Patch Terjemahan SRW J

Ini enggak penting sih, tapi setelah penantian sekitar setahun semenjak diumumkan akan beres, tim romhacker yang dipimpin Kaioshin akhirnya menuntaskan proses hack dan penerjemahan independen dari game keren ini.

Buat yang belum tahu, Super Robot Taisen J atau Super Robot Wars Judgment merupakan satu dari sekian banyak game SRW (genre: SRPG) buatan Banpresto yang sempat keluar di konsol GameBoy Advance. Pertama dirilis pada tahun 2005, secara visual, ini adalah game SRW terkeren di konsol ini. Grafis dan animasinya halus serta desain karakter-karakter dan mecha-nya sangat menarik. Ceritanya, setahuku, dari segi plot mungkin memang bukan yang terbaik sih. Tapi sewaktu mencoba, aku amat terkesima saat mendapati betapa bagusnya kualitas editan naskah yang telah dilakukan oleh Deets. Segala event yang dihadirkan begitu enak diikuti dan terasa teramat sangat menarik. Karakter-karakternya terasa ‘hidup’ secara alami gitu, dan sebagai sesama penulis aku nyadar bahwa itu tak lain karena kualitas tulisannya.  Dari segi sistem, ada perombakan lumayan besar yang membuatnya agak berbeda dari yang lainnya. Sedangkan dari segi suara, yah, cukup lah. Game ini termasuk game SRW yang berkesan ‘kasual’ dengan tingkat kesulitannya yang relatif mudah serta visualisasinya yang apik. Karena itu, bagusnya kualitas naskah teramat berkontribusi terhadap kenikmatan game ini.

Ceritanya sendiri seputar hadirnya suatu faksi misterius yang sebenarnya merupakan penyebar benih kehidupan di Bumi. Mereka bermaksud melakukan ‘penghakiman’ terhadap tindak-tanduk orang Bumi yang masih mengobarkan peperangan bahkan hingga ke luar angkasa. Seri-seri yang dilingkupinya kali ini meliputi Gundam SEED, Martian Successor Nadesico, G Gundam, Tekkaman Blade, Combattler V, Mazinkaiser, SPT Layzner, Dancouga, Full Metal Panic! dsb. Ada dua tokoh utama yang bisa kita pilih, yakni remaja lelaki yang agak penakut bernama Touya Shun, serta perempuan 20an tahun yang memiliki masa lalu traumatis Calvina Coulange. Keduanya memiliki alur cerita berbeda yang sejauh yang kutahu, tak memiliki hubungan dengan satu sama lain. Lalu untuk awalnya, ada tiga robot yang dapat kita pilih. Salah satunya, Bellzelute, merupakan salah satu mecha Banpresto Original paling dikenal karena kerumitan detil desainnya. Kisah dibuka dengan bergabungnya kita sebagai awak kapal induk Nadesico yang akan dikirimkan dalam misi ke Mars. Tapi pengiriman pesawat pribadi berkekuatan tempur besar di tengah masa-masa perang ini menuai konflik dengan berbagai pihak. Yah, lalu satu dan lain hal terjadi dan cerita semakin berkembang.

Sama dengan kasus game-game SRW lainnya, akan ada benturan antar pemegang lisensi berbagai seri yang tercakup di dalamnya apabila game ini diterjemahkan secara resmi ke dalam Bahasa Inggris. Karena itu status translation patch ini bisa dikatakan relatif aman kok. Kalau bisa kalian memiliki cartridge game aslinya juga.

Bagi yang berminat untuk mengunduh, dapat melihat sendiri ke situs aerie.wingdreams.net.

Banyak kudos dan terima kasih atas semua kerja keras Kaioshin dan timnya.


About this entry