Anime(-anime?) Baru dari TYPE-MOON? (news)

Belum lama ini dikabarkan akan ada sejumlah adaptasi anime dari beberapa karya (tidak langsung) perusahaan pengembang visual novel TYPE-MOON.

Yah, aku penggemar karya-karya Kinoko Nasu. Jadi tentu saja aku memperhatikan berita-berita semacam ini. Tapi nampaknya beliau tidak terlihat terlalu berperan dalam apapun yang dibuat.

Pertama, adalah adaptasi anime dari Take Moon, yang pada dasarnya merupakan seri manga komedi yang mengetengahkan berbagai tokoh dari karya-karya TYPE-MOON yang sebelumnya, macam Tsukihime dan Fate/stay night. Manga aslinya dibuat oleh Takenashi Eri, yang tidak lain tidak bukan merupakan pengarang asli dari manga komedi Kannagi.

Aku sejujurnya nyaris enggak tahu apa-apa soal ini, jadi aku enggak bisa berkomentar banyak. Aku lumayan menyukai cerita-cerita doujin berdasarkan FSN, jadi kurasa aku bisa membayangkan intinya kayak apa. Cuma, yah, aku makin dewasa dan makin merasa ada lebih banyak karya lain yang lebih baik kuperhatiin. Jadi untuk yang satu ini aku enggak terlalu antusias.

Um, format adaptasi ini katanya akan berbentuk OVA, dan direncanakan untuk dirilis pada musim panas 2011. Lalu judulnya katanya akan diganti menjadi Carnival Phantasm. Yah, kita lihat saja kelanjutannya nanti akan gimana.

Berita kedua yang lebih mendebarkan adalah adaptasi anime dari Fate/zero, seri novel yang menjadi prekuel dari cerita dari Fate/stay night. Rangkaian novel asli ini ditulis oleh penulis Nitroplus Urobuchi Gen dengan layout cerita yang dibuat oleh Kinoko Nasu. Buat yang belum tahu, novel ini mengisahkan tentang Perang Cawan Suci keempat yang berlangsung sepuluh tahun sebelum cerita game-nya. Berbagai sejarah dan awal mula hubungan karakter dipaparkan dalam novel ini.  Tokoh utamanya adalah Emiya Kiritsugu, yang di akhir cerita kemudian menjadi ayah angkat Emiya Shirou yang merupakan tokoh utama FSN.

Aku sempat mengikuti novel-novelnya untuk beberapa lama. Meski gaya ceritanya berbeda dari gaya cerita Nasu-sensei, asal kau terbiasa, ceritanya lumayan seru kok. Semua tokoh Master dan Servant di dalamnya memiliki daya tarik simpatik mereka sendiri-sendiri, dan kau enggak bisa enggak meradang dalam hati karena tahu benar bahwa segalanya akan berakhir tragis.

Berita terakhir adalah soal adaptasi anime dari Girl’s Work, sebuah VN lain dari TYPE-MOON yang sejujurnya, juga belum kuketahui lebih banyak tentangnya. Aku bahkan dengar VN ini malah memang belum dirilis. Yang pasti, bukan Nasu-sensei yang menangani ceritanya. Penulis aslinya adalah dua penulis keluaran perusahaan Liarsoft, Hoshizora Meteo dan Myogaya Jinroku. Isinya kudengar adalah tentang bagaimana kota Shinjuku telah ‘menyatu’ dengan Paris. Soal plot, penokohan, ataupun yang lainnya sama sekali masih belum aku tahu.

Ini sebenarnya hal yang agak membingungkan, karena fenomena dibuat sebelum rilis gini rasanya belum pernah terjadi sebelumnya.

Visualisasi latarnya nampaknya bakal keren, seenggaknya. Seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut.

Berita lain lagi yang bukan soal anime adalah bakal dirilisnya VN Mahou Tsukai no Yoru pada minggu ini. Setelah penantian selama dua setengah tahun, judul ini akhirnya akan dirilis juga. Sejauh yang aku tahu, ceritanya didasarkan dari sebuah cerita pendek yang Nasu-sensei pernah buat. Intinya berkisar seputar hubungan antara dua bersaudari  Aozaki Tohko dan Aozaki Aoko, sesama penyihir (magus) yang masing-masing sebelumnya telah berperan dalam Kara no Kyoukai dan Tsukihime.

Detil lebih banyak akan kukabari nanti.

(sumber dari ANN dan Moetron)



About this entry