Nisemonogatari – Karen Bee (news)

Jadi, bab pertama dari Nisemonogatari, Karen Bee, belum lama ini berakhir pada episode ketujuh. Seperti yang kuperkirakan sebelumnya, dua bab seri ini sepertinya menjadi semacam penghubung bagi paruh cerita seri Monogatari yang berikutnya. Nyaris semua tokoh yang berperan dalam musim tayang sebelumnya (Bakemonogatari) tampil kembali di sepanjang bab ini. Lalu secara tersamar (gara-gara banyaknya fanservice!) dibeberkan lumayan banyak petunjuk dan foreshadowing tentang masalah-masalah yang para tokoh ini akan hadapi dalam perkembangan cerita ke depan. Maksudku, bila kita memperhatikan cerita dari novel-novel aslinya yang ditulis oleh Nisio Isin, apa-apa yang akan mereka alami sesudah cerita Nisemonogatari ini berakhir.

Kesanku sejauh ini? Aku agak merasa tim animator di studio animasi SHAFT kali ini sudah berlaku agak terlalu seenaknya. Ada banyak adegan fanservice dan referensi acak terhadap anime lain (mulai dari Akira sampai ke Hokuto no Ken) yang secara tiba-tiba dilontarkan ke dalam cerita. Dan hal ini, kayak yang mungkin aku pernah bilang, menjadi distraksi yang menjadikan banyak sekali hal penting tentang ceritanya menjadi tersamar.

Sebenarnya, hal serupa terjadi juga di Bakemonogatari sih. Gara-gara cara penyampaian ceritanya melalui dunia yang terkesan sureal ini. Tapi hal tersebut di Nisemonogatari terasa lebih lagi, dan membuat ceritanya jadi terkesan tak berbobot—walau hal itu sebenarnya bisa agak dimaklumi, mengingat luasnya cakupan cerita, serta gimana ‘sajian utama’ yang sebenarnya masih bakal dihadirkan nanti. (Satu detil penting yang gampang terlupakan oleh penonton adalah bagaimana Senjougahara  turut kehilangan ‘kemampuannya untuk merasa’ saat berat badannya hilang oleh si kepiting di Bakemonogatari, dan alasan tersebut menjelaskan mengapa kepribadiannya bisa aneh dan ekstrim pada cerita sejauh ini.)

Eniwei, seperti yang sudah kukatakan juga sebelumnya, Nisemonogatari berfokus pada kedua adik perempuan si tokoh utama, Araragi Koyomi, yakni si enerjik Araragi Karen dan si rumahan Araragi Tsukihi, yang masih duduk di bangku SMP. Sikap naif kedua adiknya dalam bertingkah sebagai pembela kebenaran membawa mereka pada masalah serius saat harus berhadapan dengan Kaiki Deishuu, musuh lama yang telah menjadi salah satu penyebab tak langsung keretakan keluarga Senjougahara Hitagi, sekaligus masalah kutukan ular yang menimpa Sengoku Nadeko dan teman-teman SMP-nya.

Ada kabar bahwa masa tayang Nisemonogatari hanya 11 episode. Sehingga bila melihat bagaimana bab Tsukihi Phoenix yang berikutnya akan hadir, memiliki panjang yang kurang lebih sama dengan Karen Bee, gelagatnya bakal ada episode-episode yang akan dirilis sebagai ONA lagi deh. Tapi soal itu, mari kita lihat saja perkembangannya nanti.


About this entry