suisei no Gargantia (Production I.G.)

Dalam pertempuran antar galaksi melawan alien, pilot remaja bernama Red, beserta mecha-nya, Chamber, terjebak dalam suatu distorsi ruang dan waktu, dan akhirnya mendapati dirinya berada di planet Bumi yang bukan hanya asing dan memiliki teknologi inferior, namun juga memiliki udara bersih yang alami. Bersama awak-awak kapal Gargantia yang kemudian menampungnya, Red kemudian memulai kehidupan barunya di planet yang tak lagi dikenalnya ini.

Diangkat dari konsep yang diajukan oleh Urobuchi Gen dan Murata Kazuya, aku entah mengapa langsung punya perasaan aneh kalau ini seri yang benar-benar mau kulihat. Hanaharu Naruco yang menangani desain karakternya dengan desain mecha oleh Ishiwata Makoto. Menilai dari staf dan konsepnya awalnya saja, aku merasa kayak ada jaminan kalau ini akan jadi seri sains fiksi yang takkan mengecewakan dari segala aspek. Ini adalah salah satu anime baru yang paling diperhatikan di musim ini.

Dansai Bunri no Crime Edge (Studio Gokumi)

Haimura Kiri adalah lelaki yang sangat suka memotong rambut perempuan. Sedangkan Mushanokouji Iwai yang kemudian ditemuinya secara kebetulan sepulang sekolah adalah seorang gadis dengan rambut panjang indah terkutuk yang tak dapat dipotong siapa-siapa. Namun Kiri memiliki gunting pusaka Dansai Bunri no Crime Edge yang sanggup memotong rambut terkutuknya tersebut. Dengan gunting tersebut, Kiri kemudian harus melindungi Iwai dari keturunan pemilik pusaka-pusaka pembunuh lain yang untuk suatu alasan kemudian mengincarnya.

Ini seri dengan konsep agak aneh yang diangkat dari manga karya Hikagi Tatsuhiko. Sutradaranya adalah Yamaguchi Yuji yang sebelumnya menyutradarai adaptasi anime dari Fate/stay-night. Aku masih belum tahu tentang perkembangannya, tapi secara teknis seri ini sepertinya bakal bagus. Ini satu lagi anime baru yang ditunggu kemunculannya di musim ini.

Aku no Hana (ZEXCS)

Seorang remaja rendah diri penyuka sastra, Kasuga Takao, tak dapat menahan godaan untuk mengambil pakaian olahraga milik Saeki Nanako, teman sekelasnya yang populer dan diam-diam disukainya, saat pakaiannya tersebut pada suatu waktu tertinggal di kelas. Semenjak hari itu, kedamaiannya terusik oleh Nakamura Sawa, seorang gadis abnormal yang memergoki perbuatannya, yang selanjutnya terus meneror Kasuga untuk mematuhi setiap keinginannya.

Seri suspens psikologis populer yang lumayan disturbing ini secara agak mengejutkan akan diangkat sebagai sebuah anime yang ditayangkan di TV. Manga aslinya yang dibuat oleh Oshimi Shuuzo lumayan mencengangkan dalam banyak arti. Ini jelas bukan sesuatu yang akan kurekomendasikan ke sembarang orang. ZEXCS belakangan lumayan mengesankan dengan kemampuan eksekusi dan pembangunan nuansa mereka. Secara teknis seri ini kayaknya takkan mengecewakan. Yea, ini termasuk salah satu judul yang dinantikan oleh kalangan penggemar tertentu.

Hyakka Ryouran Samurai Bride (ARMS)

Musim tayang kedua dari Hyakka Ryouran Samurai Girls, yang mengetengahkan pelajar SMA ahli bertarung Yagyuu Muneakira dan berbagai gadis cantik di sekelilingnya yang mewarisi nama-nama samurai besar pendahulu mereka, dalam abad 21 alternatif di mana Keshogunan Tokugawa tetap berkuasa.

Aku lumayan terkesan seri ini ada kelanjutannya. Buat seri sejenisnya, ini termasuk salah satu yang menurutku paling artistik dengan plot cerita yang secara mengejutkan enggak jelek. Enggak, bukan berarti aku bakal mengikutinya sih…

Namiuchigawa no Muromi-san (Tatsunoko Production)

Muromi-san, seorang putri duyung dengan aksen Hakata, tertangkap oleh Mukoujima Takuro yang merupakan anggota klub memancing di sekolahnya.

Ini seri komedi yang diangkat dari manga karya Nashima Keiji buat Weekly Shonen Magazine. Masih belum banyak yang aku ketahui tentangnya selain yang di atas.

Ginga Kikoutai Majestic Prince (Dogakobo, Orange)

Mengisahkan petualangan Hitachi Izuru dan kawan-kawannya sesama underdog dalam Team Rabbits, yang merupakan generasi umat manusia baru yang telah dimodifikasi genetiknya untuk bisa menjalani hidup di luar angkasa. Mereka dibesarkan sebagai pilot untuk robot-robot antariksa, Majestic Prince, dalam suatu sekolah khusus bagi mereka. Tapi ada banyak hal tentang misi mereka yang masih belum mereka ketahui.

Seri ini diangkat dari manga karya Ayamine Rando dan Niijima Hikaru. Aku masih belum tahu terlalu banyak tentang rincian ceritanya. Alasan utama aku tertarik dengan seri ini adalah perhatianku terhadap karya-karya Ayamine-sensei (aku dulu suka GetBackers) serta desain-desain mechanya yang benar-benar keren. Hirai Hisashi yang populer dengan desain karakternya di Gundam SEED juga tampil kembali di seri ini. Sekali lagi, desain-desain mechanya beneran keren.

Yondemasuyo, Azazel-san. Z (Production I.G.)

Musim tayang kedua dari seri komedi yang mengetengahkan detektif Akutabe, asistennya, Sakuma Rinko, dan beragam demon yang Akutabe pekerjakan dalam kasus-kasusnya.

Begini-begini, seri manganya pernah masuk nominasi untuk penghargaan Taisho lho. Seri ini masih akan ditangani oleh dream team yang sama seperti di musim sebelumnya.

Haiyore! Nyaruko-san W (Xebec)

Musim tayang kedua dari Nyaruko-san: Another Crawling Chaos.

…Err, apa ini masih perlu kubahas? Aku tahu ini seri yang lucu dan menarik. Tapi aku malas tak ingin terlalu dalam membahasnya.

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru (Brain’s Base)

Hikigaya Hachiman adalah remaja antisosial dengan pandangan hidup yang benar-benar twisted. Ingin memperbaiki sikap Hikigaya yang negatif dan sama sekali tak mau peduli soal hidupnya sendiri, gurunya kemudian menempatkannya dalam klub pelayanan sukarela, yang ternyata beranggotakan gadis tercantik di sekolahnya, Yukinoshita Yukino.

Diangkat dari seri ranobe karangan Watari Wataru dan ilustrasi oleh Ponkan8, ini sebuah seri komedi romantis relatif baru yang sepertinya lumayan terkenal belakangan. Desain karakternya menurutku lumayan menarik. (Ini… bukan kali pertama Brain’s Base mengangkat seri seperti ini ‘kan ya?) Mungkin aku memang lemah oleh jenis karakter utama perempuannya. Jadi ini bakal jadi satu seri yang akan kuperhatikan.

Pretty Rhythm Rainbow Live (Dongwoo Animation, Tatsunoko Production)

Ayase Naru adalah gadis kelas dua SMP yang bisa melihat warna musik pada saat ia mendengarnya. Bercita-cita untuk bisa menjadi pemilik toko seperti Dear Crown, pada suatu hari ia mengikuti audisi pencarian gadis-gadis SMP yang sanggup melakukan Prism Dance. Di sana, Naru kemudian bertemu seorang gadis misterius bernama Rinne, yang sepertinya tahu soal bakat rahasia Naru yang tersembunyi.

Ini seri anime ketiga dari waralaba Pretty Rhythm yang terus terang, masih belum terlalu aku tahu. Kurasa seri ini lebih terkenal dari yang kusangka.

Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai. (A-1 Pictures)

Musim tayang kedua seri Oreimo yang konon akan mencakup akhir cerita dari seri novelnya (perhatikan tanda titik pada judulnya). Ceritanya adalah kelanjutan hubungan Kousaka Kyousuke yang datar dan biasa-biasa saja dengan adik perempuannya, Kirino, yang populer dan cantik dan penuh prestasi, tapi nyatanya diam-diam sebenarnya adalah seorang otaku anime dan game yang berbau adik-adik perempuan.

Yups, adaptasi anime dari seri populer ini masih akan berlanjut. Kini dengan pendekatan yang lebih mengikuti seri-seri novelnya. Aku pribadi enggak mengikutinya. Tapi nampaknya memang ada orang-orang tertentu yang benar-benar menyukai seri ini. Studio-nya berbeda dari yang menangani season pertamanya, tapi stafnya konon masih sama. Aku masih heran soal kenapa paruh akhir cerita di musim tayang pertamanya semula dibuat berbeda dari novelnya…

Glass no Kamen Desu ga (DLE Inc.)

Seri komedi plesetan dari seri shoujo legendaris, Garasu no Kamen.

…Err, itu aja. Heh? Ada yang enggak tahu Garasu no Kamen?! Hm. Oke deh. Kapan-kapan kubahas.

Mushibugyo (Seven Arcs)

Berlatar di kota Tokyo di era Edo di tahun 1700an, ini seri aksi yang mengetengahkan unit Mushibugyou, kesatuan penyelidik khusus yang bertugas melindungi kedamaian dan hati kota, yang masing-masing anggotanya memiliki keahlian tempur unik dan khusus.

Diangkat dari manga karya Fukuda Hiroshi yasng dirilis di Weekly Shonen Sunday, aku benar-benar belum tahu apa-apa tentang seri ini. Sepertinya ini satu lagi seri baru yang belakangan lumayan terkenal. Kapan-kapan aku harus mencari tahu lebih banyak tentangnya.

Sparrow’s Hotel (Hotline)

Berkisah tentang keseharian Satou Sayuri, pekerja resepsionis baru di Sparrow’s Hotel, ‘hotel terdekat dengan surga’, yang memiliki keistimewaan berupa dadanya besar dan keterampilan assasination tingkat tinggi yang dipunyainya.

Diangkat dari manga karya Santoh Yuka, ini seri gag comedy yang menonjolkan keseharian Sayuri menangani para pembuat masalah di hotel tempat ia bekerja. Kurasa akan ada beberapa jenis orang tertentu yang akan menilai Sayuri moe. Oya, terdekat dengan ‘surga’ itu nampaknya memang benar-benar dekat secara harfiah.

Zettai Bouei Leviathan (Gonzo)

Meteor-meteor misterius mendatangkan makhluk-makhluk jahat yang mengancam keberlangsungan seluruh kehidupan di planet. Sehingga Syrup, sang peri, kemudian ditugaskan untuk membentuk kelompok pertahanan Aquafall yang terdiri atas tiga orang gadis dari klan naga: Leviathan, seorang gadis yang telah lupa cara tersenyum; Bahamut, yang mewah dan berasal dari kelas atas; serta Jörmungandr yang baik hati dan sekaligus bertenaga besar.

Adaptasi anime dari game mobile keluaran GREE ini akan memaparkan petualangan gadis-gadis di atas dalam menghadapi musuh dan tumbuh dewasa. Ini seri fantasi petualangan yang mengetengahkan karakter-karakter moe. Berhubung Gonzo yang membuatnya, aku tak merasa presentasi teknisnya bakal buruk. Sori belum tahu banyak tentang seri ini.

Tanken Driland – 1000-nen no Mahou (Toei Animation)

Musim tayang kedua dari seri petualangan fantasi komedi Tanken Driland.

Masih diangkat dari game populer dengan desain karakter berkepala besar dari GREE, aku belum tahu apa-apa soal ceritanya. Sepertinya para tokohnya takkan ada sangkut pautnya dengan tokoh-tokoh seri yang lalu, jadi aku tak tahu apakah kita akan melihat Mikoto dan Bonny lagi. Tapi  seri sebelumnya bisa lumayan menghibur dengan desain karakternya yang lucu. Jadi sekuelnya ini kurasa akan hadir dengan cara yang sama.

Hayate no Gotoku! Cuties (Manglobe)

Musim tayang keempat dari seri komedi populer Hayate the Combat Butler. Masih menghadirkan Ayasaki Hayate yang menjalani hidup sebagai pelayan tangguh keluarga Sanzenin Nagi yang kaya raya, beserta berbagai gadis cantik yang mengelilingnya. Namun formatnya kali ini adalah dengan fokus heroine yang berbeda untuk tiap episode.

Ini satu lagi seri yang kepopulerannya seakan tak habis-habis. Musim tayang ketiganya perasaan baru keluar beberapa waktu lalu, tapi musim tayang yang baru sudah siap buat dihadirkan lagi. Staf yang sama dengan Can’t Take My Eyes Off You akan kembali lagi. (Argh, aku tak peduli apa kata kalian penggemar Hinagiku, tapi karakter favoritku tetap Maria!)

Aiura (Linden Films)

Mengisahkan ‘apa yang terjadi’ pada saat ‘sedang tidak terjadi apa-apa’ dalam kehidupan sehari-hari tiga orang gadis SMA: Amaya Kanaka yang enerjik tapi sedikit menyebalkan, Iwasawa Saki yang tak pernah bersemangat, serta Uehara Ayuko yang penurut, beserta teman-teman sekelas mereka.

Ceritanya diangkat dari seri manga 4-kotak buatan Chama.  Sutradara yang menanganinya lumayan berpengalaman, meski para seiyuu yang memainkan tokoh-tokoh utamanya adalah orang-orang yang benar-benar baru. Tak ada yang benar-benar bisa dikatakan istimewa tentang seri ini sih. Tapi berhubung keluaran Linden Films baru-baru ini adalah Senyuu, entah mengapa ini bisa kumaklumi. Siapa tahu dalam perkembangannya seri ini bisa jadi benar-benar bagus.

———

Sepertinya masih ada beberapa judul lain. Tapi info yang baru kudapat baru segitu.

Judul-judul baru lain yang muncul meliputi musim tayang kedua untuk anime-anime berdurasi pendek Haitai Nanafa (yang manis), Kuromajyo-san ga Toru!! (yang tentang gadis SD penyuka occult, yang tanpa sengaja memanggil penyihir sungguhan gara-gara pilek, dan kemudian jadi muridnya), serta Gakkatsu! (yang sempat menarik perhatianku dengan fokus anehnya tentang debat). Oya, aku lupa menyebut musim tayang kedua juga buat Himitsu Kessha Taka no Tsume Neo (tentang organisasi rahasia yang secara kocak berusaha menguasa dunia), tapi sudahlah. Yang satu itu beneran garing.

Satu judul lain menarik adalah adaptasi anime pertama dari apa yang nampaknya adalah cerita anak-anak klasik Jepang, Boku wa Ousama, dari seri Ousama yang sepertinya sangat populer. Soal yang ini aku belum tahu terlalu banyak.

Seri Ketsuekigata-kun, yang menggambarkan berbagai sifat antar masing-masing pribadi dengan golongan-golongan darah berbeda itu (yang belakangan cukup sering terlihat di web) juga akan mendapat adaptasi animenya musim ini.

Satu yang agak misterius, yang sepertinya tentang binatang, adalah Dibetagurashi: Ahiru no Seikatsu yang diangkat dari manga karya Matsuda Yuki.

Sisanya, palingan adalah musim tayang baru untuk kedua seri Bakugan dan Danbouru Senki, yakni Baku Tech! Bakugan Gachi dan Danbouru Senki Wars.

Dari segi movie, beberapa yang menonjol di musim ini meliputi film layar lebar Hana-saku Iroha yang menutup kisah di seri TV-nya; film layar lebar Dragon Ball Z baru yang terang-terangan melanjutkan kisah di manganya (Toriyama Akira terlibat dalam pembuatan cerita!); film layar lebar Steins;Gate, yang sepertinya juga akan memberi konklusi bagi animenya; serta yang aku pribadi ingin lihat adalah Aura, yang diangkat dari novel karya Romeo Tanaka.

Dari sisi OVA, satu yang patut diperhatikan adalah seri Ghost in the Shell Arise yang merupakan sekuel baru dari GITS lagi.

Ada juga Otona Joshi no Anime Time (ini agak enggak tentu keluarnya, tapi bukan OVA?), yang merupakan cerita-cerita lepas seputar kehidupan kaum perempuan.

Oya, buat yang penasaran slot Noitamina, musim ini akan diisi dengan penayangan ulang dari kedua belas episode Katanagatari, kalau tak salah dengan lagu-lagu pembuka dan penutup baru.

Masih ada beberapa judul lain yang kelihatannya aku lupa.

Kabar-kabar lainnya akan kutambahkan nanti.

(Sumber dari ANN)


About this entry