Cencoroll

Cencoroll adalah sebuah episode anime pendek yang ditulis, dirancang, disutradarai, dan dianimasikan nyaris seorang diri(!) oleh manga-ka Atsuya Uki. Dirilis pada tahun 2009 dan diproduseri oleh Anime Innovation Tokyo dan Aniplex, episode berdurasi 30 menit ini mendapat sambutan sangat baik oleh nyaris semua orang yang menontonnya.

Aku ga akan banyak cerita, mengingat memang tak banyak yang bisa diceritakan. Tapi garis besar ceritanya adalah soal seorang remaja SMA bernama Tetsu, yang memiliki suatu makhluk peliharaan ajaib bernama Cenco, yang suatu hari kepergok rahasia kepemilikannya oleh seorang gadis bernama Yuki, teman sekolahnya yang bersifat ingin tahu, dan lalu serangkaian hal terjadi dan all hell breaks loose. Aku enggak mau spoiler, jadi aku cuma bakal bilang bahwa perkembangan ceritanya lumayan mengangkat alis. Beberapa bagian sengaja dibiarkan agak enggak jelas, tapi konsep dan eksekusi ceritanya luar biasa menarik. Tak cocok dengan semua orang, tapi sekali lagi, hasil akhirnya luar biasa menarik.

Ceritanya diangkat dari sebuah one-shot bernama Amon Game yang pernah Uki-sensei buat, yang kemudian memenangkan Grand Prix Award di majalah Afternoon Shiki terbitan Kodansha. Aku enggak tahu gimana jelasnya, tapi pada tahun 2006, Anime Innovation Tokyo memulai inisiatif untuk mensponsori animator-animator independen, dan Cencoroll terpilih menjadi proyek pertama mereka.

Dari segi teknis, anime ini terlihat kebagusannya terlepas dari segala keterbatasannya. Terlihat jelas bagaimana sebagian besar frame-nya dibuat menggunakan hasil editan foto. Lalu dari segi audio, ambience lebih banyak diandalkan, meski band Supercell menyumbang ‘Love & Roll’ sebagai lagu penutup (yang bagi yang mau tahu, dirilis satu album dengan ‘Kimi no Shiranai Monogatari’ yang menjadi lagu tema seri anime Bakemonogatari). Tapi sekali lagi kubilang, eksekusinya benar-benar bagus. Ditambah lagi keterlibatan Hiro Shimono dan Kana Hanazawa sebagai pengisi suara dua tokoh utama.

Aku agak telat menonton anime ini dan aku agak lupa untuk membahasnya pula. Tapi aku sengaja mencari-cari kesempatan untuk menontonnya, dan boleh dikata untuk anime satu episode, aku benar-benar puas menontonnya.

Gosipnya, sebuah sekuel sedang berada dalam pembuatan. Yah, kalau ada info lebih lanjut tentangnya, akan kukabari lagi nanti.

Penilaian

Konsep: A; Visual: B+; Audio: A; Perkembangan: A; Eksekusi: A; Kepuasan Akhir: A


About this entry