Anime Baru Musim Dingin 2010-2011 **

Yak, musim sudah hampir berganti lagi! Berikut daftar (sementara) dari judul-judul anime baru yang akan muncul di awal musim dingin akhir tahun ini. Tentu saja, kemunculan judul-judul baru ini masih akan berlanjut sampai awal tahun depan.

Hm, secara pribadi musim tayang kali ini kupikir cukup sarat dengan variasi. Ada banyak sekali hal menarik baru yang bisa dilihat, dan sebagian besar di antaranya benar-benar berpotensi untuk menjadi bagus. Tapi hal-hal baru tersebut masih harus bersaing dengan beberapa seri menonjol yang masih berlanjut dari musim lalu. Di samping itu, ada juga banyak studio pendatang baru yang muncul, jadi bagaimana perkembangan tren musim ini selanjutnya bisa dibilang sulit ditebak.

Seperti sebelumnya, OVA dan episode-episode spesial tak akan terlalu kubahas. (Walau dengan melihat judul-judul apa saja yang akan muncul, aku bisa saja berubah pikiran.) Jadi yang tertera di sini baru seri-seri TV yang baru saja.

—————————

Infinite Stratos (8-bit)

Diangkat dari sebuah seri light novel, mengisahkan tentang kehidupan seorang cowok bernama Orimura Ichika yang menjadi satu-satunya lelaki di dunia yang mampu menggunakan persenjataan eksoskeleton khusus Infinite Stratos. Ia kemudian memasuki IS Academy yang menjadi sekolah pelatihan bagi para pilot IS, dan menjadi seseorang yang teramat terkemuka di dalam struktur kemasyarakatan yang didominasi oleh perempuan.

Walau kesannya begitu, kudengar ini sama sekali bukan anime harem biasa. Aku pribadi memiliki ketertarikan terhadap ini lebih karena statusnya sebagai anime mecha. Untuk sisanya, aku masih perlu tahu lebih banyak. Studio yang menanganinya sama sekali belum pernah kudengar sebelumnya. Ada juga kabar samar-samar yang menyebutkan bahwa pengarang asli seri ini sudah meninggal, bahkan sebelum rencana pembuat anime ini sempat direalisasikan. Tapi lebih banyak soal ini kurasa akan kubahas lagi nanti.

Fractale (A-1 Pictures & Ordet)

Sebuah kisah aneh tentang sesuatu yang disebut ‘Fractale System’ yang berada di ambang kerusakan. Seorang bocah lelaki bernama Kurain mengembara untuk mencari gadis misterius bernama Furyune, dan dalam perjalanannya ia akan mengetahui rahasia-rahasia dari sistem ini.

Sial, belum ada lagi yang kuketahui selain itu. Tapi gambar-gambar yang sudah keluar sejauh ini tampak imajinatif dan menarik. Dunia yang melatari ceritanya tampaknya jenis dunia latar yang kusukai. Untuk segi teknis, studio pembuatnya juga bagiku tak perlu diragukan lagi.

Kimi ni Todoke 2 (Production I.G.)

Musim tayang baru dari anime drama remaja terkenal dari paruh awal tahun 2010. Melanjutkan kisah Kuronuma Sawako, siswi SMA yang dulu dijauhi karena nuansanya yang seram, dalam upayanya bersosialisasi semenjak ia jatuh cinta pada teman sekelasnya yang populer dan periang, Kazehaya Shota, yang merupakan satu-satunya orang yang tak berkeberatan mendekatinya.

Terus terang, cerita ini merupakan salah satu cerita genre shoujo paling menarik yang pernah kubaca, karena nuansa dramanya yang realistis, bisa menyentuh, tanpa menjadi terlalu cengeng ataupun berlebihan. Mereka yang berharap masih ada ‘lebih’ dari sekedar season pertamanya (karena, yah, manga-nya saat itu emang masih berlanjut) tanpa kuragukan bakal senang dengan kelanjutan ini. Soal teknis? Musim tayang seri ini sebelumnya merupakan salah satu keluaran Production I.G. yang terbaik—kurasa karena ‘mentahannya’ yang emang kuat.

Gosick (BONES)

Mungkin kalian sudah pernah dengar tentang yang satu ini. Diangkat dari seri light novel misteri yang cukup terkenal meski tidak terlalu menonjol, anime ini berlatar di suatu tempat di Eropa, pada masa 1920-an, tentang seorang anak laksamana angkatan laut Jepang yang bersekolah di luar negeri, dan berkenalan dengan seorang gadis berambut pirang yang mempunyai kecerdasan dan keterampilan deduksi yang luar biasa. Hubungan antara keduanya terjalin seiring dengan banyaknya kasus yang mereka hadapi bersama. Cerita ini pada dasarnya adalah kisah tentang kehidupan mereka berdua.

Premis detektif-nya yang sederhana dipadu dengan latar Eropa gothic, memunculkan bumbu-bumbu legenda dan supernatural yang katanya membuat seri ini sulit untuk tak diikuti. BONES yang membuatnya. Kalian tahu sendiri orang-orang di sana mampu menghasilkan apa. Jelas ini salah satu judul baru yang paling direkomendasikan untuk musim ini. Konsepnya kuat, jadi kemungkinan ‘bakal jelek’-nya menurutku cukup kecil.

Beelzebub (Pierrot)

Diangkat dari manga Shonen Jump yang tengah naik daun, Beelzebub adalah seputar anak-anak SMA berandalan yang gemar berkelahi (dan tak terlalu pintar) serta balita anak Raja Setan yang telah dititipkan ke dunia manusia untuk dididik sebagai penghancur dunia.

…Um, percayalah. Ini salah satu komik cowok dengan peningkatan kualitas cerita paling besar yang pernah kubaca. Genre-nya lebih ke komedi sih, diselipi adegan-adegan aksi jotos-jotosan yang sebenarnya tak terlalu menarik perhatian. Tapi pada saat sedang konyol, Beelzebub benar-benar bisa mengocok perut, dan.. uh, tokoh-tokoh ceweknya lumayan menarik perhatian…

Wolverine (Madhouse)

Seri anime yang diangkat dari komik Marvel, seperti halnya Iron Man pada musim lalu.

Belum banyak yang kuketahui tentang yang satu ini. Tapi dengan desain karakter yang menuai kontroversi, serta dengan kesan ‘setengah hati’ yang Iron Man tampilkan pada musim sebelumnya, ada sejumlah keraguan apakah seri ini bakal bagus atau tidak.

Rio – Rainbow Gate! (XEBEC)

Sebuah anime yang sepertinya bertema tentang pachinko.

Tokoh cewek Rio yang berperan di dalamnya kabarnya pernah muncul beberapa kali dalam serangkaian game tentang pachinko, jadi kurasa premisnya menarik. Tapi maaf, lebih banyak tentangnya masih belum aku tahu. Mempertimbangkan bahwa XEBEC yang mengeluarkannya, ada peluang anime ini akan menjadi sebuah kejutan yang tak disangka.

Cardfight!! Vanguard (TMS Entertainment)

Seri anime tentang adu permainan kartu ala Yu-Gi-Oh! dan Duel Masters.

Maaf, aku belum tahu terlalu banyak tentang yang ini juga. Tapi perancang karakter dan sejumlah staf lain dari kedua seri di atas konon berkolaborasi dalam pembuatannya. Aku sejujurnya ingin tahu akan seperti apa perkembangannya nanti.

Usagigoya

Tayangan untuk anak-anak di pagi hari.

Maaf, aku belum tahu lebih banyak dari itu. Aku juga merasa tak perlu membahasnya. Tapi judulnya menarik ya?

Haiyoru! Nyarlko: Remember My Love (Craft-sensei) (DLE)

Seorang cowok, diserang alien monster, lalu diselamatkan seorang cewek yang tak lain adalah Nyarlko.

Merupakan serialisasi dari OVA yang keluar beberapa bulan lalu, seri ini pada dasarnya merupakan moe-fikasi dari Ctulhu Mythos yang terkandung dalam karya-karya sastra horor buatan mendiang H. P. Lovecraft. Hingga kini aku masih tak bisa menerima bagaimana Nyarlathothep, the Crawling Chaos, salah satu tokoh Lovecraft paling jahat sekaligus berpengaruh yang pernah diciptakan, digambarkan sebagai cewek moe (sekalipun di mythos aslinya dia memang bisa berubah wujud). Ada komentar tentang betapa cepatnya seri baru ini dibuat sesudah OVA menuai kecurigaan…

Kore wa Zombie desu ka? (Studio DEEN)

Seorang cowok pemalas mati dalam serangkaian insiden pembunuhan misterius dan dibangkitkan kembali sebagai zombie oleh seorang necromancer dan harus turut serta dalam melawan suatu kejahatan. Ada banyak ma(s?)hou shoujo yang saling bertempur di dalamnya.

Gaya gambarnya banyak mengingatkanku akan game-game buatan Sting. Aku sejujurnya kurang begitu tertarik dengan premisnya. Tapi bila DEEN yang membuatnya, kurasa hasilnya bisa dipastikan bakal lumayan. Sejujurnya, aku berpikir lebih baik bila tetap tak terlalu berharap untuk yang satu ini.

Starry Sky (Studio DEEN)

Tentang seorang cewek bernama Tsukiko yang bersekolah di sebuah SMA terpencil dan eksklusif yang belum lama ini menjadi sebuah sekolah khusus cowok. …Sepertinya dia telat menyadari bahwa baru dia seorang murid baru perempuan yang masuk.

Anime shoujo bergenre reverse harem. Maaf, baru segitu yang kuketahui tentangnya.

Mitsudomoe Zouryouchuu!! (Bridge)

Kelanjutan musim tayang pertama tentang tiga anak perempuan kembar yang begitu banyak ulah (mesum) serta guru SD baru (belum berpengalaman) yang ditugaskan menjadi wali kelas mereka.

Season pertama rupanya menuai cukup banyak perhatian, mengingat lelucon-leluconnya memang lumayan lucu (meski ada komentar-komentar bahwa ceritanya menjadi agak repetitif sih). Hal yang serupa sepertinya bisa diharapkan dari musim tayang kali ini. Perlu diperhatikan bahwa kabarnya hanya ada delapan episode yang dibuat, jadi dari segi kualitas bisa diharapkan akan ada peningkatan.

Suite Precure

Anime Pretty Cure kedelapan, sesudah Heartcatch Precure yang sebentar lagi tamat. (Heartcatch Precure kudengar benar-benar epik, btw)

Nyaris belum ada apapun yang bisa diberitakan tentang yang satu ini. Menilai dari posisi seri yang saat ini, sepertinya lebih banyak tentang yang satu ini baru akan diketahui sesudah pertengahan musim dingin.

Houkago no Pleiades (Gainax)

Dikerjakan bersama dengan produsen mobil Subaru. Sebuah anime untuk media promosi? (rasi bintang pleiades=subaru)

Karena Gainax yang membuatnya, hasil akhir anime ini kemungkinan besar hanya sangat bagus atau sangat jelek. Tampaknya ini sebuah anime ‘berwarna-warni’ generik dengan variasi tokoh-tokoh cewek. Sayangnya, belum banyak info yang diketahui tentang yang satu ini juga.

Hourou Musuko (AIC)

Nitori Shuichi, anak lelaki yang pemalu dan perasa, pindah sekolah dan bertemu dengan Takatsuki Yoshino yang tomboi. Dengan cepat keduanya berteman, dan tak lama kemudian saling menyadari bahwa keduanya sama-sama tak seperti yang terlihat…

Anime drama tentang crossdressing yang didasarkan pada karya Shimura Takako, yang membuat juga Aoi Hana. Ini bukan jenis tema yang kusukai. Tapi dari gelagatnya sih, sepertinya ini akan jadi seri drama yang lumayan kuat.

Yumekui Merry (J.C. Staff)

Tentang seorang cowok bernama Fujiwara Yumeji, yang suatu ketika berjumpa dengan seorang gadis bernama Merry yang ternyata berasal dari dunia mimpi. Dari sana, ia pun mengetahui bahwa dirinya juga memiliki kemampuan misterius untuk memasuki mimpi orang.

Tentang yang satu ini juga, aku belum tahu banyak Tetapi sutradaranya sejauh ini menghasilkan karya-karya yang cukup bermutu. Kurasa ini salah satu seri yang bakal jadi bagus karena eksekusinya yang kuat.

Dragon Crisis (Studio DEEN)

Karena terseret keadaan, seorang cowok bersama sepupu ceweknya menolong seorang gadis misterius dari incaran pedagang-pedagang pasar gelap. Ternyata gadis kecil yang diselamatkan itu adalah seekor naga, dan semenjak saat itu entah mengapa tak mau lepas dari si cowok. Si cowok kemudian harus melindunginya dari orang-orang yang memburunya.

…Sayangnya, belum ada komentar yang bisa kukatakan tentang yang satu ini. Apa iya premisnya hanya segini? Pasti ada info lain yang masih disembunyikan ‘kan?! Aku tak tahu banyak tentang stafnya. Tapi ini bisa jadi sesuatu yang sangat menarik perhatian.

Freezing

Tentang seorang cowok bernama Kazuya yang kehilangan kakaknya dalam pertempuran melawan serbuan makhluk-makhluk dimensi lain. Ia kemudian bergabung dengan Genetics, akademi militer yang mempersiapkan orang-orang demi menghadapi serbuan makhluk-makhluk ini. Di sana, ada kelompok cewek bernama Pandora yang sepertinya juga mempersiapkan diri untuk menghadapi suatu musuh lain yang belum dikenal…

Sepertinya, ide dasarnya adalah anime fanservice dengan adegan-adegan pertarungan yang biasa. Tapi bukan. Kalau memperhatikan artwork promosinya serta jajaran staf yang membuatnya, sangat mungkin anime ini bakal menjadi sesuatu yang lebih dari itu.

Oniichan no Koto Zenzen Suki Janain Dakara Ne–!!

Belum ada info.

Ahaha. Judulnya terdengar mencurigakan. Jadi untuk saat ini aku tak mau berkomentar banyak.

Level E (Pierrot & David Production)

Didasarkan pada manga lawas karya Togashi Yoshihiro (bahkan sebelum beliau membuat Yuyu Hakusho dan Hunter x Hunter), tentang serangkaian insiden ‘misterius’ tatkala bumi secara diam-diam kedatangan berbagai ras makhluk luar angkasa yang kemudian berbaur dengan masyarakat manusia.

Aku pernah baca manganya. Pada dasarnya ini seri bergenre sci-fi bersifat episodik, yang diwarnai unsur-unsur komedi dan suspens ala Togashi-sensei, yang banyak dibangun melalui dialog dan tokoh-tokoh tak lazim. Kabarnya, anime ini merupakan anime dengan staf dan biaya produksi paling mencolok untuk musim ini. Mengingat manganya merupakan salah satu manga paling cerdas (keren) yang pernah kubaca, aku susah membayangkan bagaimana ini akan bisa lebih keren lagi. Tapi dari gelagatnya, sepertinya akan begitu sih…

Mahou Shoujo Madoka Magica (SHAFT)

Sepertinya, tentang seorang gadis muda biasa baik hati yang berandai-andai ia bisa membantu mengabulkan permohonan orang lain melalui sihir…

…tetapi bila menilik jajaran nama yang terlibat dalam staf produksinya, akan langsung ketahuan bahwa orang-orang yang membuatnya ini sama sekali bukan orang-orang yang akan membuat genre ceria seperti mahou shoujo begitu saja. Secara pribadi, ini adalah seri anime paling mencurigakan yang keluar di musim ini.

Phi Brain: Kami no Puzzle (Sunrise)

Dibuat untuk saluran pendidikan NHK, berkisah tentang seorang anak bernama Kaito yang terpilih sebagai salah satu kandidat Phi Brain karena kekuatan mental yang dimilikinya. Bersana Nonoha, teman semenjak kecilnya, ia menemukan sebuah teka-teki (puzzle) tak terpecahkan yang tersembunyi di bawah puing-puing misterius yang terletak tak jauh dari sekolahnya, dan secara mengejutkan, berhasil memecahkannya. Ia lalu mengetahui bahwa teka-teki tersebut hanyalah satu dari sekian banyak teka-teki berbahaya yang dapat mengancam nyawa manusia, yang dibuat oleh organisasi misterius bernama POG. Ia dan orang-orang lain yang telah berhasil memecahkan beragam teka-teki POG, kemudian berkelana untuk memecahkan beragam teka-teki POG yang masih tersebar di seluruh penjuru dunia.

Premisnya mengingatkanku akan game-game Professor Layton di NDS. Aku masih sulit membayangkan bagaimana hasil akhir anime ini, dan dari segi staf,  belum diperlihatkan nama-nama yang menurutku menonjol. Tapi mengingat Sunrise yang membuatnya, kurasa kita bisa mengharapkan visual yang keren dan kualitas cerita yang solid. (Ah, judul yang satu ini masih tentative. Aku sendiri belum yakin ini keluarnya kapan.)

——————-

Dari sejumlah polling, Kimi ni Todoke dan Infinite Stratos menempati posisi lumayan atas. Gosick dan Fractale tampaknya cukup dinantikan di luar Jepang. Sementara Kore wa Zombie Desu ka? dan Mitsudomoe tampaknya lumayan menarik perhatian di Jepang berdasarkan polling di Dengeki Online-nya ASCII Media Works.

Kelihatannya tahun 2011 akan dibuka dengan lumayan banyak kejutan.

Oya, soal anime Oniichan no Koto Zenzen Suki Janain Dakara Nee–!!. Inti ceritanya tentang seorang adik cewek yang kelimpungan dalam upayanya membuat si kakak cowok memandangnya sebagai ‘wanita’, sampai saat ia menyadari bahwa sosok dirinya sama sekali tidak ada dalam album foto keluarga mereka di masa lalu. Aku kurang tahu banyak, tapi sepertinya seri ini telah memiliki kalangan penggemarnya tersendiri juga…

First Impressions

Episode pertama  Cardfight!! Vanguard baru membahas peraturan dari permainan kartu yang baru ini. Jadi untuk saat ini aku belum bisa banyak berkomentar. Ceritanya sendiri cukup standar: tentang anak lemah yang kebetulan memiliki suatu kartu langka yang karena di-bully, kehilangan kartu tersebut, dan kemudian berkesempatan memenangkannya kembali dalam satu permainan baru yang sebenarnya belum pernah dimainkannya sebelumnya. (ini mungkin cuma perasaanku, tapi mendadak aku merasa judul ini pernah diumumkan pada pertengahan tahun lalu)

Jelas terlihat bahwa ini untuk promosi mainan sih. Jadi kurasa kau takkan menemukan sesuatu yang berarti darinya. Tapi bila kau tertarik dengan permainan Cardfight Vanguard ini, mungkin tak ada salahnya jika kau periksa.

Infinite Stratos sesuai dugaanku diawali dengan cukup tipikal. Tapi kualitas teknisnya bagus. Animasinya katanya keren. Dan menurutku, dan beberapa orang lain, potensi yang tersembunyi di dalamnya masih cukup besar. Yah, tapi jujur saja. Sebaiknya jangan terlalu berharap. Dengan premis mecha dan harem-nya, sudah jelas bahwa seri ini takkan sesuai dengan selera sejumlah orang. Para penyuka galge kurasa akan lumayan memperhatikannya.

Gosick dengan tokoh-tokohnya yang manis memiliki penggambaran latarnya yang solid. Ada beberapa unsur tipikal anime sih, dan secara umum karakterisasinya kurang menonjol. Kurasa akan perlu waktu sampai seri ini benar-benar berkembang. Tapi di sisi lain, perkembangannya nampaknya benar-benar akan susah tertebak.

Aku sudah tahu bahwa Madoka Magica takkan berakhir sebagai anime mahou shoujo biasa. Episode satu menunjukkan penggambaran arsitektur yang mencengangkan dan pemaparan premis tipikal mahou shoujo dengan gaya visual yang gelap/abstrak. Aku punya perasaan ceritanya bakal berkembang menjadi lumayan serius. Sentuhan khas dari orang-orang yang terlibat di dalamnya benar-benar terasa. Meski mungkin takkan berakhir menonjol, kurasa bisa dipastikan ini akan jadi tayangan yang cukup berkesan.

Oniichan no Koto… um, sepertinya tak bisa kukomentari banyak. Secara teknis ini lumayan sih. Tapi, yah, begitulah…

Yumekui Merry sepertinya dimulai dengan premis standar. Seperti biasa, ada banyak hal aneh khas anime di dalamnya.  Tapi entahlah. Sepertinya hanya kalangan tertentu yang memperhatikan seri ini. Dari reaksi orang-orang, seri ini tampaknya memiliki daya tariknya tersendiri, cuma aku masih kurang mengerti di mana.

Rio – Rainbow Gate ternyata adalah anime berbumbu fanservice dengan jalinan cerita yang agak gimanaa gitu… Inti ceritanya tentang semacam kompetisi internasional untuk menjadi dealer terhebat di dunia. Jadi ceritanya bukan hanya sekedar soal pachinko. Dari berbagai segi, sayangnya ini takkan menjadi salah satu judul yang direkomendasikan.

Masih dari seri yang menonjolkan fanservice, Freezing secara tak terduga juga menampilkan gore. Nuansanya scara mengejutkan dipertahankan serius dan agak berbau fiksi ilmiah. Inti ceritanya, ada orang-orang berkekuatan khusus yang hadir untuk menyelamatkan umat manusia dari serbuan semacam ras makhluk asing. Tapi orang-orang berkekuatan ini membutuhkan orang-orang khusus lain untuk membuka kekuatan mereka, dan si tokoh utama termasuk salah satu di antara orang khusus tersebut. Di samping konflik, intrik, fanservice ala Ikkitousen, ternyata juga ada aspek shotacon. Sebenarnya menurutku konyol sih. Tapi kurasa ini akan lumayan menarik bagi orang-orang yang menyukainya.

Mistudomoe Zoryochu!! sepertinya agak sulit dinikmati penonton baru dengan premisnya yang memang mengejutkan. Tapi para penonton musim tayang sebelumnya sepertinya akan cukup puas.

Buat Beelzebub, kalian lebih baik lihat sendiri untuk memastikan daya tariknya ada di mana. Ini seri aksi komedi yang menjanjikan dan lumayan solid.

Kore wa Zombie Desu ka? ternyata jauh lebih absurd dari yang kubayangkan. Agak berat di sisi moe dan fanservice, tapi banyak yang setuju bahwa eksekusinya benar-benar bagus. Menarik bagi mereka yang menyukai tema-tema aneh yang lazimnya ditemukan di galge.

Dragon Crisis! sebenarnya secara teknis  lumayan. Bahkan bagus. Aspek audionya menurutku sangat menonjol. Lalu ide perseteruan perburuan harta karun di dalamnya menarik perhatianku. Hanya sayang, konsepnya terkesan terlalu dibuat-buat. Karakterisasinya lumayan datar.  Ini seri yang sangat menarik bagi mereka yang tak keberatan dengan segala kekliseannya. Aku juga baru tahu kalau ini diangkat dari sebuah LN.

Level E menjadi seri yang memiliki efek-efek visual yang ‘wah’. Terlepas dari itu, karena sulit digambarkan dan sangat lain dari yang lain, aku cuma bisa bilang bahwa seri unik ini  bagus dan bakal tetap bagus. Sekalipun nuansanya agak retro…

Wolverine yang baru menampilkan reimaji atas tokoh Logan. Nuansa angst-nya agak dikeluhkan oleh sebagian orang. Tapi kebanyakan sepakat bahwa ini sepertinya akan lebih menarik dari Iron Man, adaptasi anime dari komik Marvel lainnya, yang ditayangkan pada musim lalu.

Soal Kimi ni Todoke, episode pertama season baru dari drama remaja ini sebagus yang kubayangkan. Emosi mendalam dan kegundahan yang para tokohnya rasakan seiring bergulirnya waktu benar-benar tersampaikan. Mereka yang menyukai musim tayang yang pertama (dan para penggemar WAFF lainnya) jelas akan menyukai musim tayang yang kali ini.

Soal Starry Sky, nuansa reverse harem sayangnya sepertinya menjadi hal utama yang ditonjolkannya. Tapi tak seperti bayanganku, ini dibagi per babak untuk masing-masing cowok. Jadi bayangkan saja Amagami SS buat cewek.

Hourou Musuko berawal dengan agak abstrak dan mungkin akan membingungkan orang-orang yang belum membaca manga-nya. Tapi ini benar-benar sebuah drama solid yang akan banyak mengingatkan pada kelembutan Aoi Hana dengan tema-nya yang sama-sama kontroversial.

Fractale memiliki nuansa yang sangat mirip film-film animasi Studio Ghibli. Dari segi presentasi, tak semenonjol bayanganku. Tapi peranan sang sutradara (dari Lucky Star dan Suzumiya Haruhi) dan pencetus ceritanya (yang aku lupa siapa, tapi dia orang penting kok) seakan menjanjikan adanya sisi lain yang tak disangka.

Soal Nyaruani, itu ternyata seri dengan episode-episode pendek berdurasi tak sampai 5 menit. Selebihnya, kurasa ini lumayan bagi mereka yang menyukai hal-hal konyol.

Ada sedikit kabar baru tentang sudah tayangnya dua episode pertama Showa Monogatari, salah satu anime yang katanya dijadwalkan untuk musim semi yang akan datang. Sejauh yang kutahu, ini sebuah period drama tentang kehidupan sehari-hari di Jepang pada tahun 1960-an. Meski katanya presentasi teknisnya tak semenonjol yang lain, kudengar konsepnya down-to-earth dan pemaparannya terhadap kehidupan tak terpaku dari satu sudut pandang saja. Mungkin ini bukan sesuatu yang bakal diikuti orang, tapi kupikir ada baiknya ini tetap kusebutkan.

Kalau ada kabar-kabar lain, akan kutulis lagi.

(dari sumber-sumber yang biasa)


About this entry