World of Dreams – Kozue Amano

Sejujurnya, aku benar-benar enggak tahu apa-apa tentang Kozue Amano selain kenyataan bahwa beliau pengarang seri Aqua dan Aria, drama kehidupan sehari-hari tentang kehidupan para pengayuh gondola di kota air Neo Venezia yang berlatar di planet Mars sesudah mengalami terraformasi. Sehingga tatkala aku melihat kumpulan cerita pendek (one-shot) World of Dreams (sori, aku lupa judul aslinya) karya beliau di toko buku hasil terbitan mnc, selama sesaat aku tak yakin harus bereaksi gimana.

Perlu kukatakan, bukannya aku tak pernah tertarik pada Aria (yang diserialisasikan di paruh awal dekade 2000an, aku hanya merasa lebih tergila-gila pada seri-seri lainnya waktu itu: notabene seri-seri shonen macam RAVE dan GetBackers. Karena itu, mungkin karena ingin memenuhi rasa penasaran masa lalu, aku beli kumpulan komik pendek ini dan syok saat mendapati… INI KUMPULAN KARYA BELIAU DARI TAHUN-TAHUN 90AN!!!

Membaca-baca, aku dengan segera mengenali bagaimana teknik penggambarannya belum secanggih sekarang, dan Amano-sensei jelas belum mendapatkan gaya proporsi karakter khas beliau. Aku juga agak merasa ditipu karena ilustrasi sampulnya merupakan hasil penggambaran ulang dari beberapa karakter cerita di dalamnya. Makanya meski tampilan luarnya luar biasa menarik, halaman-halaman dalamnya–bagi mereka yang tak tahu siapa Kozue Amano–mungkin akan lumayan mengecewakan.

Tapi, bicara soal cerita-ceritanya sendiri, nuansa atmosfer beliau yang khas sudah mulai terlihat di dalamnya. Lazimnya ceritanya seputar suatu pengalaman fantastis berlatar sekolah (ada beberapa yang benar-benar aneh dan kekanakan sih). Gaya gambar karakter beliau bisa kita telusuri cirinya–tapi jelas artwork-nya pada masa itu sama sekali belum se-wah yang sekarang (bentuk-bentuk karakternya masih agak kotak, jadi daripada manga zaman sekarang pada umumnya, komik ini agak terkesan kayak kumpulan komik anak-anak).

Kualitas cetaknya agak meragukan sih, dengan kertas yang agak tembus pandang. Tapi terjemahannya lumayan dan narasi komik ini–meski cerita-ceritanya agak aneh–bisa dibilang bagus.

Satu-satunya hal yang agak kusayangkan adalah gimana mnc kurang menyatakan ini komik merupakan kumpulan cerita hasil karya siapa yang dikenal karena apa. Seperti yang mereka lakukan dengan kumpulan cerita pendek Watase Yuu dulu. Namun, yah, bila kau menggemari Kozue Amano, kurasa tak ada salahnya jika kau memiliki buku ini. Apalagi jika kau… ehem, seseorang yang merasa terinspirasi dengan gaya gambar beliau di Aria… ehem.


About this entry