Gundam 00F

Mobile Suit Gundam 00F adalah side story pertama dari Gundam 00 yang dirilis dalam format komik. Seri ini berlatar pada rentang waktu yang sama dengan kedua season seri TV-nya, dan mengisahkan sejumlah ‘kejadian di balik layar’ yang dialami oleh kelompok pendukung organisasi paramiliter Celestial Being, Fereshte, yang keberadaannya lebih dirahasiakan dibandingkan tim intinya sendiri.

Penggambar seri ini adalah sang maestro komik Gundam, Tokita Koichi. Meski artworknya yang rapih dan gaya narasinya yang sederhana masih ia pertahankan, seri ini memiliki nuansa yang berbeda dari sebagian besar cerita Gundam yang pernah ada. Segala elemen yang lazimnya kamu asosiasiin dengan sebuah seri Gundam sebaiknya kamu lupain. Seri ini bukanlah seri gaiden yang biasa! Aku mengalami cukup banyak kesulitan untuk memahami apa persisnya yang berlangsung di sepanjang seri ini. Karena itu, tulisan ini mungkin akan mendapatkan tambahan update di masa yang akan datang.

Seri ini juga terkait secara langsung dengan Gundam 00P yang berlatar 15 tahun sebelumnya. Ada banyak sekali elemen yang berhubungan di antara keduanya, sehingga orang-orang yang setidaknya belum mengikuti jalan cerita seri TV Gundam 00, akan sangat kesulitan untuk mencerna cerita ini.

Sebagai contoh, di awal cerita, kita tiba-tiba saja diperkenalkan kepada para anggota Fereshte yang tengah membahas tentang deklarasi pertanyaan ‘perang terhadap perang’ yang CB buat. Kita tidak diberi tahu secara jelas mereka siapa. Kita tidak diberi tahu secara konkrit kegiatan mereka itu apa. Kita hanya tahu bahwa mereka itu ada, dan melalui diskusi mereka satu sama lain, kita diberi pemahaman lebih tentang situasi dunia pada saat seri TV-nya berlangsung. Kita bahkan tak diberi porsi adegan-adegan pertempuran! Sehingga tak mengherankan ada sejumlah penggemar yang malas mengikuti Gundam 00F karena memandangnya sebagai cerita yang ‘enggak penting’ dan ‘enggak jelas.’

Angel

Pemimpin Fereshte adalah Chall Acoustica, mantan Gundam Meister generasi kedua yang mengusulkan dibentuknya kelompok terselubung yang mendukung kinerja tim utama pada superkomputer kuantum Veda. Tugas utama kelompok ini lazimnya terkait dengan penghapusan jejak serta pengumpulan data. Seperi halnya tim utama, mereka juga menggunakan Gundam, tapi tidak seleluasa tim utama.

Gundam Meister andalan mereka ialah Fon Spaak, seorang kriminal setengah psikopat yang bekerja paksa(?) untuk CB karena tidak mendukung ideologi Aeolia Schenberg. Kedua tangannya biasanya berada dalam keadaan terborgol, dan di lehernya terpasang kalung yang mengandung peledak yang dapat diledakkan dari jarak jauh. Kedua borgol di tangannya hanya dilepas pada saat ia mengendalikan MS.

Bertindak sebagai pilot cadangan adalah pemuda emosional bernama Eco Calore, yang merupakan salah satu kandidat Meister untuk Gundam Exia sebelum Setsuna F. Seiei akhirnya terpilih.

Mendukung mereka di bagian mekanik adalah Sherilyn Hyde, gadis kecil penurut yang merupakan murid langsung dari Ian Vashti.

Lalu koneksi Fereshte dengan Veda dilakukan melalui terminal data berkecerdasan buatan Hanayo yang menyerupai Haro, hanya saja memiliki variasi berupa kuping kucing.

Tokoh-tokoh inilah yang menggunakan Gundam-Gundam generasi kedua yang telah disesuaikan ulang: Gundam Astarea Type F, Gundam Sadalsuud Type F, Gundam Abulhool Type F, serta Gundam Plutone Type F dalam membantu tim utama CB menjalankan tugasnya melakukan interrvensi bersenjata. Keempat Gundam ini tidak lain tidak bukan adalah keempat Gundam yang sama-sama muncul di Gundam 00P. Hanya saja keempatnya kini memiliki motif dasar berwarna merah, serta tidak pernah dipergunakan secara bersama. Keempat Gundam tersebut digunakan bergantian sesuai dengan kebutuhan misi, meski Fon biasanya lebih memilih menggunakan Gundam Plutone Type F untuk menghilangkan kenangan buruk yang Chall miliki terhadap Gundam tersebut.

Alasan rotasi ini terungkap melalui kenyataan bahwa Fereshte hanya memiliki satu GN Drive saja, yang digunakan pada tiap Gundam secara bergantian. GN Drive tersebut juga ternyata tidak lain tidak bukan adalah GN Drive orisinil yang dulu pernah dipergunakan pada 0 Gundam, yang merupakan Gundam pertama yang pernah ada, yang nantinya digunakan pula pada 00 Gundam di seri TV season kedua.

Seiring perkembangan cerita, GN Drive ini kemudian menjadi objek perebutan sesudah kemunculan Team Trinity dalam misi intervensi CB di Gurun Taklamakan. Pada klimaks paruh pertama cerita, Team Trinity menuntut diserahkannya GN Drive 0 Gundam atas perintah Veda, yang dengan demikian menandai pula pembubaran Fereshte.

Memiliki keyakinan yang sama dengan Hanayo bahwa Veda telah dibajak, Fon bersama Hanayo kemudian menantang Team Trinity dengan menggunakan Gundam Plutone Type F. Namun sebagai hukuman atas pembangkangannya, kalung bom mini yang Fon kenakan kemudian diledakkan. Lalu dalam keadaan sekarat, Fon menjadi bulan-bulanan Gundam Throne Zwei yang dikemudikan Johann Trinity.

Di saat Nena Trinity membeberkan identitas asli Fon sebagai Robert Stad Jr. yang menjadi teroris pemerintahan bagi Union, Hanayo akhirnya untuk pertama kalinya memutuskan untuk menentang perintah Veda dengan mengaktifkan Core Fighter Plutone persis saat Gundam Plutone meledak. Saat itulah terungkap pula bahwa yang tersembunyi di dalam Hanayo tidak lain adalah kepribadian tokoh Gundam Meister 874 dari Gundam 00P.

Nyawa Fon akhirnya terselamatkan berkat kontak diam-diam yang Chall lakukan dengan Joyce Moreno dan Ian Vashti. Moreno menyelamatkan Fon, sedangkan Ian meng-upgrade Gundam Astarea Type F menjadi Gundam Astarea Type F2, yang membuatnya memiliki kemampuan yang setara dengan keempat Gundam generasi ketiga (ya, termasuk Trans-Am, ternyata kesemua Gundam genereasi kedua juga punya).

Sesudah beberapa lama hidup dalam pelarian dan berkutat dalam pengumpulan stok, Fereshte memberikan dukungan terakhir mereka kepada tim utama dengan mengumpulkan kembali GN Drive yang terlepas sesudah kehancuran kapal induk Ptolemaios pada episode terakhir season pertama seri TV.

Meski mendapat protes dari Hanayo, sampai akhir Fon menolak untuk menolong para Meister yang ia pandang tak dapat membereskan masalah mereka sendiri…

Rondo of Fate

Paruh kedua Gundam 00F ditandai dengan kemunculan kembali Hixar Fermi, kawan lama Chall di Gundam 00P, bersama Hayana, gadis misterius yang memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Hanayo. Latarnya adalah pada rentang waktu empat tahun yang memisahkan kedua season seri TV.

Keduanya membajak Gundam Sadalsuud Type F—yang telah dilengkapi GN Drive Gundam Kyrios dan GN Sniper Rifle—dari Fereshte, dan bermaksud menggunakannya untuk menghentikan konflik yang sebentar lagi akan berlangsung di Breakaway Limit Zone HRL.

Belum mengetahui peran Hixar yang sebenarnya, Fon memburunya dengan menggunakan Gundam Abulhool Type F, sementara terminal data Hanayo telah rusak parah akibat tindakan Hayana (yang memiliki semacam dendam) terhadapnya. Terungkap kemudian bahwa Orbital Elevator HRL menjadi sasaran dari serangan bom teroris, dan Fon beserta Hixar menjadi satu-satunya pihak yang dapat mencegah serangan tersebut.

Inilah awal dari hubungan ‘persaingan’ antar Fon dan Hixar, yang diperuncing sesudah Fon, dengan membawa Gundam Astarea Type F2, dan Hanayo, meninggalkan Fereshte—yang dipandangnya tak lagi memberikan apa yang ia harapkan—sementara Hixar bersama Hayana melakukan hal sebaliknya dengan menjadi bagian dari Fereshte.

Meski keberadaan Hixar menuai konflik, Chall sadar bahwa Fereshte membutuhkannya. Fon di sisi lain untuk sementara bernaung di bawah organisasi pemberontak Kataron yang melakukan perlawanan terhadap tirani militer yang dilakukan Perserikatan Bangsa-bangsa. Sosok sebenarnya Astarea sebagai Gundam berhasil ia sembunyikan dengan lihai.

Konflik terakhir seri ini dimulai saat Fon mengaktifkan kembali kapal induk pabrik CB Euclides demi mewujudkan rencananya untuk menjatuhkan asteroid raksasa ke Bumi. Rencana teror gilanya ini sebenarnya merupakan kedok untuk memancing keluar dalang sesungguhnya dari kekacauan yang terjadi di CB. Keberhasilannya ditandai dengan kemunculan pilot Innovade Bring Stabity yang menggunakan sebuah tiruan Gundam Plutone berwarna hitam—Black Plutone, yang dibuat sebagai landasan pengembangan MS Innovade baru: Gadessa.

Kemunculan Bring menyadarkan Fon akan keberadaan para Innovade, sekaligus adanya kemungkinan bahwa ia sendiri bukanlah seorang manusia. Dengan demikian pula, Hanayo memutuskan untuk tidak lagi menyembunyikan apa-apa dari Fon.

Pertempuran terakhir pecah dengan munculnya Hixar yang datang untuk memburu Fon. Fon memperlihatkan keberpihakannya yang sesungguhnya saat Bring memutuskan untuk maju untuk meladeni Hixar. Bring mengungkapkan keberadaan Hixar yang sesungguhnya sebagai seorang Innovade pengumpul informasi. Namun Hixar menolak untuk tunduk pada perintahnya dan memutuskan untuk tetap melawannya sebagai seorang manusia.

Fon pada akhirnya berhadapan dengan tiruan berwarna hitam dari Gundam Astarea, Gundam Sadalsuud, Gundam Abulhool, serta Gundam Plutone sekaligus. Sementara Hixar, yang berhasil memukul mundur Bring dengan membuat celah pada GN Tau Field Black Plutone dengan tembakan berulangkali dari Gundam Sadalsuud Type F, harus berhadapan dengan tiruan Sefer Rasiel yang dikemudikan tak lain oleh klon tiruan dirinya dan Grave Violento, almarhum rekannya dari Gundam 00P.

Di akhir cerita, Fon dengan mengaktifkan Trans-Am berhasil muncul sebagai pemenang. Hixar di sisi lain berhasil memutus ikatan masa lalunya dengan menghancurkan klon dirinya dan Grave. Bring yang bertahan hidup meloloskan diri. Chall memutuskan untuk membubarkan Fereshte, menggabungkan timnya bersama mereka yang masih tersisa dari tim utama CB, agar bisa turut membantu dalam pengembangan senjata-senjata baru yang akan diperlukan dalam peperangan ke depan. Hixar dan Hayana kemudian meninggalkan CB dan menghilang entah ke mana. Fon bersama Hanayo secara diam-diam melacak keberadaan Veda, dan berhasil tiba di kapal induk raksasa Celestial Being di mana Veda tersimpan.

Namun upaya Fon dan Hanayo untuk mengambil alih kembali Veda menemui kegagalan, saat mereka berhadapan dengan dalang sesungguhnya dari segala yang telah terjadi: Ribbons Almark

Last Support

Akhir cerita Gundam 00F yang sangat menggantung menuai tanggapan yang cukup uh, ‘beragam.’ Dari awal hingga akhir, seri ini terus melontarkan berbagai teka-teki yang seolah tak berhubungan dengan  seri TV-nya, tanpa memberi kejelasan lebih lanjut mengenai apa-apa yang terjadi. Itulah alasan mengapa seri ini kurang menarik bagi kalangan pembaca umum!

Meski demikian, kalau kita mencoba memperhatikan dengan lebih seksama, ada sejumlah hal menarik yang akan bisa kita temukan.

Pertama, soal GN Drive. Hanya satu GN Drive yang digunakan Fereshte semakin menegaskan betapa langka dan berartinya benda yang konon hanya dapat dibuat di orbit Jupiter ini. Intrik perebutan GN Drive mewarnai konflik sesungguhnya yang berlangsung di seluruh dunia. Hal ini ditonjolkan pada paruh kedua cerita, di mana digambarkan betapa tentara PBB yang memulai penekanan militer terhadap negara-negara minor  mendapat pertentangan dari berbagai macam faksi dan PMC. Keunggulan yang mereka didapatkan hanya terwujud berkat kepemilikan mereka atas teknologi GN Drive tiruan yang telah dibocorkan kepada mereka, yang ditandai dengan munculnya MS-MS baru yang menjadi penerus GN-X, GN-XII yang selanjutnya menjadi landasan pengembangan MS Ahead.

Kedua, soal Fon Spaak, yang bisa jadi merupakan teka-teki terbesar seri ini. Siapa Fon sesungguhnya? Mengapa Ribbons memperhatikannya dengan begitu seksama, yang diindikasikan lewat percakapan misteriusnya dengan Regenne Regetta? Sesudah muncul beberapa kali sebagai satu unit misterius yang tak mengampuni sasaran-sasarannya, Fon juga diindikasikan pernah menjadi prajurit anak-anak di Timur Tengah seperti halnya Setsuna, karena ia turut mengenali Ali Al-Saachez dalam konflik yang berlangsung di Taribia. Meski demikian, apa benar tak ada makna lain di balik kesamaan penilaian yang mereka miliki sebagaimana yang dikisahkan dalam Gundam 00P? Apa benar dirinya bahkan bukan manusia?

Bring Stabity yang mendapat porsi kurang menonjol seri TV mendapat porsi tampil lebih banyak di seri ini. Kemunculannya menjelang akhir seri cukup mengingatkan kita pada Beside Pain yang memainkan peran serupa di Gundam 00P. Hixar dari Gundam 00P kembali tampil, meski dengan sifat yang teramat berbeda dibanding sebelumnya. Hayana yang menemaninya tentu sudah bisa ditebak tak lain adalah 887, kecerdasan buatan terpisah yang diciptakan dari Meister 874, yang memendam amarah terhadap ‘kakaknya’ akibat ditelantarkan selama 5 tahun.

Adalah suatu hal yang menarik pula bahwa di antara para anggota tim inti CB, adalah mekanik Ian Vashti-lah yang sesungguhnya paling berpengetahuan tentang struktur sesungguhnya dari CB. Lebih lanjut tentang sepak terjang pria paruh baya keren ini dirangkum dalam seri novel Gundam 00V Senki.

Pada akhirnya, tak banyak lagi yang bisa kukatakan tentang Gundam 00F, selain bahwa ini merupakan seri ini dengan cerita yang cukup solid, yang memenuhi perannya dalam memaparkan detil-detil tambahan dari seri TV-nya. Sebab pada dasarnya seri ini memang agak ‘enggak jelas.’ Apalagi dengan sedikitnya porsi mecha dan aksi.

Sebenarnya, ada satu tambahan cerita lagi tentang Fon Spaak yang diungkap dalam edisi spesial Gundam 00P. Pada akhir cerita saat menemukan Celestial Being, Fon dikisahkan berhadapan dengan pasangan Innovade Hilling Care dan Revive Revival. Apakah detil sederhana ini akan memiliki peran penting ke depan, baru akan terjawab dalam cerita-cerita sampingan Gundam 00 ke depan.

Untuk saat ini, mari kita ikuti saja perkembangan cerita Gundam 00I sembari menantikan apa-apa yang akan movie-nya paparkan pada sekitar Oktober nanti.

· TCT (Toll Collector Terminal) :

–    Processor (CPU,  Memori Card, dll.)

–    Interface Card, I/O Card, dll.

Indikator Kesiapan Alat dapat dalam bentuk lampu signal, icon pada layar dan/atau buzzer.

· Operator Interface :

–    Keyboard (papan ketik)

–    Monitor / layar tampilan (screen display)

· LPR (Lane Printer) / Receipt Printer

· CST (Contactless Smart Card Terminal)

· LTS (Lane Terminal & Switch Box)

· IVS (Integrated Vehicle Sensor)

LND (Loop Entrance Detector)


About this entry