Gundam 00 (End, Season 2)

Empat bulan telah berlalu semenjak menara Orbital Elevator Afrika hancur dalam insiden kudeta yang dilancarkan faksi Hercules. Sesudah melewati masa pelarian selama empat bulan, pihak Celestial Being yang dimotori Setsuna dkk di kapal Ptolemaios II akhirnya berhasil mengumpulkan cukup kekuatan untuk menghancurkan senjata pemusnah massal Memento Mori Mk.II yang ditempatkan di luar angkasa–pemicu awal terjadinya insiden di atas.

Namun dalam kurun waktu tersebut, pasukan A-LAWS telah semakin menancapkan kekuasaan mereka di muka bumi. Sebagian besar pihak yang melawan kekejian mereka telah berhasil dilenyapan. Sisa-sisa kelompok pemberontak Katharon telah melarikan diri ke luar angkasa. Sementara Ribbons Almark, dengan dukungan komputer super Veda di belakangnya, telah memulai tirani  melalui pengendalian arus informasi terhadap dunia.

Hanya ada satu cara yang bisa Celestial Being lakukan untuk membalikkan keadaan: menemukan keberadaan Veda, merebutnya kembali, atau bahkan menghancurkannya sebelum mereka sendiri dihancurkan.

Bayang-bayang Para Innovator

Upaya CB untuk menawan salah seorang Innovator dan memeras informasi darinya menemui kendala saat Anew Returner, anggota baru di kapal sekaligus kekasih Lockon Stratos, berkhianat dan membantu Revive Revival yang tertawan melarikan 0-Raiser. Anew ternyata merupakan mata-mata yang sengaja ditempatkan di dalam CB dan seperti halnya Louise Halevy, pikirannya turut dikendalikan oleh Ribbons Almark.

Meski Anew akhirnya harus tewas secara tragis, kesedihan yang merundung harus mereka singkirkan karena datangnya transmisi dari Wang Liu Mei, agen mereka yang telah lama menghilang. Liu Mei rupanya telah mendapatkan kode koordinat lokasi Veda dari Regene Regetta, dan berpesan akan menyerahkan koordinat itu secara langsung kepada mereka di koloni luar angkasa Eclipse yang telah lama ditinggalkan. Namun Liu Mei dan pengawalnya, Hong Long, pada saat yang sama tengah diburu oleh Nena Trinity yang mengkhianati mereka akibat campur tangan Regene. Setsuna dan Saji Crossroad memang akhirnya berhasil mendapatkan kode koordinat yang dijanjikan, tapi keadaan berubah menjadi sangat genting saat Louise dan Mr Bushido muncul atas perintah Ribbons. Louise di satu sisi kemudian membalas dendam kematian keluarganya terhadap Nena, sementara Mr Bushido menantang Setsuna bertarung untuk yang terakhir kali–sebuah pertarungan yang semakin mematangkan evolusi Setsuna sebagai seorang Innovator alami.

Setsuna dkk akhirnya memantapkan tekad untuk menuju sisi gelap bulan di mana Veda diyakini telah disembunyikan. Tapi untuk mencapai koordinat itu, terlebih dahulu mereka harus menghadapi keseluruhan armada luar angkasa A-LAWS yang telah menanti mereka.

Revival

Sebenernya, konon menurut gosip ada banyak sekali kendala dalam proses produksi Gundam 00. Ditambah lagi, ada suatu upaya dari pihak produsen untuk memenuhi SEMUA pengharapan dari SEMUA kalangan penggemar. Sehingga hasil akhir Gundam 00 dari segi cerita amat sangat tak memuaskan. Ceritanyadangkal. Tanggung. Terkesan tak selesai. Meskipun punya potensi awal yang sangaaat besar.

Paruh awal season kedua berlangsung cepat dan menarik. Tapi pada paruh akhir, plot mulai melambat dan arah perkembangan cerita mulai tidak jelas. Beruntungnya pada episode-episode terakhir para pembuat sepertinya mulai menyadari (atau tidak) bahwa pendekatan penceritaan yang mereka gunakan itu kurang pas (untuk cerita seperti Gundam 00, gaya penceritaan seperti pada Gundam Wing yang padat dan dari banyak sudut pandang mungkin akan lebih efisien). Sehingga daripada mengebut semuanya agar dijelaskan pada episode paling akhir, tampaknya semua akhirnya sepakat untuk membiarkan beberapa pertanyaan tetap ‘menggantung’ dan memenuhi episode-episode akhir dengan aksi-aksi mecha keren yang bakal jauh lebih meninggalkan kesan.

Dengan kata lain, meskipun pada akhirnya ada sejumlah perkembangan cerita yang terkesan dipaksakan, dan masih ada sejumlah (banyak) pertanyaan yang belum terjawab, menurutku, hasil akhir yang dicapai tim pimpinan Seiji Mizushima ini tak buruk-buruk amat.

Ya, kita rada kecewa. Tapi kekecewaan itu sama sekali tak seburuk waktu nonton GSD, misalnya.

Satu hal sudah pasti. SEMUA pengharapan dari SEMUA kalangan penggemar Gundam yang mencakup orang-orang dengan perbedaan usia sampai mencapai 30 tahun MEMANG terpenuhi. Trans-Am Burst yang oo-Raiser alami (yang bisa dikatakan sebagai deus ex-machina yang membalikkan keadaan) sangat mirip dengan Moonlight Butterfly dari Turn A Gundam, Louise dan Anew menjadi semacam tokoh Four, ada adegan-adegan yang akan mendatangkan inspirasi bagi pengarang BL. Tokoh Andrei menjadi wujud dari soal masalah kekeluargaan, dsb dsb. Lalu tentu saja, ada adegan-adegan aksi keren yang sedap dipandang mata (yang tentunya bakal lebih memukau seandainya saja perkembangan plotnya matang).

Soal perkembangan plot, memang terdapat banyak sekali perkembangan dan eksekusi yang berakhir mengecewakan. Tokoh Mr Bushido dan mecha Masurao Custom – Susanowo miliknya, misalnya. Padahal kekerenan keduanya mungkin melebihi kekerenan Setsuna dan 00-Raiser. Para petinggi A-LAWS hampir tak pernah ‘disentuh.’ Perjuangan Katharon juga digambarkan hanya setengah-setengah. Tokoh Marina Ismail, yang diimplikasikan memegang suatu peranan penting dalam pencapaian perdamaian pun, dalam penceritaannya berakhir sedemikian rupa dengan cara yang membuatnya bisa-bisa dibenci penonton.

Beberapa perkembangan yang menarik yang ada sayangnya agak bisa ditebak. Pada pertengahan seri, terungkap bahwa Ribbons-lah yang mengemudikan 0 Gundam yang dilihat Setsuna bertahun-tahun lalu, dan Setsuna diterima dalam Celestial Being dan dididik sebagai pilot Gundam Exia pun semata-mata karena intervensi Ribbons semata. Ribbons berbuat demikian karena terkesan oleh pandangan ‘memuja’ yang Setsuna perlihatkan pada 0 Gundam waktu itu, yang dengan kata lain semakin mempertegas besarnya ego yang dimilikinya. Namun karena Setsuna pulalah, ego besar Ribbons dipatahkan, yang secara tak langsung pula akhirnya menjadi penyebab kejatuhannya.

Meski bisa menerima perkembangan cerita ini, aku tetap agak menyayangkan plot ceritanya tidak dibuat lebih berlapis dan dalam.

Sangat susah mengulas kelemahan-kelemahan Gundam 00 lainnya secara objektif, mengingat latar belakang dan alasan mengapa kesalahan-kesalahan itu terjadi hanya bisa kita tebak-tebak. Belum lagi sebagian pertanyaan (secara menyebalkan) akan dimunculkan jawabannya dalam media-media lain.

Tapi aku serius soal adegan-adegan mechanya. Adegan-adegan pertempuran mecha yang ditampilkan dalam dua episode terakhir seri ini mungkin mungkin merupakan adegan-adegan pertempuran mecha PALING KEREN yang pernah kulihat semenjak Eureka Seven yang diproduksi tahun 2005. Kelihatan jelas kalo tim produksi habis-habisan pada dua episode terakhir ini, dan sekali lagi kubilang, seandainya ada pembangunan plot yang lebih baik, pasti hasilnya bakal JAUH lebih memukau lagi.

Oh ya. Bicara soal mecha. Meski jumlahnya sudah banyak, tetap saja aku berandai air time adegan-adegan mecha bisa diperbanyak.

Louise mengemudikan sebuah MA bernama Regnant yang merupakan penyempurnaan dari Empruss yang digunakan Devine dan Bring dulu. MA ini cukup mengerikan karena di samping ukurannya yang sangat besar, persenjataannya yang berat, serta daya tahannya yang gila-gilaan, MA ini juga memiliki serangan beam berkekuatan tinggi yang dapat dibengkokkan(!). Aku cukup terkesan karena mecha besar ini bisa dibilang merupakan satu-satunya mecha yang kalah secara ‘kebetulan’ dalam pertempuran terakhir.

Sementara Mr Bushido, seperti yang sudah dibilang, mengemudikan Masurao Susanowo yang super keren. Sebagai mecha yang sangat berfokus pada serangat-serangan jarak dekat dalam kecepatan teramat tinggi, Masurao juga dilengkapi meriam partikel yang serupa dengan yang Seravee miliki! Kemunculan mecha ini yang hanya sebentar tampaknya membuat cukup banyak penggemar menjadi geram. Masurao kalah dalam duel kilat melawan 00-Raiser, dan terungkap wujud sebenarnya sebagai sebuah Overflag.

Untuk produksi massal, ada MS Gaga yang dirancang oleh Billy Katagiri yang dikemudikan oleh klon massal Devine dan Bring. Uh, tampaknya untuk yang ini, aku tak bisa bicara banyak.

Lawan terakhir yang harus Setsuna hadapi sendiri adalah Reborns Gundam/Cannon yang dikemudikan Ribbons. Sayangnya, untuk yang ini, aku juga tak bisa bicara banyak selain… gila. Ini mungkin mecha dengan desain paling gila dan berlebihan yang pernah kulihat.

(tapi latar belakang semua mecha sejauh yang diceritakan dalam beragam side-storynya tampak menarik kok)

Terlepas dari segala kekurangannya, segini juga udah lumayan kok. Terlebih mereka menjanjikan kita sebuah movie sekuel untuk tahun depan, yang ditandai dengan munculnya empat titik cahaya GN Drive hijau di sekitar orbit planet Jupiter. Jadi dosa tim produksi karena membuat sejumlah perkembangan berakhir seadanya agaknya bisa terbayar.

Mungkin di movie itu akan ada banyak pertanyaan yang akhirnya bakal terjawab. Jadi bakal agak kayak Endless Waltz bagi seri Gundam Wing.

Oke. Itu boleh juga.

Penilaian

Konsep: A; Eksekusi: B; Visual: A. Audio: A; Perkembangan B-; Kepuasan Akhir: B


About this entry