Gunpla Builders OVA

Belum lama ini, ada temanku yang menjual model kit Hi-Nu Gundam GPB Colors dari anime OVA Mokei Senshi Gunpla Builders Beginning G. Meski bukan mecha favoritku, Hi-Nu Gundam termasuk salah satu yang lebih kusukai dari yang lain. Sehingga setelah membelinya, aku jadi sedikit penasaran dengan anime yang darinya mecha ini berasal.

Sebenarnya, kabar tentang anime keluaran Sunrise (emang mana lagi?) ini sudah keluar lumayan lama. Semenjak perempat akhir tahun 2010 kalau tak salah. Tapi kejelasan tentangnya baru ada belakangan ini saja.

Seri ini sebenarnya agak sulit dikategorikan sebagai bagian dari seri Gundam, karena berlangsung di sebuah ‘dunia nyata’ di mana anime ‘Gundam’ jelas-jelas merupakan sesuatu yang ditayangkan di televisi. Plamo (plastic model) alias model kit dari berbagai mecha yang muncul di seri tersebut (Gunpla) diceritakan banyak digemari orang. Dan sisi fiksi dari seri ini terlihat pada kenyataan bagaimana model kit-model kit Gundam yang telah dirakit itu bisa ‘dipiloti’ oleh pemiliknya dalam permainan simulasi pertempuran Gunpla Battle. Para pemilik mengadu Gunpla yang mereka miliki dengan Gunpla lain sebagai bukti pertaruhan kecintaan dan kesukaan mereka atas hobi yang tak berbahaya ini. (cieh)

Anime ini mengetengahkan tokoh anak lelaki bernama Irei Haru (aku punya perasaan aneh namanya diadopsi dari nama salah satu desainer mecha Sunrise), yang sesudah bermain ke Odaiba untuk peringatan 30 tahun keluarnya mainan model kit Gundam (yang juga merupakan alasan keluarnya OVA ini) bersama ayah dan temannya yang lebih berpengalaman (aku lupa nama temannya… Kenta!), serta menyaksikan figur RX-78 Gundam raksasa, mulai menggemari hobi perakitan Gunpla sesudah membeli Gunpla-nya yang paling pertama: model kit orisinil langka Beginning Gundam.

Episode OVA ini memaparkan bagaimana awal mula ia merakit Gunpla tersebut, bagaimana ia mengkustomisasinya dengan bagian-bagian orisinil, dan tentunya, bagaimana performanya saat ia menggunakan Gunpla tersebut dalam kursi simulator Gunpla Battle. Tak ada konflik, plot, atau pertanyaan yang perlu kita pikirkan. Pada dasarnya, segala sesuatunya adalah tentang rasa cinta yang dimiliki oleh para otaku mecha. Mungkin OVA ini malah bisa dikatakan sebagai semacam promo untuk menyebarluaskan hobi perakitan model kit.

Beginning Gundam adalah satu dari beberapa MS orisinil yang sengaja dibuat khusus untuk seri ini. Desain bentuknya kurang lebih mengikuti bentuk RX-78. Tapi hasil akhirnya lumayan… uh, unik.  Pada saat model kitnya di dunia nyata keluar, sejumlah orang berpendapat desainnya jelek. Tapi setelah menyaksikan animenya sendiri, kurasa desainnya tak buruk-buruk amat. Maksudku, nuansanya pas dengan nuansa yang ditampilkan dalam seri ini.

Kalau aku diminta berpendapat, dengan RX-78 sebagai acuan untuk bentuk luarnya, struktur kerangka dasarnya mengingatkanku akan Turn A Gundam, sedangkan detil badannya sendiri mengingatkanku akan V2 Gundam. Kekhasan dari mecha ini adalah senjata beam saber-nya yang digunakan tiga sekaligus sehingga berbentuk menyerupai cakar. Lalu sesudah dikustomisasi, mecha ini jadi memiliki semacam medan cahaya yang digunakan sebagai pelindung bersama rangkaian bit. Rasanya sedikit dibuat-buat sih. Tapi mengingat nuansa kekanakan seri ini, hasilnya lumayan juga.

Mecha lain yang menonjol adalah Forever Gundam milik Boris Schauer, seorang Gunpla Meister (enggak, aku enggak lagi bercanda soal istilah ini) yang bisa melihat potensi bakat terpendam dalam diri Haru. Lelaki eksentrik berkacamata hitam ini menjadi semacam tokoh ‘Char’ bagi OVA ini, dan mecha yang dikemudikannya merupakan kustomisasi besar-besaran dari RX-78 sehingga bentuk badannya sampai menyerupai suatu versi ramping dari R-2 dari seri SRW OG. Di samping armor yang kokoh dan arnamen yang berat, sepasang tiang yang mencuat dari belakang punggungnya sebenarnya adalah pasangan funnel ganda yang juga dapat membentuk I-Field. Jujur saja, dengan segala keseriusannya yang berlebihan, Boris dan Gunpla-nya mungkin merupakan aspek paling berkesan dalam seri ini.

Mecha-mecha orisinil lainnya adalah Byaku Shiki, sebuah modif Hyaku Shiki milik teman Haru yang tidak berwarna emas; serta yang paling kontroversial, Beargguy, kustomisasi besar-besaran yang super imut dari teman perempuan Haru (aku juga lupa namanya Rina) atas Acguy, salah satu mecha Zeon yang paling tidak keren.

Sebagai penutup, bagiku ini bukanlah OVA yang memuaskan. Tapi OVA in mildly amusing dan  berkesan dengan cara yang aneh. OVA ini kurasa memang lebih ditujukan bagi kalangan penggemar plamo. Tapi mereka yang tak tahu apa-apa soal Gundam juga bisa menikmatinya kok. Tak jelas apakah OVA ini akan ada kelanjutannya atau tidak (terlebih dengan akan hadirnya seri Danboru Senki di musim semi mendatang yang menghadirkan premis serupa), tapi sebagai one-shot dan promosi plamo, sekaligus peringatan atas 30 tahun keluarnya Gunpla, OVA ini telah memenuhi fungsinya.

Penilaian (sebelumnya lupa)

Konsep: X; Visual: B; Audio: B+; Perkembangan: C; Eksekusi: A; Kepuasan Akhir: B-


About this entry