Gundam 00 Movie (news)*

Kurasa, setiap orang yang  mengikuti kedua season seri TV Gundam 00 pasti dibuat penasaran dengan film layar lebar yang dijadwalkan keluar pada paruh akhir tahun ini. Mempertimbangkan banyaknya elemen cerita yang diangkat dari Gundam Wing, sejumlah kalangan berpendapat film ini akan menjadi semacam Endless Waltz bagi Gundam 00. Singkat kata, banyak yang berasumsi film ini akan menjadi penerus cerita sekaligus penjelasan akan hal-hal yang masih belum jelas.

Beberapa hal yang sudah jelas diketahui tentang Gundam 00: A wakening of a Trailblazer (sub judul kurang lebih berarti ‘terjaganya seorang penanda jejak’)  antara lain:

  • versi upgrade dari keempat gundam yang sudah ada ditambah bermacam mecha produksi massal terbaru
  • tampil kembalinya semua(?) tokoh lama
  • cerita yang berhubungan dengan ekspedisi ke Jupiter bertahun-tahun lalu
  • latar waktu dua tahun sesudah berakhirnya season 2
  • tokoh antagonis baru, seorang Innovade yang bekerja untuk Federasi bernama Descartes Shaman
  • makna sesungguhnya dari rencana besar Aeolia Schenberg

Beberapa hal yang belum jelas diketahui antara lain:

  • kisah akan berhubungan dengan ter-inovasinya sejumlah penduduk Bumi, ditandai dengan bangkitnya gelombang otak kuantum mereka, yang selanjutnya berhubungan dengan upaya sebuah pihak (Federasi?) dalam mengekang keberadaan mereka
  • munculnya kembali sosok serupa Nena Trinity (Innovade?) yang bekerja sebagai peneliti (tunggu, apa ini bukan Sumeragi?)
  • akan kembali tampilnya Gundam Dynames (apa ini masuk akal?)
  • Celestial Being kehilangan salah satu (atau dua?) GN Drive dalam pertempuran sebelumnya (yang Seraphim? atau yang 0 Gundam?), dan cerita akan berhubungan dengan upaya mereka untuk mendapatkan GN Drive yang baru (ke Jupiter?)
  • kapal induk raksasa Celestial Being menjadi markas pusat baru grup Celestial Being, dan di dalamnya mereka menemukan sesuatu di luar dugaan
  • Allelujah dan Marie menemukan sesuatu berkenaan masa lalu mereka dalam perjalanan mereka mengelilingi Eropa (yang belum diketahui secara persis tujuannya apa)
  • Graham Aker akan memainkan suatu peranan penting dalam cerita
  • Tieria akan menggunakan antarmuka superkomputer Veda untuk menonton episode-episode lama Gundam Wing
  • Masalah pairing yang senantiasa dipermasalahkan oleh para fans akan terselesaikan secara tuntas

Yang paling jelas diketahui soal movie-nya sendiri untuk saat ini adalah desain mecha-mecha-nya yang baru, yang jujur saja menuai banyak sekali tanggapan berupa rumor dan spekulasi.

00 Gundam Quan[T] (baca: kuanta) yang dikemudikan Setsuna konon ditemukan desainnya oleh Tieria di lapisan Veda yang paling dalam. Fungsi yang dimainkan 0-Raiser untuk menstabilkan keluaran twin drive system tampaknya sudah terintegrasi di dalamnya. Jelas-jelas terinspirasi dari Nu Gundam, mecha ini memiliki sebentuk perisai besar di tangan kiri yang sudah dipastikan menjadi tempat penyimpanan sederet sword bit. Karena GN Sword baru yang mecha ini miliki jauh lebih ramping dan tipis (dan keren) dibanding sebelumnya, serta tidak menunjukkan gelagat bisa berfungsi sebagai senjata jarak jauh (sejauh yang ditampilkan trailer-nya), koleksi sword bit ini diyakini akan memenuhi kebutuhan mecha ini untuk serangan-serangan jarak jauh. Meski demikian, kemampuan meluncurkan beam berukuran besar tetap diduga bisa dilakukan dari bahu mecha ini seperti sebelumnya.

Gundam Zabaniya yang Lockon kemudikan menjadi desain baru yang paling menarik perhatian para penggemar. Dibangun di atas kerangka Cherudim akibat kendala finansial yang CB harus atasi, Zabaniya dipersenjatai habis-habisan dengan cara yang tak terbayangkan oleh fans manapun. Penyimpan misil(?) berukuran tebal, sejumlah shield (rifle?) bit, sepasang pistol seperti dulu, Zabaniya jelas tetap mengandalkan gaya tempur tembak-menembak seperti sebelumnya. Persenjataan berat yang kini dimilikinya banyak mengingatkan orang akan Gundam Heavyarms dari Gundam Wing, tapi dengan jumlah sekitar tiga kali lebih banyak dan tersembunyi di berbagai sudut bagian tubuhnya.

Gundam Harute yang dibangun di atas kerangka Arios (dan tetap bisa berubah wujud menjadi pesawat) juga menarik perhatian karena sejumlah alasan. Desainnya secara garis besar lebih ramping dan aerodinamis. Tambahan di punggungnya tampaknya diadaptasi dari apa yang dimiliki GN Archer. Mungkin sebagai pengembangan dari penjepit, Harute menggunakan sepasang bayonet di kedua belah tangannya. Tapi yang paling menarik adalah dugaan bahwa bit-bit pun tersembunyi di balik sayapnya. Mecha satu ini pun dikabarkan akan dikendalikan berdua(!) oleh Allelujah dan Marie.

Gundam Raphael milik Tieria menjadi mecha yang paling menyisakan tanda tanya. Keberadaan senjata-senjata berat yang bisa lepas-pasang tampaknya tetap menjadi ciri khasnya. Tapi soal apakah mecha ini memiliki ‘sisi lain’ atau Trial System seperti para pendahulunya, hingga kini masih belum ada kejelasan yang pasti. Yang pasti, desainnya yang lebih ‘langsing’ tampaknya menjadi pertanda bahwa mecha ini masih menyimpan suatu kejutan…

Mecha baru yang menjadi pengembangan Flag konon ditonjolkan sebagai pengganti MS massal Ahead, yang dipandang terlalu diasosiasikan dengan A-LAWS. Mecha ini dikenal sebagai Brave, yang juga bisa berubah wujud menjadi pesawat.

Ada berita yang menarik tentang mecha baru ini. Konon jenis Brave yang Graham gunakan memiliki sepasang(!) GN Drive Tau. Dengan kemampuan berubah bentuk, senjata melee yang dikembangkan dari pedang ‘getar’ yang dulu Union punya, sangat mungkin mecha ini akan menjadi salah satu desain favoritku sepanjang masa! Detil lebih banyak tentang ini sayangnya masih belum kuketahui.

Berkenaan MA yang konon akan digunakan oleh sang antagonis, masih belum ada kejelasan pula soal detilnya bagaimana. Tapi tampaknya sudah menjadi suatu kepastian bahwa Descartes ini, siapapun dia dan apapun tujuannya, tidak akan bekerja sendiri.

Terlepas dari soal movie di atas, yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan soal Gundam 00 adalah semakin bertambahnya media pelengkap dan side story pada tahun-tahun belakangan. Semua media tambahan ini memberi tambahan lebih pada latar dunia Gundam 00 yang memang belum tergali secara optimal sepanjang seri TV-nya.

Buset. Lagi-lagi aku kebanyakan ngomong. Lebih banyak soal itu akan kubahas di kemudian hari.

Tambahan Update

Dari salah satu promo, sudah diklarifikasi bahwa sumber masalah yang akan dihadapi Setsuna dkk adalah pecahan besar pesawat peneliti Jupiter dari masa 130 tahun lalu yang secara perlahan semakin mendekati Bumi (Celestial Being?). Di dalam kapal ini, konon terkandung rahasia sesungguhnya dari awal mula peperangan yang harus Setsuna dkk hadapi, yang sekaligus akan membawanya pada makna sesungguhnya dari perubahan dirinya menjadi Innovator.

Lebih banyak soal itu, akupun tak tahu. Tapi tampaknya premis awalnya cukup menjanjikan.


About this entry