Gundam AGE (news)***

Jadi, ada kabar tak disangka yang akhirnya keluar.

Melalui edisi Juli dari majalah komik Corocoro Comic terbitan Shogakukan, diberitakan soal bagaimana pengembang game Level 5 telah diminta untuk membantu pembuatan seri anime baru(!) Mobile Suit Gundam AGE yang akan dirilis musim gugur ini.

Katanya seri ini akan berkisah tentang tiga generasi pilot yang akan menggunakan sebuah unit Gundam untuk melawan sebuah musuh tak dikenal dalam Perang Seratus Tahun. Tokoh utama pertama adalah Furitto Asuno, yang ikut mengembangkan Gundam AGE-1 yang dilengkapi dengan sistem pembelajar mandiri AGE System. Kedua adalah Asemu Asuno, putra Furitto. Lalu yang terakhir adalah Kio Asuno, keturunan terakhir Furitto yang mewarisi Gundam. Gundam AGE-1 sendiri kabarnya bisa dikustomisasi menjadi Gundam AGE-1 Titus untuk tambahan tenaga dan Gundam AGE-1 Sparrow untuk tambahan kecepatan.

Tokoh-tokoh lain meliputi Emily, teman sejak kecil Furitto; Gulldeck(?), komandan dalam pasukan Federasi Bumi sekaligus kapten kapal induk Diva; serta Mires yang juga menjadi salah satu awak Diva.

Terlepas dari konsep ceritanya yang cukup di luar dugaan, sesuai bayanganku, seri AU baru ini mengikuti gaya ‘kartun’ yang pertama diangkat oleh G Gundam, meski desain mecha ‘mentah’-nya sendiri agak mengingatkan akan Gundam 00. Desain karakternya sendiri menyerupai desain anime untuk anak-anak ala Inazuma Eleven, tapi kuharap itu kelak takkan mengurangi bobot ceritanya. Sudah direncanakan sejak awal bahwa seri ini juga akan merambah ke plamo, game, dan permainan kartu. Tapi untuk suatu alasan, segala seri Gundam yang berbau kekanak-kanakan sejauh ini tak pernah benar-benar mengecewakan kok.

Keterangan dan gambar lebih lanjut lebih baik kalian cari sendiri. Tapi bila ada tambahan keterangan dari pengumuman tanggal 13 Juni nanti, akan kutambahkan pula di sini.

EDIT

Berdasarkan pengumuman resmi tanggal 13 Juni 2011, sutradara seri ini ditetapkan adalah Susumu Yamaguchi, sutradara sebagian besar film Keroro Gunso. Akihiro Hino, presiden Level 5, akan memantau penyusunan cerita. Desain mecha dibuat oleh Kanetake Ebikawa, Junya Ishigaki, dan Kenji Teraoka.

Soal sutradara, buatku tak ada masalah. Terlepas dari ceritanya, aku lumayan suka cara seri-seri Keroro Gunso dibawakan. Jadi menurut pendapatku, kita bisa optimis bahwa hasilnya takkan ngawur, sekaligus berharap akan adanya suatu kejutan.

Sayangnya, desain mechanya sejauh ini enggak bisa kukatakan keren. Mungkin cuma sebatas sekeren-kerennya RX 78-2. Aku enggak tahu apa ini disengaja. Tapi secara pribadi, Beginning Gundam dari Gunpla Builders masih lebih menarik perhatianku dibandingkan bentuk fisik Gundam AGE-1.

Sedikit tambahan soal mecha, masing-masing generasi sepertinya akan menerima versi upgrade dari Gundam pendahulu mereka. Jadi Gundam AGE-2 untuk Asemu dan Gundam AGE-3 untuk Kio. Tentu saja, detil wujud Gundam yang akan digunakan oleh keduanya masih belum diketahui.

Satu hal yang membuatku sangat penasaran adalah bagaimana persisnya keterlibatan Level 5 dalam proyek ini. Aku bisa mengerti jika mereka juga kelak akan mengembangkan versi game-nya. Tapi perlukah mereka sampai terlibat secara integral dalam proyek anime ini juga?

Aku sebelumnya lupa mengatakannya, tetapi sebagian besar staf animasi Gundam 00 akan kembali terlibat dalam seri ini. Jadi aku benar-benar berharap seri ini secara teknis akan bagus.

EDIT Lagi

Maaf update-nya agak telat, tapi sesuai dugaan, diberitakan bahwa Level 5 turut mengembangkan sebuah game bergenre RPG dari seri ini. Itu menjelaskan alasan mengapa mereka sangat terlibat dalam produksi anime-nya, dan keterlibatan mereka sejak awal seakan menunjukkan keseriusan mereka dalam menggarap proyek game ini.

Selain itu, video promo awal dari anime Gundam AGE sudah bisa diakses dari luar Jepang. Link-nya adalah sebagai berikut.

Melihat video promo itu, hasil akhirnya sepertinya akan persis sebagaimana bayanganku, dan menurutku sama sekali enggak bisa dibilang jelek. Mengikuti gaya khas Tomino, ada mecha-mecha aneh menyerang sebuah koloni lalu ada anak yang kemudian harus menggunakan Gundam. Segalanya terkesan retro tapi dengan visual modern. Gundam AGE-1 terlihat seperti perpaduan antara Gundam Exia dengan RX-78-2. Enggak keren sih, tapi kelihatan enak dilihat. Jelas didesain agar mudah digambar oleh anak-anak. Rasanya serupa seperti waktu melihat cuplikan adegan film layar lebar propaganda di movie Gundam 00 itu loh. Ada… semangat aneh yang bisa bikin terkesan.

Yang bikin aku masih penasaran sekarang adalah siapa yang akan menjadi ‘tokoh Char’-nya.

Bicara soal lain, aku sempat memperkirakan ini, tapi sama sekali tak menyangka ini akan menjadi nyata: ada proyek Gundam lain yang baru akan diumumkan tanggal 25 Juni nanti. Apa mungkin seri OVA atau proyek layar lebar lain? Apa sitasinya akan seperti kasus movie Gundam F91 dan Gundam 0083 yang dulu dirilis pada waktu hampir bersamaan? Yah, mari kita tunggu dan lihat nanti.

EDIT (18-7-2011)

Terjemahan ringkas dari info lebih lengkap yang dimuat di situs Zeonic Republic.

  • Perencanaan: Sunrise
  • Karya asli: Hajime Yatate & Yoshiyuki Tomino
  • Sutradara: Susumu Yamaguchi
  • Komposisi Seri/Cerita: Akihiro Hino
  • Desain Karakter Orisinil: Takuzou Nagano
  • Desain Karakter: Michinori Chiba
  • Desain Mekanikal: Kanetaka Ebikawa, Junya Ishigaki, Kenji Teraoka

Latar cerita: Di masa antariksa ketika emigrasi ke koloni-koloni luar angkasa dimulai berabad-abad sebelumnya. Perang perebutan kekuasaan di Bumi telah berakhir dan nampaknya sebuah era penuh kedamaian telah tiba. Tapi kedamaian dan ketenangan itu runtuh…

Sejarah:

  • AG 101 (Advanced Generation): Koloni luar angkasa Angel diserang musuh misterius UE (‘unknown enemy‘ – musuh tak dikenal) dan hancur. Tragedi ini dikenal sebagai ‘The Day the Angel fell‘ (hari malaikat jatuh). Semenjak saat itu, UE terus menimpakan kesulitan dan penderitaan bagi para penduduk di Bumi dan orbit sekitarnya.
  • AG 108: Peperangan dengan UE terus berlanjut. Koloni luar angkasa Ovan yang damai kemudian diserang. Di sana, Furitto (Flit?) Asuno yang berusia tujuh tahun kehilangan ibunya dalam peperangan. Oleh ibunya, Furitto dipercayakan memroy unit AGE DEVICE yang diturunkan dari generasi ke generasi. Di dalamnya, tersimpan cetak biru dari mobile suit kuno yang dulu diyakini pernah menjadi penyelamat: Gundam. Furitto kemudian mewarisi cita-cita ibunya dan bertekad untuk suatu saat menuntaskan pembuatan Gundam.
  • AG 115: Kini berusia lima belas tahun, Furitto dibawa ke pangkalan tentara Federasi Arinston di koloni luar angkasa Nora. Selama tujuh tahun ia telah bekerjasama dengan para peneliti di markas tersebut hingga akhirnya menyelesaikan pembuatan Gundam. Gundam dilengkapi dengan suatu perangkat pembelajaran mandiri bernama Age System yang memungkinkannya untuk terus berevolusi. Waktu yang ditakutkan akhirnya tiba, dan UE akhirnya sampai ke Nora…

Tambahan:

Beberapa karakter lain yang menonjol adalah Emily Armond, gadis teman masa kecil Furitto yang juga telah kehilangan ibunya; Dike Gunhale, teman sekelas Furitto dan Emily yang memandang Furitto sebagai rival, serta Vargas Dyson, kakek Emily yang bekerja sebagai kepala insinyur di Arinston.

Dari pihak tentara Federasi, selain Grudech Aynor yang memimpin Diva, hadir pula Millais Alloy, perwira wanita yang menangani komunikasi kapal; Lurgan Drace, komandan salah satu tim MS di Diva; serta Wolf Eniacl, pilot as Federasi yang dijuluki White Wolf dengan naluri tempurnya yang bagai binatang.

MS produksi massal milik Federasi yang dibuat khusus untuk menghadapi UE dikenal dengan nama Genoace. (Wolf memiliki Genoace  versi custom untuknya sendiri)

Age System merupakan bentuk digitasi dari hasil penelitian keluarga Asuno tentang konsep evolusi dari segala makhluk hidup. Bersama dengan bertambahnya data yang terkumpul dari pertempuran, sistem tersebut juga akan berevolusi. Agar bisa tumbuh dan berkembang bersama pilot, sistem ini bersifat unik bagi pilot yang terdaftar. Pada titik cerita ini, baru Gundam yang digunakan Furito saja yang memiliki sistem ini.

Age Device merupakan memory unit yang diwarisi secara turun temurun dalam keluarga Asuno. Di dalamnya terkandung data konseptual dasar dari Age System serta cetak biru dari Gundam. Data ini merupakan hasil kompilasi dari penelitian mandiri yang dilakukan keluarga Asuno. Semacam kombinasi rekaman teknologi yang terakumulasi dari masa lalu.

Yang baru diketahui tentang UE hanyalah MS Gafran milik mereka yang dapat berubah dari bentuk humanoid ke bentuk naga.

Komentar pribadiku: Premis ceritanya makin menarik. Sepertinya tak tertutup kemungkinan bahwa seri ini merupakan kelanjutan dari era UC.

(dari ANN, Zeonic Republic, dan sumber-sumber lainnya)


About this entry