Code Geass GAIDEN: Boukoku no Akito (news)

Aku mesti akui kalau aku telat menulis tentang ini. Padahal kabarnya sudah keluar sekitar akhir April lalu. Benar-benar sedang banyak urusan belakangan. Jadi terkadang beberapa berita baru yang mestinya kutuliskan di blog ini agak terlewatkan. Tapi sial, ini soal Code Geass!

Eniwei, pada keluaran blu-ray picture drama/live panggung Code Geass: Lelouch no Rebellion Kiseki no Birthday, disertakan trailer yang memperlihatkan seri baru ini: Code Geass GAIDEN: Boukoku no Akito. Kata ‘gaiden’ menunjukkan bahwa ini cerita sampingan, yang artinya takkan terlalu terikat dengan seri aslinya. Sedangkan subjudulnya katanya berarti ‘Akito dari negeri yang hancur’, meski aku merasa ada semacam arti lain. Format kelanjutan anime populer yang telah dikabarkan produksinya semenjak November 2009 ini juga masih belum jelas apa. Tapi meski sejumlah fans mengharapkan adanya seri TV lagi, gelagatnya lebih ke arah movie atau OVA.

Premis ceritanya sendiri cukup… menarik.

Berlatar waktu di a.t.b. 2017, jadi sekitar lima tahun sesudah akhir Code Geass R2, peperangan di seluruh dunia diceritakan masih belum sepenuhnya berakhir. Di suatu tempat di Eropa (Skandinavia? Ada latar kastil di trailer-nya), sepasukan kecil devicer Knightmare Frame yang terdiri atas sejumlah anak(?) dari Area 11 diterjunkan ke panasnya kancah pertempuran untuk menjalankan suatu misi yang hanya memiliki persentase keberhasilan sebesar 5%.

Desain karakter maupun mecha sama sekali masih belum ada. Tapi ada sejumlah pengumunan tentang staf. CLAMP masih akan bertanggungjawab menangani desain karakter, yang selanjutnya disesuaikan lagi oleh Kimura Takahiro. Sedangkan posisi sutradara kali ini akan diduduki oleh Kazuki Akane (yang dikenal sebagai sutradara Noein, Birdy the Mighty Decode, serta seri Tenkuu no Escaflowne yang legendaris) yang menggantikan posisi Taniguchi Goro. Goro-sensei sendiri bersama tangan dingin Okouchi Ichirou masih akan bertanggung jawab atas konsep cerita. Desain mecha akan kembali ditangani Yasuda Akira.

Sejauh ini tanggapan fans cukup antusias. Sama sekali tak ada masalah berkenaan pergantian sutradara, dan bahkan Kazuki-sensei diharapkan mampu melengkapi sejumlah kekurangan yang Taniguchi-sensei dulu miliki (seperti membuat penonton larut dalam suasana, bukan hanya memperhatikan belaka).

Kabar lebih lanjut tentang ini akan kutulis.

EDIT 21-4-2012

Aku kurang yakin apa yang membuatnya makan waktu lama. Tapi telah ditetapkan belum lama ini kalau formatnya adalah OVA 6 episode. Masing-masing episode akan dirilis dalam rentang bulanan (ala Gundam Unicorn?), jadi sabar saja bagi yang berminat mengikutinya ya.


About this entry