Tahun Baru 2012

Huaho. Lama enggak ada kabar.

Aku malas basa-basi, jadi ayo langsung pasang mode business as usual.

Enggak banyak yang kuingat tentang tahun 2011, selain dari kenyataan aku berusaha nge-blog dengan lebih serius. Kurasa beberapa kali aku sempat kelepasan make mode seenaknya dan tulisan-tulisanku berasa ga objektif atau ga guna lagi. Tapi terlepas dari semua itu, kurasa tahun 2011 merupakan tahun yang penuh kejadian, dan karenanya sebenarnya ada banyak materi yang bisa ditulis.

Mungkin aku bisa menulis lebih banyak seandainya aku bisa lebih disiplin dalam membagi waktu sih.

Eniwei, di tahun yang lalu, pasaran anime sudah mulai saturasi dengan segala sesuatu yang moe. Tapi ada banyak juga hal menarik yang muncul darinya kok. Kuperhatikan, di sekitar pertengahan tahun, muncul semacam semangat nostalgia akan hal-hal lama yang sudah berlalu. Seri baru Last Exile: Ginyoku no Fam menjadi hal pertama yang bisa kukatakan menyangkut hal ini. Diikuti sejumlah seri lain yang merupakan remake atau reboot yang terdahulu. Aquarion Evol, HxH, lalu yang terkini adalah kabar mengenai Eureka Seven Ao. Hei, apa Fate/Zero masuk ke dalam hitungan? Tahun 2010 mungkin berakhir dengan agak stagnan, tapi tahun 2011 kurasa ditandai dengan lumayan banyak harapan.

Dari segi manga, yang paling jelas kuingat dari tahun ini kurasa adalah semakin tenarnya Shingeki no Kyojin serta berakhirnya Fullmetal Alchemist. Damn, dari segala hal ga jelas yang beredar sekarang, nampaknya suatu karya berkualitas pasti akan muncul dari waktu ke waktu.

Kalau tak salah, ada banyak tokoh hebat yang wafat di sepanjang tahun ini. Seperti penulis manga Alive serta sutradara anime thriller psikologis itu.

Segi game? Hmm, aku tak akan terlalu masuk ke sana. Aku cuma memainkan game-game lama. Selebihnya, kurserahkan pada masing-masing orang. (Love Plus, anyone?)

Buatku pribadi, kurasa sepanjang tahun ini aku lumayan menekuni Umineko no Naku Koro Ni serta kelanjutannya, Umineko no Naku Koro Ni Chiru. Aku belum lama ini sadar betapa sampahnya ulasan yang pernah kubuat tentang dua itu. Jadi aku akan membuat tulisan baru yang lebih baik tentang keduanya dalam waktu dekat. Visual novel itu benar-benar mempengaruhiku sedemikian rupa. Membuatku sadar betapa dengan kekuatan pemahaman, kita bisa menaklukkan segalanya, termasuk tragedi-tragedi paling menyakitkan sekalipun. Gara-gara itu pula aku jadi kehilangan minat akan beragam VN lain. Nanti saja kita lihat apakah aku bisa menulis lebih banyak tentang media ini tahun depan.

Kurasa… aku lumayan mengikuti perkembangan Gundam Unicorn juga. Serta menga Crossbone Gundam yang telah ada di Web cukup lama ini akhirnya kubaca juga. Iya juga ya, kurasa aku bahkan menonton Gundam F91, dan bahkan Char’s Conterattack lagi. Mungkin karena kini aku sudah lebih dewasa, ceritanya juga lebih bisa kudalami. Kurasa aku perlu secepatnya menulis sesuatu tentang ini.

Dari semua koleksi anime lama yang dengan susah payah kukumpulkan dan tinggal kutonton, masih tersisa Xabungle dan Cowboy Bebop yang benar-benar ingin kulihat.

Oh ya. Dari segi light novel, wow, kayaknya ada lumayan banyak yang bisa kuulas. Di samping dengan semakin tenarnya sejumlah judul lama, satu kejadian penting pada tahun 2011 ini adalah terbitnya seri terbaru Suzumiya Haruhi setelah sekian lama (dan bahkan terjemahan fansnya!). Tapi aku sendiri belum baca, jadi maaf karena aku juga belum menulis apa-apa tentang ini.

Kalo kupikir lagi, berkat Supercell, kurasa di tahun ini juga aku diperkenalkan lebih jauh pada dunia program penyanyi manga (Vocaloid) di Web. Ada banyak lagu lepas yang lumayan kusuka.

Yah, kehidupan pribadiku sendiri lumayan mengalami gonjang-ganjing.

Jadi buat tahun ke depan, mari kita berusaha jadi orang yang lebih baik lagi.

Stay good and healthy, guys. Thanks for all your visits and support to my humble blog.

Make yourselves a great new year!


About this entry